Untuk kamu yang ingin mengadakan suatu acara gitu, biasanya kan harus mengajukan proposal dahulu ya ke pihak yang berwenang. Nah, kamu sudah tahu belum contoh proposal yang baik dan benar itu seperti apa? Kalau kamu masih bingung, maka kamu bisa menyimak langsung artikel . kali ini, ya.

Mungkin kamu termasuk orang yang suka sekali ikut organisasi gitu, ya. Di dalam sebuah organisasi biasanya kita akan memerlukan administrasi gitu ya. Mulai dari surat-surat atau hal lainnya gitu deh, ya. Namun, untuk kamu yang memang memerlukan banyak referensi administrasi salah satunya contoh proposal bisa simak pembahasannya.

Karena kan kalau kamu masih baru, nantinya kamu akan merasa bingung bagaimana sih dalam pembuatan atau pengajuan proposal yang baik. Maka dari itu, kamu harus banyak-banyak belajar, ya. Namun, kalau masalah belajar mah kali ini sangat mudah. Apalagi sekarang dengan kemajuan teknologi yang sudah sangat-sangat pesat.

Membuat kita jadi lebih banyak referensinya ya. So, untuk kamu yang memang ingin tahu tentang serba-serbi mengenai proposal ini maka kami akan berikan ke kamu pembahasannya. Kamu jangan sampai melewatkan pembahasannya ini, ya. Langsung cus di bawah ini saja, oke?

Apa Sih Proposal Itu?

contoh-proposal

Untuk kamu yang memang belum mengetahui tentang proposal dan ingin membuat proposal, maka kami sarankan untuk mengetahuinya terlebih dahulu. Oleh karena itu, kami akan berikan ke kamu pembahasan yang sangat-sangat detail mengenai proposal itu sendiri. Simak yuk.

Proposal merupakan dokumen yang berisi rancangan kegiatan yang mana nantinya dari rancangan kegiatan tersebut akan diajukan ke pihak yang memiliki wewenang gitu. Seperti mengajukan kegiatan yang mengundang orang ramai, pastinya kan kita harus membuat proposal terlebih dahulu, ya.

Sebagai contoh, di sekolah kalau kamu ingin mengadakan acara yang dimana pesertanya adalah seluruh warga sekolah. Nah, kamu nantinya harus membuat proposal dahulu sebelum mengadakan acaranya. Tujuannya adalah supaya kamu nantinya diizinkan untuk mengadakan acara tersebut.

Atau kalau kamu ingin mengadakan acara, kamu bisa meminta bantuan berupa materil atau moril kepada pihak yang memiliki wewenang. Untuk itu, proposal harus diajukannya ini sebelum acara tersebut diselenggarakan. Bisa dibilang proposal ini merupakan salah satu bentuk perizinan di sebuah instansi lah ya.

Untuk membuat proposal ini juga cara-cara yang bisa kamu lakukan sangat mudah. Namun, kamu harus ketahui terlebih dahulu bagaimana cara membuat proposal yang benar. Apalagi kalau kamu masih baru dan pertama kali membuat proposal, pastinya kamu merasa bingung kan ya bagaimana caranya.

Nanti kamu juga akan kami berikan pembahasan tentang format yang baik dan juga pas untuk digunakan membuat proposal, ya. Karena itu, kamu jangan tinggalkan pembahasan yang kami berikan. Baca sampai selesai juga ya pembahasannya ini. Kamu nantinya akan bertemu dengan banyak hal yang lengkap tentang proposalnya ini.

Kalau begitu, kita langsung masuk ke pembahasan yang selanjutnya ya. Supaya kamu tidak berlama-lama dan bisa langsung membuat proposal milik kamu sendiri. Bagaimana pastinya kamu setuju kan? Kalau memang seperti itu, di bawah ini kami akan langsung ajak kamu untuk mengetahui formatnya, ya.

Format Untuk Membuat Proposal yang Benar dan Baik Sesuai Dengan Struktur

contoh-proposal

Jika ingin membuat suatu dokumen gitu, biasanya kan kamu harus mengikuti struktur-struktur yang ada ya. Karena memang semua dokumen yang ada dan bisa kita buat memiliki strukturnya masing-masing. Untuk itu, supaya kamu bisa dimudahkan maka kamu bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.

