Contoh Kliping – Siapa yang sekarang sedang bingung karena mendapatkan tugas kliping? Kalau kamu memang ingin membuat tugasnya dan masih bingung bagaimana caranya, maka harus menyimak tentang contoh kliping yang akan kami berikan di bawah ini ya. Jangan sampai kamu tinggalkan ya pembahasannya ini.

Untuk kamu yang sering bingung dengan suatu hal atau dengan beberapa hal yang baru kamu dapatkan, maka kamu jangan kebingungan. Karena berkat kemajuan teknologi dan juga hal-hal yang ada, kamu akan bisa mudah melakukannya lho ya. Bisa sekali klik kamu bisa mengetahuinya sekarang ini.

Bukan kah begitu? Bisa kita lihat lho ya, sekarang ini kamu akan bisa bertemu dengan berbagai macam hal-hal dengan mudah. Kamu bisa langsung mencarinya di internet lho ya. Nantinya akan langsung bertemu. Mau tentang hal-hal lain atau pelajaran juga pasti akan menemukannya.

Seperti artikel . kali ini, dimana kami akan memberikan ke kamu beberapa hal yang memudahkan tentang kliping. Jadi, kamu bisa langsung menyimak pembahasan yang satu ini ya tentang klipingnya. Dengan menyimak pembahasan disini, nantinya kamu akan bisa mengetahui pembahasan lengkapnya, oke?

Penjelasan Lengkap Mengenai Kliping

contoh-kliping

Kalau kamu belum mengetahui secara jelas tentang kliping, padahal kamu sudah pernah memperlajarinya dari jenjang pendidikan SMP maka di bagian yang satu ini kamu akan mendapatkan pembahasan lengkap mengenai kliping. Jadi, bagaimana kalau kita langsung masuk ke dalam pembahasan yang satu ini saja? Langsung cus saja, ya.

Kliping merupakan salah satu bentuk pengarsipan dokumen yang mana masih termasuk ke dalam teknik pengarsipan yang tradisional. Nantinya di dalam kliping ini kamu harus mengumpulkan berbagai macam berita yang memang diperlukan ya. Kamu bisa cari di berbagai media.

Namun yang pastinya media yang diperlukan ini adalah media cetak, seperti majalah-majalah, koran dan lainnya. Dengan menggunakan media ini nantinya kamu akan bisa mendapatkan banyak berita. Kamu sudah tahu bentuk dari kliping itu seperti apa? Kalau belum tahu, simak kembali ya.

Jadi, bentuk kliping ini adalah dokumen yang nantinya akan ditempel-tempel berbagai macam hal gitu. Biasanya sih isinya seperti berita-berita yang memang sedang hype gitu. Tidak hanya itu saja, kamu juga nantinya akan bisa membuat kliping yang memiliki tema fashion atau apapun.

Nantinya di satu kliping yang kamu buat, tema yang diberikan tidak boleh asal-asalan. Kamu harus menetapkan satu tema di satu klipingnya ini ya. Pasalnya kalau semua dicampur aduk, nantinya akan membuat kliping tersebut menjadi acak-acakan, tidak bagus lah ya dilihatnya.

Tidak hanya itu saja, di dalam kliping kamu nantinya akan menuliskan hal-hal pentingnya gitu lho ya. Siapa nih yang disini masih kebingungan bagaimana cara untuk membuat klipingnya? Atau kamu malah penasaran bagaimana sih untuk contoh kliping yang simpel tapi menarik?

Kalau begitu, tidak masalah karena kami akan sampaikan ke kamu beberapa hal yang menyenangkan. Kami disini akan menyampaikan ke kamu tata cara dan juga informasi yang penting lainnya mengenai kliping ini. Untuk itu, kamu harus menyimak pembahasan yang lanjutnya sih ya.

Format Lengkap Dan Harus Ada Dalam Pembuatan Kliping

contoh-kliping

Di dalam pembuatan atau produksi dokumen, pastinya kamu memerlukan format-format gitu ya di dalamnya. Nanti kamu harus menggunakan format tersebut untuk melakukan pembuatan dokumennya. Di setiap jenis dokumen pasti memiliki format yang berbeda-beda.

