Contoh Pidato – Apakah kamu pernah melihat orang yang sedang berpidato? Walaupun sudah pernah, tetapi kamu pastinya akan bingung kan kalau diminta untuk membuat pidato gitu? Oke, kalau begitu, disini kami akan sampaikan ke kamu contoh pidato yang bisa kamu gunakan lho ya.

Memang ya untuk membuat pidato kita harus banyak-banyak melihat referensi gitu karena nantinya kalau kamu tidak melihat referensi gitu, kamu tidak akan bisa mengira-ngira ya bagaimana pidato yang baik dan benar gitu. Apalagi kalau kamu pertama kali membuat pidato gitu, akan merasakan yang namanya bingung kan ya.

Tetapi tidak apa-apa, sekarang kamu tidak perlu merasa kebingungan karena kan sudah banyak sekali contoh-contoh yang bisa kamu dapatkan. Tidak hanya contoh yang ada di media cetak saja, tetapi kamu akan bisa melihat contoh di internet, ya. Seperti sesuatu yang sudah kami sampaikan ini.

Dimana nantinya kamu akan bisa menemukan banyak hal-hal yang kamu perlukan di artikel .. Bagaimana apakah kamu ingin mengetahuinya langsung? Jika memang iya, kami akan menyampaikannya ke kamu di bawah ini ya. Jangan sampai melewatkan pembahasan mengenai pidatonya, ya.

Penjelasan Mengenai Pidato

contoh-pidato

Siapa nih yang baru saja memasuki pembelajaran dengan materi pidato? Pastinya kamu masih bingung kan dengan penjelasan mengenai pidato ini apa? Oke, kalau memang seperti itu, disini kami akan menyampaikan ke kamu apa sih pidato ini. Kan supaya kamu bisa memahami tentang pidato ini ya.

Jadi, pidato ini adalah suatu teks yang di dalamnya berisi gagasan, pikiran, atau pengetahuan seseorang yang nantinya akan disampaikan di depan orang ramai atau khalayak umum. Orang yang menyampaikan pidato ini biasanya disebut sebagai orator, ya.

Nah, kalau menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pidato ini adalah suatu ungkapan pikiran yang dibuat dalam bentuk kata-kata atau suatu wacana yang sudah disiapkan dan nantinya akan diungkapkan di depan khalayak ramai. Begitu, kamu sudah paham kan penjelasan dari pidatonya ini?

Di dalam pidato nantinya akan ada pesan-pesan yang akan ditujukan kepada pendengar. Pesan atau perintah yang disediakan di dalam pidato ini bisa disampaikan melalui dua cara. Ada yang menggunakan cara tersirat dan ada juga yang menggunakan cara langsung.

Kalau pesan yang diberikan secara langsung, dalam pidato biasanya akan berisi tentang himbauan atau ajakan gitu ya, namun kalau pesan yang disampaikan secara tersirat nantinya ada di balik kata-kata di dalam teks pidatonya. Maka dari itu, kamu harus mengetahuinya ya. Oke, kalau begitu langsung masuk ke bagian yang lainnya.

Apa Sih Tujuan Dari Pidato yang Disampaikan Ke Khalayak Ramai?

Kalau kamu sudah tahu tentang penjelasan mengenai pidatonya ini, maka kami akan menyampaikan ke kamu tentang tujuan dari pidatonya. Apakah kamu penasaran dengan tujuan dari pidatonya ini? Kan pastinya ya sesuatu yang dilakukan akan ada tujuannya masing-masing. Seperti saja contoh pidato ini.

Kan kalau kita perhatikan, pidato ini merupakan salah satu hal yang selalu saja disampaikan di setiap-setiap acara gitu. Pastinya kamu bertanya-tanya kembali ya apa sih tujuan dari pidato ini? Kenapa setiap acara pasti diisi dengan pidato? Iya kan? Oke, di bawah ini ada beberapa alasan mengapa pidato selalu diadakan di dalam acara gitu. Berikut rincian dari tujuan pidato, ya.

