Ingin melamar pekerjaan dan masih bingung bagaimana contoh daftar riwayat hidup, maka kami akan membantu kamu dalam hal tersebut. Ayovaksindinkeskdi.id akan bantu kamu dengan memberikan contoh dari daftar riwayat hidup yang ada. Simak terus ya pembahasannya.

Jika kamu ingin melamar pekerjaan kan akan ada banyak dokumen yang diperlukan ya. Nah. salah satunya dan hal yang penting untuk dimiliki atau dibawa adalah daftar riwayat hidup ini. Pasalnya memang kamu akan mengenalkan diri kamu secara singkat menggunakan daftar riwayat hidup ini.

Mungkin kalau di zaman dahulu kan akan sedikit sulit, ya untuk melihat contoh-contoh untuk daftar riwayat hidupnya. Namun, kalau di zaman sekarang rasanya kamu tidak akan kesulitan lagi. Karena kan sekarang ini sudah ada daftar riwayat hidup di internet.

Kamu bisa langsung melihatnya saja, seperti artikel kami kali ini yang akan memberikan ke kamu contohnya. Namun tidak hanya contohnya saja sih, tetapi kamu juga akan bisa melihat atau menemukan banyak sekali hal-hal menyenangkannya. Lanjut ke pembahasan lengkapnya ya.

Penjelasan Mengenai Daftar Riwayat Hidup

contoh-daftar-riwayat-hidup

Mungkin sebelum membuat daftar riwayat hidup, masih banyak nih yang belum mengetahui tentang penjelasan mengenai daftar riwayat hidup ini. Bukan kah begitu? Nah, supaya kamu semakin enak dan mudah dalam membuat daftar riwayat hidupnya, maka kamu bisa simak pembahasannya.

Jadi, daftar riwayat hidup ini merupakan salah satu hal atau dokumen yang memang sangat penting untuk kamu sertakan di dalam lamaran pekerjaan. Biasanya juga pihak perusahaan akan meminta kamu untuk mengirimkan daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaannya ini ya.

Daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang berisikan fakta-fakta tentang diri si pembuat daftar riwayat hidup ini sendiri. Di dalam daftar riwayat hidup nantinya akan berisi apapun hal yang terjadi di dalam hidup kamu. Mulai dari data diri, pengalaman apa yang pernah kamu alami, sampai keahlian yang kamu miliki.

Namun, untuk menuliskan atau membuat daftar riwayat hidup kamu nantinya harus melakukannya dengan jujur. Karena kalau tidak jujur nantinya tidak sah dong ya daftar riwayat hidup yang kamu buat. Selain itu, nantinya daftar riwayat hidup ini akan membuat kamu menjadi kesusahan dalam melakukan pekerjaannya karena ya data yang ditulis adalah fake.

Intinya daftar riwayat hidup ini bisa dikatakan suatu dokumen yang memaparkan tentang gambaran dari hidup seseorang dengan cara yang sangat-sangat terperinci gitu. Oleh karena itu, kamu nantinya akan bisa langsung menuangkan banyak halnya di dalam riwayat hidup.

Untuk menuliskan daftar riwayat hidup, nantinya kamu harus membuat atau menuliskannya dengan benar. Tidak boleh asal-asalan ya untuk menggunakan daftar riwayat hidup ini. Pastinya kamu bingung kan ya dengan cara menuliskan daftar riwayat hidup ini?

Oya, untuk informasi kamu, daftar riwayat hidup ini akan bisa ditulis berdasarkan dua cara, yaitu diketik dan juga ditulis tangan. Cara penulisan dari riwayat hidupnya ini bergantung dengan permintaan dari perusahaan yang kamu daftar. Jika perusahaan meminta untuk menulis tangan, kamu harus tulis tangan dan sebaliknya. Lanjut yuk.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Daftar Riwayat Hidup dengan Tulis Tangan

contoh-daftar-riwayat-hidup

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas tadi, ya. Kalau ingin membuat daftar riwayat hidup ya sesuai dengan permintaan dari perusahaannya. Mau kamu diminta untuk menuliskan daftar riwayat hidup dengan tulis tangan atau diketik. Kamu bisa membuat riwayat hidup dengan mudah lho ya, mau menggunakan cara yang manapun.