Walaupun pada dasarnya sih ya sama saja ya format yang bisa digunakan nantinya, namun akan berbeda saja gitu isi di dalamnya. Iya, jadi ya kamu benar-benar harus memahami sih hal apa saja yang ada di dalam dokumennya tersebut. Kebetulan, disini kami juga akan menyampaikan ke kamu tentang format yang ada di dalam kliping.

Nantinya kamu akan bisa melihat dan juga memahami format-format yang memang ada di dalamnya. Untuk membuat jenis dokumennya ya kamu bisa melakukan sesuai dengan formatnya, ya. Langsung saja kita menyimak format lengkap yang bisa digunakan untuk membuat klipingnya ya.

Sampul Kliping

Format yang pertama ini adalah sampul kliping, dimana bagian yang satu ini akan bisa membuat kliping kamu lebih menarik. Dalam pembuatan klipingnya ini, kamu akan bisa lho ya langsung membuat sampul-sampul yang menarik gitu. Supaya nantinya orang-orang yang ingin melihatnya lebih tertarik gitu.

Kan ketika orang ingin melihat klipingnya ini, hal pertama kali yang akan bisa dilihat adalah sampulnya ini. Untuk membuat sampul ya nantinya kamu akan bisa langsung saja menuliskan hal-hal atau tema yang terkandung di dalam klipingnya ya. Kan nantinya supaya orang-orang bisa mengetahui isi dari klipingnya ini.

Kata Pengantar dari Kliping

Seperti membuat karya ilmiah atau karya tulis, nantinya kamu akan bisa menuliskan kata pengantar lho ya. Di dalam kata pengantarnya ini nanti kamu akan bisa menuliskan hal-hal yang biasa ada di dalam kata pengantar. Kliping juga ada beberapa yang menggunakan kata pengantar.

Namun, ada juga lho ya beberapa kliping yang nantinya tidak menggunakan kata pengantar. Semua itu bergantung kepada pembuatnya apakah ingin menambahkan kata pengantar atau tidak, gitu. Kalau nantinya ada kata pengantar ya jadi baik dan kalau tidak ada kata pengantar juga ya tidak apa-apa.

Daftar Isi Untuk Kliping

Bagian daftar isi ini merupakan bagian yang paling disukai oleh pembaca. Pasalnya kan nantinya pembaca akan lebih dimudahkan dengan melihat daftar isi. Pembaca akan bisa melihat dimana sih konten yang dicari di dalam daftar isinya. Sudah dijelaskan juga kan halaman yang bisa digunakannya ini.

Isi Kliping

Bagian yang paling penting dan harus ada di dalam kliping adalah isi kliping. Dimana nantinya kamu akan bisa membuat klipingan dengan baik dan benar kalau isinya sesuai dengan tema yang ada. Seperti yang sudah kami sampaikan ke kamu ya kalau membuat kliping ya kamu harus membuatnya yang sesuai dengan tema.

Di satu kliping nantinya hanya boleh diisikan dengan satu tema saja, tidak boleh dicampur begitu. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mencari tema yang baik dan mudah untuk dicari ya sebelum melakukan pembuatan klipingnya. Bagaimana kamu ingin langsung membuatnya langsung ya?

Kesimpulan dan Saran

Eits, kamu tunggu dulu dong, kan di dalam kliping ini masih ada bagian-bagiannya. Setelah isi dari klipingnya nanti kamu akan bisa menuliskan kesimpulan dan saran. Kan kamu sudah mencari informasi dari berbagai sumbernya ya, nah ketika itu, kamu nantinya akan bisa langsung menarik kesimpulan.

Ketika kamu sudah menarik kesimpulannya maka nantinya kamu akan bisa menjelaskan ke pembaca kliping apa sih isi dari klipingan yang dibuat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menuliskan saran yang tepat untuk tema yang diambil, ya. Tidak lupa membuat kalimat penutup disitu.

Daftar Pustaka

Setelah selesai menuliskan semua halnya dan menempelkan semua sumber-sumber informasinya, maka kamu akan bisa membuat daftar pustaka. Apa sih daftar pustaka itu? Daftar pustaka itu merupakan bagian yang menuliskan darimana sumber-sumber informasi yang kamu dapatkan.

