Dengan bermain alat musik, pastinya kamu akan merasa senang dan juga bisa dijadikan hiburan, ya. Namun, apakah kamu sudah mengetahui apa saja contoh alat musik melodis ini? Jika kamu belum mengetahuinya kamu bisa simak pembahasan yang akan . berikan disini.

Bermain alat musik, sudah menjadi kegemaran banyak orang ya sekarang ini. Terutama bagi kamu yang memang memiliki hobi bermain musik. Pastinya musik ini dijadikan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mencari hiburan juga. Banyak juga lho orang-orang yang memang cara merefresh pikirannya dengan bermain musik.

Tidak hanya itu saja, di sekolah kamu nantinya akan belajar memainkan musik. Dengan begitu, kamu akan bisa mengambil dasar-dasarnya ya. Kalau memang itu adalah kesukaan kamu, maka nantinya kamu bisa melanjutkan pembelajarannya tersebut. Nah, untuk dasarnya, ya kamu harus tahu dahulu apa saja alat musik melodis ini.

Kalau kamu sudah mengetahuinya kan nanti akan jadi lebih enak ya untuk bermainnya ini. Maka dari itu, sekarang ini . akan sampaikan ke kamu beberapa hal yang penting dan bisa kamu ketahui mengenai contoh alat musik melodis. Langsung kita masuk ke dalam pembahasannya saja yuk.

Apa Sih Alat Musik Melodis Itu?

contoh-alat-musik-melodis

Untuk kamu yang memang belum mengetahui mengenai alat musik ini, maka kamu harus mengetahuinya dahulu. Kan memang ya untuk melakukan atau menggunakan alat musik kamu harus mengetahui apa saja hal-hal yang ada di dalam alat musiknya. Oleh karena itu, kamu harus simak dan lihat pembahasannya.

Apa sih yang pertama kali kamu pikirkan saat mendengar alat musik melodis ini? Apakah kamu langsung berpikir tentang alat musik yang menghasilkan melodi? Kalau memang kamu berpikiran seperti itu, berarti sudah benar. Namun, untuk lebih jelasnya kami akan sampaikan ke kamu beberapa halnya tersebut. Oke?

Jadi, alat musik melodis ini merupakan alat musik yang jika dimainkan bisa menghasilkan nada-nada atau melodi gitu. Tentunya alat musik melodi ini tidak bisa disamakan dengan alat musik ritmis. Kalau alat musik ritmis kan merupakan alat musik yang tidak bisa menghasilkan nada, ya.

Dengan menggunakan alat musik melodis ini nantinya kamu akan bisa menciptakan dan juga menghasilkan nada-nada yang merdu gitu. Jika menggunakan alat musik yang satu ini juga nantinya kamu akan bisa langsung lho ya menggunakan beberapa hal yang memang sudah ditentukan.

Kalau di dalam alat musik melodis ini nantinya kamu akan bisa menemukan alat-alat tambahan atau terdapat fitur khusus gitu di dalam alat musiknya ini. Seperti saja di piano, nantinya ada tombol-tombol yang akan bisa digunakan. Oleh karena itu, kalau alat musik melodis ini tidak bisa dimainkan oleh semua orang.

Nantinya kamu akan bisa memainkan alat musik ini melalui latihan-latihan khusus gitu. Selain itu, nantinya kamu juga akan bisa mendapatkan beberapa pengetahuan terkait dengan alat musiknya ini. Alat musik melodis yang satu ini juga nantinya akan bisa dimainkan dengan berbagai cara lho ya. Oya, nada yang memang dihasilkan dari alat musik ini bisa nada tinggi atau rendah juga lho ya. Ingin mencobanya kan?

Beberapa Fungsi Dalam Penggunaan Alat Musik Melodis

contoh-alat-musik-melodis

Untuk kamu yang memang ingin sekali menggunakan alat musik melodis, maka kali ini kami akan sampaikan ke kamu beberapa fungsi yang ada di dalam alat musik melodis ini. Karena kan memang ya untuk penggunaan suatu barang atau suatu alat gitu, pastinya nanti akan memberikan fungsi.

