Siapa nih disini yang sering membuat karya tulis? Di dalam karya tulis kamu pastinya akan menemukan banyak sekali hal-hal yang harus kamu buat ya. Seperti saja kata pengantar yang merupakan bagian awal dari sebuah karya tulis. Nah, untuk itu disini . sampaikan ke kamu contoh kata pengantar yang baik dan benar.

Untuk membuat karya ilmiah yang benar pastilah semua hal yang terlibat di dalamnya harus benar semua. Jadi, kalau kamu ingin membuat karya ilmiah, maka kamu nantinya harus mengetahui beberapa hal yang penting di dalam karyanya tersebut. Untuk itu, kami akan berikan pembahasan yang akan bisa kamu gunakan di dalam karya ilmiahnya.

Namun, pembahasan yang ada di artikel . kali ini akan membahas tentang kata pengantar saja, ya. Pasalnya bagian yang satu ini juga penting untuk dibuat secara benar dan juga baik. Oleh karena itu, kami akan sampaikan ke kamu tentang bagian kata pengantarnya ini.

Supaya kamu mengetahuinya dengan benar, maka kami akan sampaikan pembahasannya secara rinci dan juga detail. Langsung saja kita menyimak pembahasan yang ada di bawah ini, ya. Jangan lewatkan pembahasannya satu pun ya. Oke, langsung simak yuk.

Penjelasan Mengenai Kata Pengantar

contoh-kata-pengantar

Sebelum membuat karya tulis, nantinya kamu akan bisa menyimak pembahasan yang satu ini. Bagian yang satu ini memang banyak dikira orang tidak terlalu penting ya. Tetapi bagian yang satu ini adalah salah satu pembuka dari sebuah karya tulis yang juga dibutuhkan lho ya.

Maka dari itu, sebelum kamu membuat karya tulisnya tersebut, langsung menyimak pembahasan yang ada di bagian kali ini. Bagaimana kamu sudah mulai penasaran kan ya tentang kata pengantar ini? Oke deh kalau begitu, kamu bisa langsung simak pembahasannya yuk.

Kata pengantar ini merupakan suatu bentuk tulisan yang berisi ungkapan dari penulis tentang isi dari karangan atau karya tulis yang kamu buat. Di dalam kata pengantar ini, nantinya nantinya kamu akan mengungkapkan beberapa hal yang menjuruskan ke isi dari karya tulis kamu.

Jadi, sebelum pembaca bisa membaca isi dari karangan atau karya ilmiah kamu, nantinya pembaca akan membaca bagian yang satu ini terlebih dahulu. Kamu akan bisa membuat kata pengantar ini dengan isi yang bisa dibilang mudah untuk dipahami lah ya.

Di dalam kata pengantar ini, nantinya kamu harus tuliskan ucapan terima kasih. Ucapan terima kasih yang akan kamu tuliskan itu bisa ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa, orang tua, dan orang-orang yang memang sudah terlibat di dalam karya tulis yang kamu buat.

Tidak hanya ucapan terima kasih, kamu juga nantinya akan bisa mengucapkan rasa syukur terhadap apa yang telah kamu kerjakan. Kamu juga nantinya akan bisa memaparkan tujuan dan juga manfaat dari karya tulis yang sudah kamu buat tersebut.

Setelah semua itu kamu tulis, kamu juga bisa menuliskan permohonan maaf jika di dalam penulisan karya tulis yang kamu buat ada kesalahan dan juga lainnya. Bisa dibilang ya kalimat yang kamu buat nantinya ini sangat kompleks. Bagaimana kamu ingin segera membuatnya? Oke, kalau begitu kamu simak saja pembahasan yang lainnya.

Susunan yang Terdapat di Dalam Kata Pengantar

contoh-kata-pengantar

Jika kamu ingin membuat karya tulis, nantinya kamu akan bisa membuat bagian dari kata pengantarnya terlebih dahulu, kan ya. Nah, di dalam kata pengantar yang ada ini nantinya kamu harus mengikuti struktur-struktur yang ada di dalamnya terlebih dahulu. Karena kalau tidak ada kata pengantar nantinya karya ilmiah kamu tidak akan jadi, ya.