Nah, kalau di bagian yang satu ini kami akan berikan ke kamu informasi tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan daftar riwayat hidupnya ini. Jadi, kalau di daftar riwayat hidup yang tulis tangan ini kamu harus berhati-hati, ya. Karena dari tulis tangan ini nantinya pihak perusahaan akan menilai kamu.

Yap, pihak HRD akan menilai diri kamu dari tulisan tangan daftar riwayat hidup yang kamu persembahkan untuk perusahaannya tersebut. HRD juga akan bisa menilai kesungguhan kamu dalam melamar pekerjaan di perusahaan dan posisi yang kamu lamar tersebut lho ya.

Melihat dari pentingnya daftar riwayat hidup bagi penilaian dan nilai tambahan juga, maka dari itu, kamu harus simak pembahasannya di bawah ini. Kami akan memberikan ke kamu beberapa hal yang perlu kamu perhatikan supaya nantinya bisa membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar, ya.

  • Untuk hal yang paling utama adalah kamu pastikan kalau kertas yang kamu gunakan untuk menulis ini bersih dan terhindar dari coretan-coretan apapun, ya.
  • Kamu harus tulis tangan daftar riwayat hidupnya dengan tulisan tangan kamu sendiri. Jangan sekali-sekali meminta bantuan orang lain untuk menuliskan daftar riwayat hidupnya.
  • Buat daftar riwayat hidup dengan data-data yang jujur, sesuai dengan fakta dan dapat dipertanggung jawabkan, ya.
  • Jangan gunakan kalimat yang berlibet-libet karena kalau seperti itu akan membuat pembaca menjadi bingung dan sulit menangkap poinnya. Oleh karena itu, kamu bisa membuat dengan bahasa yang singkat namun terperinci.
  • Untuk penulisannya kamu jangan terburu-buru supaya hasil tulisannya menjadi maksimal. Soalnya kalau terburu-buru kan bisa saja salah dalam penulisannya dan ada coretan atau hal lainnya.

Bagian Yang Harus Ada Di Dalam Daftar Riwayat Hidup

contoh-daftar-riwayat-hidup

Jika kamu membuat riwayat hidup, maka nantinya kamu akan bisa membuat daftar riwayat hidup dengan memperhatikan bagian-bagian yang ada di dalamnya. Kan tadi di atas kami sudah sampaikan ke kamu beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menulis daftar riwayat hidup.

Namun, tidak hanya itu saja yang bisa kamu gunakan nantinya kamu juga harus memperhatikan bagian-bagian yang ada di dalam daftar riwayat hidupnya. Jika kamu ingin membuat daftar riwayat hidup, maka kamu akan bisa simak bagian-bagian yang ada di bawah ini.

Oya, untuk bagian-bagian yang ada di dalam daftar riwayat hidupnya ini nantinya akan bisa digunakan untuk penulisan yang semuanya ya. Baik ditulis secara manual atau tangan dan juga secara ketikan ya. Langsung saja kita simak bagian-bagian yang ada di bawah ini, ya.

Data Diri

Pertama, di dalam daftar riwayat hidup, kamu akan bisa membuat atau menuliskan data diri, ya. Di dalam data diri yang ada, nantinya kamu akan bisa langsung saja mengisikan beberapa hal yang penting mengenai diri kamu. Mulai dari nama, tempat tanggal lahir dan lainnya.

Intinya nantinya di dalam data diri, kamu akan memperkenalkan diri kamu secara terperinci dengan menuliskan beberapa hal yang penting. Untuk itu, kamu nantinya bisa langsung menuliskan data diri menggunakan bahasa yang baik yang benar, ya. Supaya bisa enak dibacanya.

Bagian yang tidak terlalu penting ada di dalam data diri inia dalah status, ya. Namun, ada beberapa lowongan pekerjaan atau perusahaan yang memang ingin memberikan pekerjaan kepada yang belum mengetahui status jadi kamu bisa langsung tuliskan saja sesuai permintaan, ya.

Latar Belakang Pendidikan

Bagian yang selanjutnya ini adalah di bagian latar belakang dimana bagian ini meminta kamu untuk menuliskan berbagai jenjang pendidikan yang sudah kamu jalani. Mulai dari sekolah TK, SD, SMP, SMA, sarjana dan lainnya. Kamu bisa masukkan semua jenjang pendidikan yang kamu jalani.

Tetapi, untuk menuliskan pendidikan ini, kamu harus benar-benar ya memasukkan nama sekolah dan juga hal lainnya. Karena kan kalau tidak, nanti akan bisa menjadikan ini suatu masalah gitu, ya.