Karena kami akan berikan ke kamu pembahasan tentang format yang akan bisa digunakan dalam pembuatan proposal. Tentunya format yang ada ini juga merupakan format yang sudah sesuai dengan struktur dari proposal ya. Memang sih kebanyakan orang berkata kalau struktur proposal ini mudah diikuti.

Pasalnya strukturnya akan sama saja seperti struktur hal yang lainnya gitu. Kamu memang benar-benar harus mengetahui sih tentang strukturnya ini supaya lebih mudah juga untuk membuatnya. Kan kalau belum mengetahuinya nanti bagaimana bisa membuat proposal yang baik dan benar, ya.

Proposal yang baik dan benar adalah proposal yang memiliki struktur lengkap dan tidak kurang satu apapun, gitu ya. Jadi, kali ini langsung saja kita menyimak perincian tentang struktur dari proposal yang bisa dibuat dengan baik dan benar, ya. Berikut ini.

Tuliskan Nama Kegiatan

Hal pertama yang harus kamu tulis di dalam proposal adalah nama kegiatan. Dimana nama kegiatan ini merupakan bagian yang akan selalu ada di atas, ya. Supaya nantinya orang yang membaca akan tahu dan paham kegiatan apa yang akan kita buat atau kita selenggarakan gitu lho.

Nah, nama kegiatan yang kamu buat jangan kepanjangan juga, ya. Sesuaikan saja dengan judul atau nama-nama kegiatan yang biasanya. Kamu bisa gunakan kalimat yang singkat, jelas dan juga padat. Jadi, tidak membuat orang malas membacanya karena namanya kepanjangan. Oya, kalau bisa kamu membuat nama yang unik, ya.

Pasalnya ya kalau kita membuat nama yang unik, nantinya akan membuat orang tertarik untuk melihatnya. Nah, kan kalau sudah tertarik nama kegiatan yang kamu buat tidak akan dilupakan begitu saja, ya.

Pendahuluan

Pendahuluan yang ada di dalam proposal ini isinya adalah latar belakang dan juga tujuan yang ingin dilakukan di kegiatan tersebut. Kan tentunya ya kalau kita melakukan suatu kegiatan nantinya akan ada tujuan yang akan dituju bersama, ya. Nah, kamu bisa tuliskan tujuannya tersebut.

Kamu bisa langsung tuliskan tujuan-tujuan yang akan dicapai jika kegiatan tersebut terencana, ya. Jangan lupa untuk menggunakan kata-kata yang sopan dan juga tidak berbelit. Pastikan penggunaan kalimat yang kamu gunakan ini sudah sangat efisien dan mudah dipahami.

Isi Proposal

Kalau di dalam isi proposal ini, nantinya kamu akan bisa menuliskan apa saja yang ada dan diadakan di dalam acara yang kamu buat. Bisa saja kamu menuliskan jumlah peserta yang akan hadir di acara tersebut, bagaimana acara tersebut akan terselenggara.

Bahkan kamu juga nantinya akan bisa menuliskan dana yang dikeluarkan dari acara yang akan diadakan, rencana jumlah panitia, tempat dan juga waktu yang akan digunakan dalam pelaksanaannya. Intinya kamu akan bisa langsung saja menuliskan apapun yang dibutuhkan di dalamnya, ya.

Susunan Acara

Di dalam bagian isi suatu proposal nantinya akan ada susunan acara. Kamu akan membuat jadwal-jadwal yang mana jadwal tersebut akan dilakukan saat acara yang kamu selenggarakan ini terjadi. Jadi, kamu sudah memiliki plan untuk membuat acara kamu menjadi lebih teratur dan tertata gitu lho ya.

Nantinya di susunan acara ini, kamu akan bisa membuat berbagai macam acara yang sudah direncanakan. Di dalam susunan acara akan langsung ada waktu pelaksanaan, tempat untuk melaksanakan kegiatannya tersebut. Tidak lupa juga kamu akan bisa menuliskan orang-orang yang nantinya memiliki tanggung jawab di acara tersebut.

Susunan Kepanitiaan

Selain susunan acara, kamu juga nantinya akan memerlukan susunan panitia. Tentunya di dalam suatu acara kamu akan membutuhkan panitia, ya. Kamu nantinya bisa langsung menuliskan panitia-panitia yang ada di dalam acara tersebut. Setiap panitia akan memiliki tanggung jawabnya masing-masing, ya. Jangan lupa untuk menuliskannya secara rinci, supaya yang baca juga lebih paham.