  • Pidato memiliki tujuan untuk bisa menyampaikan sesuatu fakta baik untuk menolak sesuatu atau mendukung suatu pernyataan yang ada.
  • Seringkali pidato dibuat untuk bisa menghibur pendengarnya.
  • Untuk menyampaikan informasi yang penting dan perlu didengar oleh orang-orang.
  • Pidato juga memiliki tujuan untuk bisa meyakinkan pendengar untuk melakukan tindakan tertentu atau menyampaikan pendapat yang memang perlu disampaikan.
  • Dengan pidato, nantinya pembicara atau pendengar akan bisa menciptakan suasana yang lebih akrab lagi dan tidak terkesan canggung atau ada batasan.

Itulah beberapa tujuan yang bisa dicapai dari dilakukannya pidato dalam suatu acara ya. Kalau dilihat-lihat akan banyak sekali ya tujuan yang bisa dicapai di dalam melakukan pidato ini.

Bagian-Bagian yang Harus Ada Di Dalam Pidato

contoh-pidato

Oke, bagian yang kali ini adalah beberapa hal penting yang harus kamu ketahui sebelum kamu membuat pidato. Di dalam pembuatan pidato, nantinya kamu harus mengetahui ada beberapa bagian yang harus ada di dalam pidato. Untuk membuat pidato kamu harus menaati bagian-bagian yang ada juga ya.

Karena kalau tidak nantinya kamu akan bisa membuat pidato yang kurang lengkap. Bisa saja kamu membuat pidato yang memang kurang gimana, ya. Akan menjadi kurang enak untuk didengar ya karena bagian yang harusnya ada menjadi hilang. Maka dari itu, kami akan sampaikan ke kamu pembahasannya.

Di bawah ini ada bagian-bagian yang harus kamu ketahui di dalam pidato. Dimana nantinya kalau kamu menggunakan pidato, kamu akan bisa memasukkan 3 bagian ini, yaitu pembuka, isi dan juga penutup. Supaya lebih jelas, di bawah ini ada penjelasannya ya.

Pembuka

Hal pertama yang harus ada di setiap pidato adalah pembuka. Sepertinya bukan hanya di pidato saja lho ya pembuka ini diadakan, namun di beberapa hal pembuka ini harus ada. Kalau di dalam pidato, nantinya pembuka akan ada di bagian awal yang mana mencakup salam pembuka.

Selain salam pembuka, di dalam pidato ini nantinya akan ada ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pengucapan rasa hormat kepada hadirin di acara tersebut dan juga sambutan-sambutan ya. Oya, untuk membuat kata pembuka yang baik kamu bisa menggunakan kata-kata yang menarik, ya.

Isi

Setelah kamu tuliskan salam pembuka, nantinya kamu harus menuliskan isi juga ya. Di dalam pidato nantinya kalau tidak terdapat isi ya tidak mencerminkan pidato yang baik dong ya. Bagian isi ini merupakan salah satu bagian yang paling penting yang ada di dalam pidato.

Bagaimana dong kalau suatu pidato tidak terdapat isi di dalamnya, nantinya pidato yang disampaikan tidak terdapat pesannya. Oya, untuk isi pidato ini sendiri kamu harus sesuaikan dengan tujuan kamu ya. Apakah ingin dibuat pidato yang seperti apa gitu, bisa kamu atur sendiri lah ya.

Penutup

Bagian terakhir, yaitu bagian penutup dimana nantinya kamu akan bisa menuliskan ucapan terima kasih di dalamnya. Nantinya kamu akan bisa mengucapkan terima kasih kepada pendengar yang sudah memberikan perhatiannya ke kamu. Selain itu, kamu juga bisa memohon maaf ya atas kesalahan dalam penyampaiannya dan lain hal deh.

Bagian-bagian yang sudah kamu baca diatas adalah hal penting yang harus kamu perhatikan dalam membuat pidato, sepertinya contoh pidato yang akan kami berikan dibawah.

Beberapa Jenis Pidato yang Dibedakan Berdasarkan Tujuannya

contoh-pidato

Sudah memahami tentang struktur yang ada di dalam pidato ini kan? Sekarang kamu harus memahami jenis-jenis pidatonya ya. Dimana jenis-jenis pidato ini nantinya akan bisa kamu gunakan untuk disesuaikan dengan isi dari pidato yang dibuat itu lho ya.