Di dalam kata pengantarnya sendiri ini, nantinya kamu juga akan bisa menemukan susunan-susunan atau bagiannya lho ya. Jadi, kamu nantinya akan bisa mengikuti susunan-susunan yang ada. Yap, susunannya ini juga kamu akan bisa menemukan bagian yang diawali dari pembuka, isi dan juga penutupnya.

Untuk kamu yang memang masih belum pernah membuat karya tulis gitu, nantinya akan kebingungan kan ya. Oleh karena itu, kami akan sampaikan ke kamu pembahasan tentang struktur atau bagian yang terdapat di dalam kata pengantar. Yuk langsung masuk ke dalam perinciannya saja ya.

Pembuka

Di bagian pertama dalam kata pengantar ini, nantinya kamu akan bisa membuat kata pembuka. Kata pembuka yang ada di dalam bagian kata pengantar ini biasanya akan memberikan rasa syukur dengan mengucapkan terima kasih karena sudah bisa menyelesaikan karya tulisnya tersebut. Biasanya di karya tulis yang ada di negara Indonesia, banyak sekali yang mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Setelah itu, baru nantinya akan disesuaikan dengan agama dan kepercayaan dari penulisnya masing-masing. Kalau sudah, nantinya kamu juga akan menuliskan ucapan terima kasih kepada orang-orang terdekat atau orang tersayang dalam kontribusinya atau membantu dalam penyelesaian karya ilmiahnya.

Nantinya kamu akan bisa membuat ucapan terima kasih dengan menuliskan banyak sekali nama-nama yang memang terlibat. Bisa kamu rincikan satu per satu ya tentang orang-orang yang membantu kamu. Bagaimana kamu sudah paham kan tentang bagian pembuka di kata pengantar ini.

Isi

Bagian yang selanjutnya ini adalah isi, dimana di bagian yang satu ini kamu akan bisa menjelaskan beberapa hal tentang karya tulis kamu. Nanti kamu akan bisa menuliskan beberapa hal yang membuat orang menjadi penasaran tentang tulisan atau karya ilmiah kamu.

Di dalam isi kata pengantarnya ini kamu bisa menjelaskan sedikit tentang apa atau hal apa yang ditulis di kata pengantar kamu. Bisa langsung saja kamu tuliskan uraian singkat yang mengandung tulisan di dalam karya ilmiah kamu, ya. Jangan kamu tuliskan secara spesifik di isi tentang karya yang kamu buat.

Ya, seperti yang sudah kami sampaikan, kalau nantinya kamu jelaskan secara spesifik, pembaca tidak akan meneruskannya ke dalam karya tulis yang kamu buat. Karena kan dalam kata pengantarnya saja ini sudah didapatkan isi dari karya tulis yang kamu buat. Menarik bukan?

Penutup

Di bagian yang selanjutnya ini adalah bagian penutup, dimana di bagian yang satu ini kamu akan bisa menuliskan permohonan maaf atas kesalahan-kesalahan dalam penulisan yang kamu buat. Walaupun memang setelah melakukan penulisannya ini, nantinya kamu sudah melakukan pengecekan tentang penulisan kamu, ya.

Tetapi akan tetap saja kamu tuliskan kalimat yang seperti itu di bagian kata pengantar ini. Selain itu, kamu akan bisa menuliskan atau meminta saran untuk kelemahan terhadap penulisannya ini. Jadi, nanti kamu akan bisa melakukan pengembangan lagi terhadap suatu perspektif tersebut.

Fungsi Dari Dibuatnya Kata Pengantar Di Sebuah Karya Tulis

contoh-kata-pengantar

Mungkin kamu belum tahu kan ya, kalau kata pengantar di dalam karangan atau karya tulis ini penting juga. Karena kan di dalam karya tulis tersebut kan ada bagian-bagian yang harus kamu perhatikan juga ya. Salah satunya ya termasuk kata pengantar ini.

Nah, di kata pengantar ini juga nantinya akan ada fungsi-fungsi yang harus kamu ketahui lho ya. Untuk itu, supaya kamu bisa mengetahuinya dengan jelas, kami akan sampaikan kepada pembaca tentang perincian fungsi dari kata pengantar yang ada di karya tulis, ya.