Anggaran Dana yang Dibutuhkan

Satu hal yang sangat penting dan harus ada di dalam proposal adalah anggaran dana yang dibutuhkan. Apalagi kamu membuat acara yang memang memerlukan sponsor gitu, ya. Tentunya untuk memberikan ancang-ancang atau perkiraan biaya kamu harus mencantumkan bagian anggaran dana di dalam proposalnya.

Penutup Proposal

Nah, bagian akhir di suatu dokumen kan pastinya penutup, ya. Mau apapun bentuknya pasti akan terdapat penutup di dalamnya. Namun, di dalam proposal ini nantinya isi dari bagian penutup akan berbeda sedikit dari jenis-jenis dokumen yang lainnya lho ya.

Kamu bisa mengisi bagian penutup ini kata-kata atau kalimat yang mendorong supaya proposal kamu disetujui dan sponsor akan memberikan dana ke acara tersebut. Tetapi jangan lupakan kalimat terima kasih ya di dalam bagiannya tersebut.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Dengan Struktur Lengkap

PROPOSAL KEGIATAN

PERAYAAN HARI KEMERDEKAAN RI <Nama Sekolah>

PENDAHULUAN

Mengingat sebentar lagi akan tiba hari kemerdekaan Indonesia yang  ke- <ulang tahun keberapa> yang jatuh pada hari <nama hari>. Kita sebagai bagian dari warga negara Indonesia sepatutnya mengenang semua jasa dari pahlawan yang sudah gugur karena memperjuangkan kemerdekaan dari negara Republik Indonesia.

TUJUAN

Adapun maksud serta tujuan diadakannya acara 17-an di sekolah kita ini <nama sekolah> adalah sebagai bentuk dari rasa syukur kita terhadap Tuhan YME.

Kegiatan perayaan hari kemerdekaan  memiliki tujuan sebagai berikut :

  • Menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan yang terjalin antar seluruh siswa <nama sekolah>
  • Diharapkan bisa meningkatkan rasa dan juga jiwa nasionalisme.

PESERTA

Peserta yang akan mengikuti kegiatan hari perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ini adalah seluruh warga sekolah <nama sekolah>,  mulai dari dewan guru beserta staff dan siswa siswi kelas 7,8 dan 9.

WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan  perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia akan diselenggarakan pada :

Hari, Tanggal : <hari, tanggal dilaksanakannya acara>

Tempat           : <nama sekolah>

 SUSUNAN KEPANITIAAN

  1. Penanggung Jawab Kegiatan: Kepala Sekolah <nama sekolah>
  2. Pengarah Kegiatan: <dewan guru>
  3. Ketua Kegiatan Pramuka: <nama siswa>
  4. Wakil Kegiatan Pramuka: <nama panitia>
  5. Sekretaris: <nama panitia>
  6. Bendahara: <nama panitia>
  7. Seksi Acara: <nama panitia>
  8. Seksi Humas: <nama panitia>
  9. Seksi Keamanan: <nama panitia>
  10. Seksi Dokumentasi: <nama panitia>
  11. Seksi Konsumsi: <nama panitia>

RENCANA KERJA

  • Lomba kebersihan kelas
  • Lomba desain logo
  • Lomba cerita pahlawan
  • Lomba drama
  • Lomba poster kemerdekaan
  • Lomba baris-berbaris

ANGGARAN DANA

  • Transportasi juri : <dana dihitung berdasarkan jumlah juri>
  • Konsumsi untuk peserta : <harga nasi x banyaknya perserta>
  • Perlengkapan kegiatan untuk lomba :  <sesuaikan barang yang diperlukan>
  • Konsumsi untuk juri : <harga nasi x banyaknya juri>
  • Snack : Rp <harga snack>
  • Air mineral : <harga satu dus x banyaknya keperluan>
  • Konsumsi untuk panitia : <harga nasi x banyaknya panitia>
  • Lilin : <harga per pak x jumlah yang diperlukan>
  • Lain-lain : <hal lainnya>
  • Total : <total semua dana yang diperlukan>

PENUTUP

Demikian proposal kegiatan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia kami sampaikan dan semoga bisa menjadi gambaran untuk bagaimana kegiatan nantinya terlaksana.

Kami memohon untuk dukungan dari Bapak/Ibu baik dalam bentuk moril maupun materil demi kelancaran dan terwujudnya kegiatan yang kami buat. Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Kamu bisa langsung download file contoh proposal bentuk docx. –> Download

Recommended Posts