Ingin memainkan alat musik, sebaiknya harus tahu terlebih dahulu dong ya tentang alat musiknya tersebut. Seperti saja contoh alat musik ritmis ini, nantinya kamu akan dapatkan banyak contohnya disini ya. Ayovaksindinkeskdi.id akan sampaikan ke kamu pembahasannya.

Memang ya untuk orang yang suka bermain musik, pastinya akan mencoba terus alat-alat musik yang lainnya gitu. Mulai dari alat musik yang mudah sampai alat musik yang bisa dibilang sulit atau masuk ke dalam kategori sulit. Karena ya nantinya kita akan ketagihan ya untuk bermain musiknya itu, seru juga lho ya.

Bisa bermain alat musik ini juga merupakan salah satu kebanggan yang dimiliki lho ya. Maka dari itu, banyak juga orang yang ingin bisa bermain alat musik. Memang sih bermain alat musik ini juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif manusia. Jadi, jangan heran kenapa banyak sekali orang yang ingin bisa bermain alat musik.

Nah, berbicara mengenai alat musik disini kamu akan bisa menemukan berbagai jenis alat musik. Kamu nantinya akan bisa menemukan banyak sekali macam-macam alat musik ritmis lho ya. Supaya tidak berlama-lama kami akan sampaikan ke kamu langsung informasinya ya. Di bawah ini deh, yuk.

Alat Musik Ritmis Itu Apa?

contoh-alat-musik-ritmis

Apakah kamu sudah tahu apa itu alat musik ritmis? Kalau kamu belum mengetahuinya maka sekarang kamu harus menyimak pembahasan di bagian yang paling pertama ini. Yap, disini kami akan berikan ke kamu pembahasan mengenai alat musik ritmis dahulu, ya. Maka dari itu, kamu jangan sampai lewatkan.

Biasanya jika kamu mendengar suatu musik, pastinya kamu akan senang kan ya. Musik ini juga bisa membuat kita menjadi lebih tenang dan juga rileks gitu ya. Memang sih musik ini merupakan salah satu hal yang bisa membuat kita tenang saat istirahat atau lainnya.

Oya, berbicara mengenai musik, kan pastinya ada alat musik ya di balik musik-musiknya yang keren ini. Nah, salah satu alat musik yang akan kami bahas disini adalah alat musik ritmis. Apakah kamu sudah pernah mendengarnya? Pastinya sudah pernah dong ya.

Jadi, alat musik ritmis ini adalah alat musik yang tidak menghasilkan nada. Kalau biasanya alat musik lainnya itu jika dimainkan akan mengeluarkan nada, maka alat musik ritmis ini tidak. Maka dari itu, alat musik satu ini tidak bisa dimainkan sendiri, harus ada temannya gitu.

Alat musik ritmis ini memang memiliki kaitan yang erat dengan birama dan juga ketukan, ya. Kamu ingin mencoba memainkan alat musiknya ini? Untuk bermain alat musik ritmis ini tidak seberapa bingung lho ya. Pasalnya di alat musik yang satu ini tidak ada tombol-tombol khususnya gitu.

Iya, tombol khusus atau bagian-bagian yang memang khusus dan bisa digunakan untuk mengeluarkan nada gitu. Jadi, kamu bisa memainkannya dengan satu cara saja ya sesuai dengan alat musik yang kamu gunakan. Namun, jangan salah lho ya fungsi dari alat musik ritmis ini banyak juga ya.

Jika kamu memang ingin mengetahui fungsi yang ada dari alat musik ritmis ini, maka kami akan sampaikan ke kamu beberapa pembahasannya. Di bawah ini ya akan lengkap sekali pembahasannya. Jangan kemana-mana, ya lanjutkan simak pembahasan lengkapnya, oke?

Fungsi Dalam Penggunaan Alat Musik Ritmis

contoh-alat-musik-ritmis

Seperti yang sudah kami katakan, ya ke kamu kalau alat musik ritmis ini banyak sekali hal-hal unggulnya atau fungsi yang dimilikinya. Mungkin selama ini orang hanya tahu fungsi dari alat musik ritmis untuk mengiringi saja, ya. Tetapi bukan hanya itu saja.