Dengan fungsi-fungsi yang diberikan ini, nantinya kamu akan bisa mendapatkan beberapa hal yang menguntungkan. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan bisa dimudahkan untuk melakukan beberapa halnya. Bisa dibidang apa saja lho ya. Tidak hanya dibidang pendidikan, tetapi juga bisa jadi di bidang kesehatan.

Kamu juga tahu tidak sih, kalau di dalam alat musik melodis ini nantinya kamu akan mendapatkan beberapa hal yang bisa menjadi lebih indah suatu karya seni gitu? Nah, untuk mengetahui fungsi dari alat musik melodis ini, maka nantinya kamu harus menyimak pembahasannya.

Di bawah ini kami akan menyampaikannya ke kamu, ya. Jadi, buat kamu yang penasaran dan memang ingin mempelajarinya, bisa simak langsung yuk. Jangan kamu lewatkan deh ya pembahasan yang sudah disiapkan khusus untuk kamu di bawah ini. Oke?

Bisa Digunakan Sebagai Instrumen Tunggal

Hal pertama yang menjadi fungsi dari alat musik melodis ini adalah bisa digunakan sebagai instrumen tunggal. Kan memang ya dalam penggunaan alat musik dan supaya bisa menciptakan nada-nada yang indah dan juga kompleks nantinya harus menggunakan alat musik melodis dan juga alat musik ritmis gitu.

Iya, jadi dikombinasikan menjadi satu kan ya? Namun, jangan salah lho ya, berbeda dengan alat musik ritmis yang nantinya hanya bisa dimainkan ketika digabungkan dengan alat musik melodis. Nah, kalau alat musik melodis ini nantinya akan bisa dimainkan sendiri juga lho ya. Jadi, tidak masalah bisa digunakan sebagai instrumen tunggal juga.

Digunakan Untuk Pengiring Tari dan Pengiring Musik

Alat musik melodis ini juga nantinya akan bisa digunakan dalam hal-hal yang mengiringi lho ya. Seperti saja contoh, alat musik yang bisa digunakan untuk mengiringi tarian atau hal lainnya gitu. Yap, alat musik jenis satu ini juga nantinya akan bisa digunakan untuk menjadi pengiring gitu. Mau kamu menggunakannya di jenis yang modern atau yang kontemporer juga bisa.

Jadi, kalau menggunakan alat musik modern ini sebagai pengiring tari, nantinya akan bisa digunakan sebagai penentu gerakannya. Dengan mengandalkan nada tinggi dan rendah yang diberikan, nantinya nada yang dihasilkan bisa digunakan untuk gerakan. Selain itu, bisa digunakan juga untuk pengiring musik yang dimana akan lebih menghasilkan nada yang harmonis dan enak didengar, ya.

Dimanfaatkan Untuk Media Terapi

Alat musik melodis ini nantinya akan bisa kamu gunakan dan dimanfaat untuk media terapi. Pasalnya ya dengan memainkan musik, nantinya kamu akan bisa melampiaskan beberapa hal yang ingin kamu lampiaskan. Bisa melampiaskan perasaan marah, sedih dan juga senang. Karena dengan musik kamu juga bisa langsung mengekpresikannya ya.

Selain itu, alat musik juga bisa menurunkan kadar kortisol. Yap, menurut para ahli, bermain alat musik bisa membantu dan juga meningkatkan kesehatan mental yang dimiliki. Alat musik ini juga, nantinya akan bisa dimanfaatkan untuk melakukan beberapa hal yang melepaskan depresi gitu lho ya. Jadi, nantinya kamu akan bisa menggunakan alat musik sebagai media terapi kesehatan mental yang dimiliki lho ya.

Bisa Menjadi Media Pembelajaran Yang Menarik

Bermain alat musik juga nantinya akan bisa dilakukan untuk media pembelajaran. Apalagi untuk anak-anak ya bermain musik ini bisa meningkatkan kemampuan kognitif lho ya. Oleh karena itu, di dalam sekolah juga nantinya akan ditemukan pembelajaran yang dilakukan dengan bermain musik gitu, seperti bermain gitar dan juga hal lainnya.