Jenis-jenis pidato ini juga akan dibuat berdasarkan tujuannya baik untuk perpisahan, pendidikan, lingkungan,dan lain sebagainya, jadi buat kamu yang memang mau menggunakan pidato satu ini, ya kamu bisa langsung saja menggunakan pidatonya sesuai dengan jenis.

Ada 4 jenis yang akan bisa kamu dapatkan nantinya, simak sekarang juga yuk sebelum kamu membaca bagaimana contoh pidato yang baik dan benar sesuai dengan jenisnya masing-masing.

Pidato Informatif

Jenis pidato yang pertama ini adalah pidato informatif dimana pidato yang satu ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi penting kepada pembacanya. Jenis pidato informatif ini akan dibagi menjadi tiga, yaitu oral instruction, oral reports, informative lectures. pidato ini sering banget digunakan oleh orang-orang lho ya.

Pidato Argumentatif

Jenis pidato yang selanjutnya adalah pidato argumentatif yaitu pidato yang digunakan untuk mendukung suatu argumen. Dimana argumennya ini nantinya akan didukung dengan data-data yang valid. Kamu juga akan bisa melakukan pendukungan argumen dengan statistik atau lainnya. Tidak hanya mendukung tetapi pidato ini juga bisa menolak suatu argumen ya.

Pidato Rekreatif

Jenis pidato yang ketiga, yaitu pidato rekreatif dimana pidato yang satu ini merupakan pidato yang bisa dibuat untuk memberikan kesenangan atau hiburan kepada pembaca ya.

Pidato Persuasif

Jenis pidato yang terakhir ini merupakan pidato persuasif, diman pidatonya akan meyakini pihak pendengar untuk melakukan sesuatu atau untuk membuat seseorang bisa bertindak atas sesuatu, ya.

Contoh Pidato Singkat Persuasif Struktur Lengkap

Budaya Bersih di Lingkungan Sekolah

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

Kepada yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMP Indah Jaya dan Bapak/Ibu Tutor, serta tidak lupa juga teman-teman semua yang saya cintai.

Tentunya hal yang paling utama yang kita lakukan adalah memanjatkan puji syukur atas kehadirat Allah yang mana karena berkat limpahan nikmat dan karunia-Nya kita bisa berkumpul disini, di tempat ini pada siang hari ini dalam rangka untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup.

Oleh karena itu, perkenankanlah saya untuk menyampaikan kepada hadirin semua ulasan mengenai pentingnya untuk kita menjaga kebersihan di lingkungan dan juga menjadikan kebersihan menjadi budaya bersih di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Perlu diketahui, kebersihan lingkungan merupakan hal yang penting sekali untuk bisa menjaga kesehatan lingkungan dan juga kesehatan diri sendiri. Dari lingkungan yang sehat, mkaa nantinya kita bisa meminimalisir terjadinya penyebaran penyakit dan bisa kita juga akan merasakan kenyamanan dan keamanan ketika kita berada di lingkungan tersebut.

Selain itu, lingkungan juga merupakan salah satu faktor yang bisa mendorong terjadinya kebehasilan dalam proses belajar dan mengajar di sekolah terutama di dalam kelas. Karena lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman, maka nantinya semua warga sekolah akan merasa nyaman dalam melakukan pembelajaran sehingga terjadi pembelajaran yang efektif.

Untuk itu, kita sebagai warga sekolah SMP Indah Jaya bisa menjaga kebersihan di lingkungan sekolah yang dimulai dari diri kita sendiri. Kita bisa memulai dari hal-hal kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak meninggalkan barang-barang di sekolah apalagi di dalam laci meja karena hal tersebut bisa menjadi sarang nyamuk. Jika sudah melakukan hal tersebut, kita sebagai warga sekolah juga akan merasakan akibat dari kebersihan lingkungannya dan menjadi lebih nyaman.

Saya rasa, pidato yang saya sampaikan sudah cukup, semoga semua warga sekolah SMP Indah Jaya dapat menjadi orang-orang yang aktif untuk menjaga dan menjadikan kebersihan lingkungan sebagai budaya bersih di manapun kita berada.

Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih dan apabila dalam penyampaian ada beberapa hal yang kurang berkenan, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Kamu bisa download contoh pidato —> Download Disini Gratis

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]