Seiring berjalan waktu teknologi semakin berkembang, perlindungan ceramic coating juga sudah canggih dan lebih kuat, membuat proteksi kendaraan jadi maksimal.

Nah, PDV Detailing ternyata punya jenis ceramic coating baru yang diklaim lebih kuat nih, namanya Kuro Coating dari produk Tevo.

“Beberapa kelebihannya, ini berbahan dasar graphene. Jadi kekerasannya biasanya itu 9H, kalau ini 10H sehingga lebih tahan dari goresan halus, dan ketahanannya lebih lama, selama perawatannya benar,” jelas Andri selaku punggawa PDV Detailing.

Karakternya juga sedikit berbeda dari ceramic coating biasanya, karena cairannya sedikit berwarna hitam. Sehingga untuk warna gelap, hasilnya bisa lebih keluar warnanya.

Tapi tidak menutup kemungkinan diaplikasikan ke warna cerah seperti putih. “Bisa di semua warna kok, tapi kalau misal di warna putih atau cerah akan ada sedikit perbedaan. Mungkin kalau disandingkan akan terlihat, namun kalau sudah diaplikasikan keseluruhan tidak terlihat bedanya,” ujar pria penggeber Civic Estilo warna Laguna Seca itu.

Contoh efek daun talas setelah coating.

Namun memang hasil coating Kuro tidak selicin ceramic yang kita tahu, karena tidak oil based. Tapi tidak usah khawatir, sebab kemampuan efek daun talasnya jauh lebih baik ketimbang coating 9H.

Soal ketahanan jika pemakaian dan perawatannya benar, hingga 5 tahun masih awet. Sementara harga, banderolnya dimulai sekitar Rp 6 jutaan untuk mobil kecil dan pengaplikasiannya 2 layer.

Recommended Posts