Untuk melakukan permainan musik, nantinya anak-anak bisa lebih mengeksplor dirinya lho ya. Jadi, kalau kamu bermain musik, kamu juga akan bisa langsung belajar berbagai hal baru. Ya itu tadi, kamu akan bisa mengekspresikan berbagai perasaan yang sedang kamu rasakan. Maka dari itu, nantinya kamu akan bisa langsung memainkan musiknya ini dan menjadi salah satu media pembelajaran menarik.

Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Lainnya

Memang ya bermain musik ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Baik itu kesehatan dalam pernapasan, otak, dan juga meningkatkan sistem koordinasi. Yap, dengan bermain alat musik, kamu nantinya bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Itu memang bergantung dengan alat musik yang kita mainkan dan kita pelajari ya.

Seperti saja, kalau kamu bermain alat musik melodis seperti suling, nantinya akan melatih dan meningkatkan kinerja pernapasan kamu. Selain itu, nantinya ketika kamu bermain piano, kamu akan bisa meningkatkan kinerja otak kamu ya. Dengan bermain piano, kamu akan melatih koordinasi kamu seperti menggunakan mata atau hal mengingat nada-nada yang diperlukan nantinya. Begitu, ya.

Beberapa Contoh Alat Musik Melodis Yang Bisa Digunakan

Sudah mengetahui pengertian dari alat musik melodis ini kan? Nah, sekarang ini, kamu memerlukan banyak sekali contoh-contoh untuk alat musik melodisnya ini. Kan mungkin saja ya kamu masih merasa bingung dengan alat musik yang tergolong ke dalam alat musik melodis ini.

Maka dari itu, disini kami akan sampaikan ke kamu beberapa contoh alat musik melodis yang bisa kamu mainkan dengan mudah. Oya, antara alat musik yang satu dan alat musik lainnya nanti cara memainkannya berbeda lho ya. Ingin tahu kan pastinya? Kalau begitu simak langsung saja ya.

Download contoh alat musik melodis bentuk docx –> Download Disini

Piano

contoh-alat-musik-melodis

Piano adalah alat musik yang dimainkannya dengan cara ditekan. Nantinya kalau kamu bermain piano, kamu akan menekan banyak tuts yang tersedia. Dengan tuts atau tombol-tombol yang ada di dalam piano inilah nantinya kamu akan bisa memainkan dan membunyikan pianonya.

Angklung

Angklung

Kedua, alat musik yang bisa dimainkan dan termasuk ke dalam alat musik melodis ini adalah angklung. Dimana angklung ini adalah alat musik yang terbuat dari bambu dan asalnya dari jawa barat. Dalam memainkan angklung kamu harus menggoyangkannya dan nantinya akan menghasilkan melodi atau nada yang indah, ya.

Kolintang

Kolintang

Kamu sudah tahu kolintang? Kalau kamu belum mengetahuinya maka kolintang ini adalah alat musik yang dimainkannya dengan cara dipukul. Nantinya kamu akan bisa memukul kolintang dengan bantuan stik gitu. Bentuk kolintang ini adalah bilah-bilahan bambu yang tersusun di atas rak gitu.

Saksofon

Saksofon

Saksofon ini merupakan alat musik yang dimainkannya dengan cara ditiup. Alat musik Saksofon adalah alat musik yang memiliki bentuk mirip dengan terompet lho ya. Namun, di dalam saksofon nantinya kamu akan bisa menemukan tombol-tombol yang digunakan untuk mengatur suara.

Kecapi

Kecapi

Alat musik yang selanjutnya adalah kecapi yang mana di dalam alat musik satu ini akan bisa dimainkan dengan menggunakan cara dipetik. Kecapi ini merupakan alat musik yang biasanya digunakan sebagai pengiring untuk orkes sunda lho ya.

Biola

Biola

Alat musik yang terakhir ini adalah biola, dimana di dalam alat musiknya terdapat beberapa hal yang memudahkan pengguna. Nantinya kamu akan bisa memainkan biola ini dengan cara digesek ya.

Itulah tadi beberapa contoh alat musik melodis yang bisa kami rangkum, dan kita cukupkan pembahasannya sampai disini dulu ya, untuk kelanjutanya bisa cek di ayovaksindinkedkdi.id ya

Recommended Posts