  • Untuk tempat penyampaian rasa syukur dan juga rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu untuk kamu menyelesaikan karya tersebut.
  • Di dalam kata pengantar nantinya akan mengandung kalimat-kalimat yang akan membawa minat pembaca untuk bisa menyelesaikan pembacaan dari karya tersebut.
  • Kata pengantar juga bisa mengantarkan pembaca untuk bisa membaca isi dari karya tulis yang ada.
  • Selain menyampaikan ucapan terima kasih, kata pengantar ini juga menyampaikan permohonan maaf dan meminta saran atas kelemahan dari karya tulis yang dibuat.

Itulah fungsi-fungsi yang akan bisa kamu ketahui tentang kata pengantar yang ada. Setelah melihat fungsinya ini pastinya kamu mulai terpacu untuk membuat kata pengantar yang baik dan benar kan ya? Oke, kalau begitu, simak pembahasan lebih lanjutnya.

Cara-Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Membuat Kata Pengantar Dengan Cepat

Cara-Cara-yang-Bisa-Dilakukan-Untuk-Membuat-Kata-Pengantar-Dengan-Cepat

Untuk kamu yang memang membutuhkan arahan untuk membuat kata pengantar, maka disini kami akan menyampaikannya ke kamu. Di bawah ini ada langkah-langkah atau cara yang akan bisa kamu lakukan untuk membuat kata pengantarnya, ya. Langsung lihat cara yang bisa dilakukan, ya.

  1. Kamu bisa ucapkan rasa syukur yang paling utama kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Selanjutnya, kamu bisa langsung menuliskan tentang penjelasan mengapa adanya tugas atau karya ilmiahnya tersebut. Misalkan, karya ilmiah, proposal dan lain-lain.
  3. Kamu bisa langsung jelaskan kapan pelaksanaan karya ilmiahnya tersebut.
  4. Setelah itu, kamu bisa sebutkan pihak-pihak yang membantu kamu dalam menyelesaikan karya tulis yang dibuat tersebut.
  5. Ketika sudah selesai, kamu bisa menuliskan nama kota dari tempat penulisan karya, waktu penulisan karya, dan jangan lupa tanda tangan yang ada di dalam karyanya.
  6. Jangan lewatkan untuk memberikan harapan yang kamu inginkan terhadap karya tulis yang dibuat dan jangan lupa tuliskan manfaat dari karya tulisnya tersebut.

Beberapa Hal yang Perlu Dihindarkan Dalam Pembuatan Kata Pengantar

Beberapa-Hal-yang-Perlu-Dihindarkan-Dalam-Pembuatan-Kata-Pengantar

Untuk membuat kata pengantar biasanya orang-orang kan melihat contoh-contoh yang ada, ya. Namun, nantinya kamu jangan sampai salah untuk menuliskan kata pengantarnya. Tentunya referensi yang kamu contoh juga haruslah benar dan juga baik.

Namun begitu, entah contoh yang kamu lihat itu benar atau tidak, setidaknya kamu harus mengetahui apa saja hal yang perlu dihindarkan dalam pembuatan kata pengantarnya. Ingin tahu kan pastinya? Simak pembahasan yang selanjutnya dong ya.

  • Jangan menggunakan kata-kata yang tidak meyakinkan, ya.
  • Menuliskan isi dari karya tulis dengan sangat detail dan rinci.
  • Jangan membuat kata pengantar yang belibet-libet dan terlalu panjang, karena nantinya akan menyebabkan kata pengantar terlalu panjang.
  • Ungkapan rasa terima kasih yang dituliskan sangat-sangat berlebihan.

Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Di dalam artikel . tidak hanya menyampaikan hal-hal yang penting saja ya untuk membuat kata pengantarnya ini. Tetapi, kamu juga akan mendapatkan contoh kata pengantar yang memang sudah sesuai dengan kaidah dan juga susunannya. Oleh karena itu, bisa langsung melihat filenya di bawah ini.

Contoh kata pengantar singkat dan sederhana dalam bentuk doc –> Klik Download Disini

Didalamnya sudah ada beberapa contoh kata pengantar diantaranya :

  • Makalah
  • Laporan
  • Proposal
  • Skripsi
  • Laporan PKL
  • Kliping
  • Makalah Individu
  • Dll

Recommended Posts