Nantinya untuk membuat daftar pustaka ya kamu harus perhatikan cara-caranya ya. Jangan sampai kamu asal-asalan dalam membuatnya. Karena memang daftar pustaka ini sudah memiliki peraturan khusus yang harus dibuat, ya. Kalau salah ya percuma bagaimana akan jadi daftar pustakanya.

Tutorial Untuk Membuat Kliping Yang Baik Dan Benar

contoh-kliping

Ketika kamu sudah memahami semua format yang ada di dalam kliping ini, maka sekarang saatnya kamu membuat klipingnya ya. Untuk membuat kliping ya nantinya kamu harus sesuai dengan formatnya. Jangan sampai kamu lewatkan satupun format yang ada di dalam klipingnya ini.

Untuk lebih memudahkan kamu, . akan sampaikan ke kamu langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat klipingnya. Untuk membuatnya mudah sekali lho ya. Tidak akan membuat kamu berlama-lama juga, langsung saja simak langkahnya di bawah ini.

Tentukan Tema Terlebih Dahulu

Jika kamu ingin membuat kliping, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah mencari tema terlebih dahulu. Tema yang kamu pilih ini nantinya harus lah yang sesuai dan jangan dicampur aduk, ya. Kalau kamu campur aduk, nantinya kliping kamu menjadi berantakan ya. Seperti yang sudah kami sampaikan di atas tadi lah ya.

Kumpulkan Semua Data yang Diperlukan

Ketika kamu sudah menentukan temanya, sekarang kamu bisa mengumpulkan data-data yang diperlukan. Karena tadi temanya sudah didapatkan, kamu bisa langsung kumpulkan datanya melalui berbagai media cetak. Seperti menggunakan koran, tabloit, majalah dan juga lainnya. Semuanya bisa kamu cari untuk memenuhi kliping kamu. Tetapi jangan diingat, kamu jangan melenceng dari tema ya data-datanya.

Siapkan Alat-Alat yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kliping

Setelah itu, kamu bisa menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan di dalam kliping. Untuk membuat kliping nantinya kamu akan bisa menggunakan alat-alat seperti gunting, lem, kertas, dan lainnya. Tidak hanya itu saja kamu juga nantinya memerlukan spidol untuk membuat tulisan yang menarik. Tidak perlu banyak kok alat-alat yang kamu butuhkan nantinya, sesuai dengan kebutuhan kamu saja, ya.

Langsung Gunting dan Tempel Bahan Dari Kliping

Semua bahan dan alat yang akan diperlukan sudah lengkap? Oke, sekarang waktunya kamu bekerja. Caranya adalah kamu gunting saja terlebih dahulu data-data yang kamu temukan di dalam media cetak. Setelah digunting kamu bisa langsung tempelkan ke kertas yang ingin dibuat kliping ya.

Membuat Cover Kliping yang Menarik

Setelah semua itu selesai, nantinya kamu langsung membuat cover. Kan sudah menempelkan semua data-data yang ada, kamu bisa langsung membuat cover. Cover atau sampul ini nantinya kamu harus membuatnya secara menarik. Jangan sampai kamu membuat cover yang seperti itu saja ya, supaya nantinya bisa menarik minat pembaca.

Tuliskan Daftar Pustaka

Langkah yang paling akhir untuk membuat kliping adalah membuat daftar pustaka. Dimana jika kamu membuat daftar pustaka, ya kamu nantinya harus menuliskan sesuai dengan kaidah yang sudah ditetapkan, ya. Selesai deh kliping kamu siap untuk dibaca.

Contoh Kliping Yang Diprint Lengkap Menarik Dan Sederhana

Seperti yang sudah kami katakan di atas, kalau kami akan sampaikan ke kamu contoh kliping, ya. Untuk membuat kliping memang butuh ketelitian, maka dari itu kamu bisa perhatikan terlebih dahulu contoh kliping yang kami berikan di bawah ini. Bisa download secara gratis lho ya.

Download contoh kliping lengkap –> Klik Download Disini

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]