Pengalaman yang Pernah Dialami

Di dalam daftar riwayat hidup, nantinya kamu akan bisa memasukkan pengalaman yang pernah kamu alami. Mau pengalaman apapun bisa kamu masukkan, ya. Bisa pengalaman yang kamu dapatkan sewaktu mengenyam pendidikan formal atau di luar dari pendidikan formalnya.

Bisa menjadi volunteer, menjadi pemimpin di suatu organisasi atau hal lainnya deh ya. Jadi, kamu akan bisa langsung saja menuliskan apapun yang dialami selama hidup kamu, ya. Jangan lupa untuk menjelaskan pengalamannya tersebut secara singkat.

Skill atau Kemampuan

Nantinya kamu juga akan bisa memasukkan skill atau kemampuan yang kamu miliki. Bisa dibilang sih, skill atau kemampuan yang kamu tulis di dalam daftar riwayat hidupnya ini penting. Karena kan dengan skill atau kemampuan yang dituliskan akan memudahkan HRD menyatakan apakah kamu bisa atau tidak mengisi lowongan tersebut.

Bisa saja kamu isikan kemampuan kamu dalam komputer atau hal lainnya gitu deh ya. Atau kalau kamu bisa atau menguasai bahasa asing, kamu akan bisa menuliskannya juga lho ya.

Pengalaman Kerja

Bagian yang selanjutnya ini adalah pengalaman kerja atau kamu pernah bekerja dimana saja sebelum mendaftarkan diri di suatu perusahaan gitu. Nantinya pengalaman kerja ini akan bisa menjadikan pertimbangan juga lho. Karena HRD akan melihat kemampuan kamu juga ya.

Nah, untuk kamu yang hanya memiliki pengalaman bekerja baru sedikit gitu, maka kamu bisa menuliskan juga kegiatan magang yang pernah kamu lakukan. Bisa tuliskan semua halnya ya di dalam pengalaman kerjanya. Tetapi ingat, harus sesuai dengan fakta.

Keterangan Surat dan Tanda Tangan

Terakhir, kamu bisa menuliskan keterangan surat, seperti tanggal dan juga dimana tempat daftar riwayat hidup tersebut ditulis gitu. Selain itu, kamu juga bisa mengisikan tanda tangan ya di dalam bagian yang terakhir ini. Untuk apa kita menuliskan keterangan dan juga tanda tangannya?

Supaya nantinya pembaca dari daftar riwayat hidup tersebut bisa tahu dimana dan kapan ditulis daftar riwayat daftar hidup tersebut. Selain itu, bagian ini juga akan bisa menunjukkan kesungguhan kita dalam membuat daftar riwayat hidupnya tersebut.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan yang Mudah

Download file daftar riwayat hidup file doc –> Klik Disini

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi

Nama                         : <nama lengkap>

Tempat, tanggal lahir : <data lengkap>

Jenis Kelamin            : <perempuan/ laki-laki>

Agama                      : <sesuaikan>

Kewarganegaraan      : <WNI>

Alamat                      : <alamat tempat tinggal>

Telepon                     : <nomor telepon aktif>

Email                        : <email aktif>

Latar Belakang Pendidikan

Pendidikan Formal

<tahun masuk – tahun lulus>   : SD…………

<tahun masuk – tahun lulus>   : SMP…………

<tahun masuk – tahun lulus>   : SMA……………

<tahun masuk – tahun lulus>   : Universitas……………….

Pendidikan NonFormal

<tahun kursus> : <tuliskan kursus yang diikuti>

<tahun kursus> : <tuliskan kursus yang diikuti>

Kemampuan

  • Mampu mengoperasikan software  ( Ms. Excel , Ms. Access, Ms. Word, MS Outlook dan Ms. Power Point, lainnya).
  • Menguasai Bahasa Inggris secara pasif dan aktif baik secara tulisan maupun lisan

Pengalaman Kerja

PT. Indah Jaya Motor

Periode : Juli 2021 – Maret 2022

Posisi : Bagian Administrasi

Pekerjaan:

  • Menerima dan mengeluarkan faktur untuk dan dari pemasok
  • Melakukan penggajian untuk karyawan setiap bulannya.

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dan semoga bisa digunakan dengan sebagaimana mestinya.

 Hormat Saya,

 <nama penulis daftar riwayat hidup>

Recommended Posts