Jika kamu memang salah satu orang yang sedang membutuhkan informasi seputar pantun, maka kami akan sampaikan contoh pantun yang ada. Jika kamu ingin mengetahui berbagai macam pantun, maka kali ini . akan sampaikan contohnya langsung, ya.

Memang ya sekarang ini, untuk kamu mencari referensi literatur, kamu akan mudah untuk menemukannya. Tidak perlu menggunakan banyak hal untuk mencari banyak literatur. Karena kan di internet saja sudah banyak sekali menyediakan bacaan-bacaan yang memberikan wawasan ke kamu.

Seperti saja artikel kami kali ini, dimana nantinya kami akan sampaikan ke kamu beberapa hal yang sangat-sangat penting mengenai pantun. Tentunya untuk kamu yang memerlukan informasinya nantinya akan sangat membantu sekali kan ya. Oleh karenanya kamu simak pembahasannya ini sampai selesai.

Pasalnya akan ada banyak detail yang akan kami sampaikan, mulai dari pengertian, jenis-jenis, unsur yang ada di dalam pantun dan juga contohnya. Maka dari itu, kamu jangan sampai melewatkan salah satu pembahasan yang pentingnya ini. Oke? Masuk ke pembahasan langsung yuk, sekarang juga.

Pengertian Dari Pantun

contoh-pantun

Untuk kamu pembaca dari . pastinya sudah tahu dan sudah mengenal pantun, ya. Pasalnya memang di televisi juga sudah banyak sekali orang-orang yang menggunakan pantun. Salah satu pembukaan pantun yang terkenal sampai saat ini adalah “masak air biar mateng” gitu kan?

Namun, kebanyakan orang ya hanya mengetahui hal itunya saja, tanpa mengetahui dengan jelas sebenarnya pantun itu apa. Iya kan? Maka dari itu, supaya kamu bisa mengetahuinya dengan jelas, kami akan sampaikan ke kamu beberapa hal yang nantinya akan bisa kamu ketahui tentang pantun ini.

Kita mulai, ya pembahasan yang mengenai pengertian pantun ini. Jadi, pantun ini merupakan salah satu karya sastra yang sangat terikat dengan aturan-aturan yang ada. Iya, jadi kalau kamu ingin membuat pantun, nantinya ya harus sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam pantunnya ini.

Namun kamu tahu tidak sih kalau pantun ini merupakan salah satu karya sastra yang dibuat untuk lisan gitu. Karya sastra pantun ini juga merupakan salah satu karya yang sudah digunakan dari zaman dahulu lho ya. Orang zaman dahulu juga sudah terbiasa melakukan berbalas pantun gitu.

Jadi, nantinya akan ada suatu acara yang melibatkan beberapa hal tentang acaranya gitu. Misalnya, kamu akan bisa melakukan berbalas pantun gitu di dalam suatu acara. Bahkan orang zaman dahulu, melakukan berbalas pantun ini tanpa berpikir panjang gitu lho ya.

Jadi, seperti spontan saja gitu untuk melakukan pembalasan pantunnya ini. Namun, seiring berkembangnya zaman, karya sastra ini diubah menjadi karya sastra tertulis gitu dan di pembelajari dalam dunia pendidikan. Bagaimana kamu ingin segera mengetahui tentang hal lainnya mengenai pantun kan?

Kalau begitu di bawah ini kami akan sampaikan ke kamu beberapa hal yang penting mengenai pantun dan tentuknya ada beberapa contoh pantun. Langsung saja simak di bawah ini, karena seperti yang kami katakan kalau banyak pembahasan mengenai pantun yang sangat penting. Oke?

Jenis-Jenis Pantun Yang Banyak Ditemukan Di Masyarakat Luas

contoh-pantun

Nah, selain pengertiannya kamu juga harus mengetahui ya kalau di dalam pantun ini nantinya kamu akan menemukan banyak jenisnya. Jadi, kalau kamu ingin membuat pantun gitu dan sebelum lihat contoh pantun nantinya kamu harus sesuai dengan jenisnya. Jadi, tidak aneh gitu ya dalam membuatnya.