Di dalam alat musiknya ini nanti kamu akan diberikan banyak sekali fungsi-fungsi yang akan bisa membuat kamu semakin mudah dan juga membuat semakin indah suatu musik. Karena ya nantinya di masing-masing alat musiknya ini memiliki beberapa fungsi yang sangat penting.

Tidak hanya di zaman dahulu saja, tetapi sampai sekarang pun, fungsi dari setiap bentuk alat musik ritmis ini masih ada. Maka dari itu, supaya kamu bisa mengetahuinya kami akan menyampaikannya ke kamu. Di bawah ini bisa segera menyimak pembahasannya.

Sebagai Pengiring Lagu

Untuk kamu yang sering bernyanyi, maka nantinya kamu akan membutuhkan tambahan alat musik ritmis kan ya. Walaupun memang kita semua tahu kalau untuk membawakan sebuah lagu, menggunakan alat musik melodi saja tuh sudah bisa. Tetapi akan berbeda kedengarannya dengan membawakan lagu yang ditambahkan dengan alat musik ritmis. Ingin tahu kenapa?

Karena kan alat musik melodi memang sudah memberikan nada dan bisa digunakan untuk bernyanyi ya. Namun, kalau ditambahkan dengan adanya alat musik ritmis di dalam lagunya tersebut maka nanti kedengarannya akan lebih bagus lho ya. Bahkan nantinya musik yang dibawakan akan lebih enak didengar gitu bunyinya.

Membuat Instrumen Jadi Lebih Lengkap Dan Sempurna

Bagaimana perasaan kamu ketika kamu mendengar sebuah instrumen yang lengkap gitu? Pastinya langsung membangkitkan semangat untuk mendengarkan musik kan ya. Selain itu, musiknya yang lengkap akan membuat kamu menjadi lebih enak ya mendengarkan musiknya ini. Seperti saja Orkestra, dimana nantinya kamu akan mendengarkan berbagai macam alunan alat musik.

Tentunya di dalam orkestra kamu tidak hanya mendengarkan bunyi musik yang asalnya dari alat musik melodis saja kan ya. Tetapi, kamu juga nantinya akan bisa mendengarkan bunyi dari alat musik ritmis. Dengan begitu, perpaduan antara alat musik ritmis dengan alat musik melodis bisa menjadikan satu kesatuan musik yang sangat keren.

Menandai Pergantian Gerak Dalam Koreografi

Selain itu, alat musik ritmis ini juga nantinya akan bisa digunakan sebagai penanda gerakan di dalam koreografi ya. Biasanya kan kalau kamu pernah melakukan sebuah tarian, maka kamu akan tahu ya kalau pergantian gerakan itu akan ditandai dengan musik yang seperti apa. Bisa saja gerakannya itu ditandai dengan ketukan gendang atau lainya.

Bahkan ketukan dalam tarian juga bisa diukur melalui alat musik ritmis ini lho ya. Seperti saja ketukan dari alat musik ritmis ini cepat, maka gerakan tarian yang sedang dijalankan juga ini menjadi lebih cepat, ya. Sangat membantu bagi pembuat koreografi ya musik ritmis ini.

Digunakan Sebagai Penentu Tempo

Di dalam sebuah lagu juga kan nantinya ada yang namanya tempo ya. Nah, tempo yang ada ini juga bisa dihasilkan dari alat musik ritmis ini lho ya. Jadi, kalau kamu ingin membuat musik kamu menjadi lebih harmonis, maka kamu bisa gunakan alat musik ritmis ini ya.

Seperti yang sudah disampaikan di atas tadi, kalau misalkan untuk menciptakan musik harus ada keharmonisan. Supaya pendengar dari musiknya tersebut juga lebih enak dan tidak membuat telinga sakit, ya. Maka dari itu, peran dari alat musik ritmis ini sangat-sangat bisa membantu kok, ya.