Nah, selain itu juga, kan kalau melihat sebuah pantun gitu, nantinya kamu akan bisa mengklasifikasikannya, jenis pantun yang mana kah ini. Atau kalau kamu mendapatkan tugas sekolah untuk membedakan pantun kan kamu akan bisa melakukannya kalau kamu sudah mengetahuinya.

Maka dari itu, pembahasan yang ada di bawah ini akan memberikan ke kamu penjelasan mengenai beberapa jenis pantun. Ada tujuh jenis pantun yang akan bisa kamu gunakan dalam membuat pantun ini. Bisa kamu pilih juga lho ya ingin menggunakan jenis yang mana saja gitu nantinya. Oke, simak langsung saja yuk.

Pantun Cinta

Jenis yang pertama ini adalah pantun cinta, dimana nantinya pantun yang satu ini berisi tentang hal-hal yang menghangatkan. Iya, pantun cinta ini bisa berisi tentang keromantisan, perasaan rindu terhadap seseorang dan juga lainnya. Intinya yang berisi makna tentang cinta deh ya di dalam pantunnya ini.

Tidak jarang orang juga menggunakan pantun ini untuk merayu kekasih lho ya. Karena kan kalau dari dalam isinya terdapat keromantisan yang bisa membuat kekasih menjadi merasa senang gitu, ya. Kamu juga bisa lho ya mencoba untuk membuat pantun ini sendiri.

Pantun Teka-Teki

Jika kamu ingin membuat pantun yang bisa digunakan untuk seru-seruan, maka pantun yang cocok untuk digunakan adalah pantun teka-teki. Di dalam pantun yang satu ini, nantinya kamu akan bisa membuat orang yang mendengar menjadi ikut berpikir gitu lho ya.

Bisa juga lho kamu membuat pantu ini untuk di acara-acara atau games karena kan nantinya pantun teka-teki ini nantinya akan berisi pertanyaan di isi pantun. Jadi, bukan diakhiri dengan kata-kata yang memang menjadi isi, tetapi dengan pertanyaan yang memang membuat pendengarnya berpikir, ya.

Pantun Kiasan

Kalau jenis pantun yang ketiga ini merupakan jenis pantun yang memang bisa digunakan untuk membuat pantun yang tersirat. Jadi, kalau membuat pantun kan biasanya sudah ada tuh ya di dalam isi pantunnya gitu, namun kalau hal ini sangat berbeda lho ya.

Pantun jenis kiasa ini, merupakan pantun yang nantinya akan ada isi seperti kata-kata yang tersirat gitu, ya. Bisa menggunakan beberapa kata atau kalimat yang indah juga lho ya di dalam pantunnya ini. Jadi, jangan langsung menjelaskan maksudnya atau isi dari pantunnya ini, ya.

Pantun Peribahasa

Mungkin kamu sudah tahu kan ya peribahasa ini? Yap, peribahasa ini merupakan sekumpulan kata-kata yang didalamnya mengandung makna-makna yang mencakup nilai kehidupan, prinsip, cara berperilaku dan lainnya. Intinya pribahasa itu menggunakan kata kiasan yang nantinya akan bisa digunakan untuk menyampaikan suatu makna.

Nah, kalau jenis pantun pribahasa ini tentunya di dalam pantun kamu akan diberikan banyak jenis peribahasa. Jadi, kalau kamu menggunakan jenis pantun ini, kamu harus mengetahui berbagai macam peribahasa yang ada, ya. Kalau begitu, kamu bisa langsung saja membuat pantun dengan jenis yang satu ini, ya.

Pantun Jenaka

Siapa yang suka sekali berkumpul bersama teman? Mungkin kalau kamu menggunakan jenis pantun jenaka ini akan membuat kamu lebih senang, ya. Kan memang ya dalam membuat pantun jenaka ini, nantinya akan berisi banyak sekali hal-hal yang lucu gitu lho. Kamu juga nantinya akan bisa membagikan hal-hal lucu ke semua orangnya.

Tidak hanya itu saja, di dalam pantun yang satu ini, kamu juga nantinya akan bisa menggunakan beberapa halnya. Kamu bisa menggunakan pantun jenis ini untuk menyindir ya. Namun, tetap dalam suasana yang sedang hangat dan tidak menggunakannya untuk memperkeruh suasana, ya.

Pantun Agama

Nah, jenis pantun yang satu ini seperti sudah jelas deh ya, kalau pantun agama ini merupakan pantun yang biasanya digunakan untuk melakukan pengingatan. Yap, karena memang di dalam pantun agama ini sendiri, nantinya akan berisi beberapa pengingat tentang keagamaan yang kuat.

Bisa berisi tentang hubungan antara pencipta dan juga umatnya atau lainnya deh ya. Tentunya dengan pantun agama ini, kamu bisa menyampaikan ajaran agama dengan cara yang sedikit berbeda gitu. Bagaimana kamu ingin segera membuat pantun agama ini? Langsung saja ya membuatnya.

Pantun Nasehat

Jika kamu menggunakan pantun jenis nasehat ini, nantinya kamu akan bisa mengajarkan beberapa hal yang terkait tentang moral. Dimana di dalam pantun satu ini, kamu akan bisa menggunakan berbagai jenis atau berbagai hal tentang nasehatnya. Bisa membuatnya untuk mengingatkan berperilaku atau norma-norma gitu.

Tidak hanya itu juga, kamu akan bisa menyampaikan berbagai nasehat yang bermanfaat ke orang-orang sekitar ya dengan menggunakan pantun ini. Sangat banyak kan ya jenis pantun yang ada ini. Bagaimana kamu sudah memilih tema atau jenis pantun yang akan kamu buat ini?

Dua Unsur Yang Terdapat Di Dalam Pantun

contoh-pantun

Nah, dalam membuat pantun, nantinya akan terdapat dua unsur di dalamnya ya. Ssebelum mengetahui contoh pantun Tentunya dalam membuat suatu karya kamu juga harus memperhatikan unsur-unsur yang sudah terdapat di dalam pantunnya ini. Jadi, kalau kamu ingin membuat pantunnya jadi lebih baik, kamu bisa pahami terlebih dahulu, ya.

Unsur Intrinsik

Kalau unsur intrinsik yang ada di dalam pantun ini adalah unsur yang memang dimiliki oleh pantun seperti tema, latar tempat, plot atau alur dan lainnya. Untuk unsur yang satu ini, hal yang menjadi ciri khasnya juga adalah rima. Dimana rima ini akan memberikan nada dan juga ketertarikan tersendiri di dalam karya sastra puisi, ya.

Unsur Ekstrinsik Pantun

Nah, kalau unsur ekstrinsik ini merupakan unsur yang memang diberikan untuk melatarbelakangi terbuatnya suatu pantun. Pastinya nanti akan berisi tentang hal apa yang menjadikan pantun ini. Tentunya nanti akan berpengaruh ke isi dan juga pesan yang akan disampaikan ke pendengar, ya.

Ciri-Ciri Yang Bisa Membedakan Pantun Dan Karya Lain

Selain unsur-unsur pantun, nantinya kamu juga akan menemukan ciri-ciri dari pantun ini. Tentunya suatu ciri nantinya akan bisa digunakan untuk membedakan suatu pantun dengan karya yang lainnya. Maka dari itu, kamu harus mengetahui ciri-cirinya sebagai berikut.

  • Di setiap baris akan terdiri dari 8 sampai 12 suka kata.
  • Pantun memiliki akhiran a-a-a-a, a-b-a-b, dan juga akhiran b-a-b-a, ya.
  • Di dalam pantun terdiri dari 2 baris sampiran dan 2 baris isi, dimana nantinya akan menjadi 4 baris.

Contoh Pantun Orang Tua Dan Kanak-Kanak Lengkap Dengan Makna

Nah, kamu sudah mengetahui kan beberapa hal yang memang penting dan bisa diguanakan untuk membuat pantunnya. Kalau memang sudah begitu, nantinya kamu akan bisa langsung membuat pantunnya ya.

Untuk membuat pantun, kamu bisa melihat contoh pantun yang akan kami sampaikan ke kamu, ya. Kami akan sampaikan ke kamu beberapa jenis pantun yang bisa kamu download. Langsung saja melakukan download menggunakan contoh pantun di bawah ini ya.

Contoh pantun berbagai jenis dengan bentuk file dokumen –> Download Disini

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]