Penanda Bagian-Bagian Lagu

Tidak hanya berfungsi seperti yang sudah dijelaskan di atas saja, ya tetapi juga nantinya akan bisa digunakan sebagai penanda bagian lagu. Kamu tahu kan kalau di dalam lagu itu ada yang namanya bagian-bagian, seperti intro, reff, verse dan lainnya. Nah, di bagian-bagian tersebut bisa ditandai pergantiannya dengan alat musik ritmis lho ya.

Seperti saja kalau kamu ingin mengganti bagian lagu dari intro menjadi reff, nantinya alat musik ritmis akan bisa dimainkan sebagai tanda pergantiannya. Sangat banyak kan ya fungsi yang dimiliki dari alat musik ritmis ini, maka dari itu bisa dibilang keberadaannya cukup penting.

Beberapa Contoh Alat Musik Ritmis Dan Cara Memakainya

Kalau tadi kamu sudah mengetahui tentang pengertian dan juga fungsi dari alat musiknya maka sekarang kamu bisa mengetahui tentang bentuk alat musiknya. Contoh alat musik ritmis ini akan kami berikan lho ya disini. Nantinya kamu akan bisa langsung menemukan beberapa contohnya.

Contoh alat musik ritmis yang kami berikan di bawah ini adalah contoh yang modern dan juga tradisional ya. Jadi, ada semua di dalam artikel . kali ini. Maka dari itu, kamu bisa simak saja apa contoh alat musiknya ini. Langsung saja simak yuk contohya ini.

Download contoh alat musik ritmis bentuk docx –> Download Disini

Tifa

contoh-alat-musik-ritmis

Alat musik yang pertama ini adalah alat musik bernama Tifa, dimana alat musik yang satu ini asalnya dari Papua. Tidak hanya papua saja sih ya tetapi juga alat musik satu ini berasal dari Indonesia bagian timur, seperti Maluku. Tifa merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Bentuk Tifa ini sama seperti gandeng namun memiliki ukuran yang lebih panjang.

Gong

Gong

Alat musik ritmis tradisional yang lainnya ini adalah Gong, dimana alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Gong terbuat dari leburan logam yang menghasilkan suara nyaring jika dipukul. Biasanya gong ini digunakan sebagai musik pengiring untuk tarian-tarian tradisional ya.

Drum

Drum

Kalau yang kali ini adalah alat musik ritmis modern bernama Drum. Alat musik satu ini bentuknya bukan tunggal melainkan berbentuk satu paket alat musik yang setiap drumnya memiliki bunyi yang berbeda. Cara memainkan Drum ini adalah dengan dipukul menggunakan stick yang biasanya terbuat dari bahan kayu.

Kendang

Kendang

Alat musik bernama Kendang ini merupakan alat musik yang sudah sangat terkenal di negara Indonesia. Untuk menggunakan Kendang nantinya kamu bisa memukul bagian tengahnya yang mana terbuat dari kulit kambing dan juga kulit kerbau. Kendang ini berbentuk silinder yang terbuat dari kayu ya. Biasanya alat musik satu ini digunakan untuk mengiringi pertunjukan tradisional, seperti wayang dan lainnya.

Jimbe

Jimbe

Jimbe merupakan alat musik tradisional yang asal aslinya bukan dari negara Indonesia lho ya. Alat musik yang satu ini merupakan salah satu alat musik yang berbentuk seperti kendang ya. Tetapi cara memainkan Jimbe ini dengan cara ditabuh gitu di bagian atasnya yang berasal dari kulit binatang yang sudah dikeringkan.

Triangle

Triangle

Contoh alat musik ritmis yang terakhir ini adalah alat musik yang bernama Triangle. Alat musik yang satu ini masuknya ke alat musik modern lho ya. Dimana memiliki bentuk segitiga dan cara memainkannya adalah dengan dipukul menggunakan stik khususnya.

Recommended Posts