Cek Tagihan BPJS – Untuk kamu pengguna BPJS Kesehatan non PBI, maka nantinya kamu harus melakukan pembayaran iurannya untuk setiap bulan kan ya. Nah, supaya kamu tidak terlewat untuk melakukan pembayarannya, nanti kamu akan bisa melakukan cek tagihan BPJS dengan mudah. Kamu ingin tahu tutorial nya?

Kalau kamu ingin melakukan pengecekkan BPJS ini memang nantinya harus melakukannya di setiap bulan, ya. Karena ya memang kewajiban untuk melakukan pembayarannya setiap bulan, ya. Nah, sekarang ini untuk melakukan pengecekkannya mudah saja pasalnya sudah banyak alat-alat yang akan membantu kamu.

Yap, benar sekali kamu bisa melakukan pengecekkannya secara online lho ya. Baik menggunakan aplikasi atau menggunakan situs-situs gitu. Memang sih ya kemajuan teknologi ini sudah tidak bisa kita hidari lagi. Karena ya semakin hari akan semakin banyak juga hal-hal kerennya itu.

Namun memang, terkadang kita masih merasa kurang paham ya dengan aplikasinya atau situs yang kita butuhkan. Contohnya saja cara untuk melakukan Cek Tagihan BPJS ini. Pastinya masih banyak yang belum tahu kan? Oke deh, jika memang seperti itu, kami akan menyampaikan ke kamu pembahasannya. Yuk.

Tutorial Cek Tagihan BPJS Online Tahun Ini Tanpa Ribet dan Gratis

Sebelum masuk ke cara Cek Tagihan BPJS yang akan bisa dilakukan untuk mengecek BPJS ini, kamu harus tahu dahulu lho ya tentang BPJS ini sendiri. Ingin mengetahuinya kan? . akan berikan ke kamu pembahasannya di bawah ini lho ya. Jangan sampai ketinggalan.

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ini adalah suatu lembaga yang menjamin kesehatan dan ketenagakerjaan di negara Indonesia. Nah, untuk BPJS kesehatan, nantinya kamu akan diminta untuk melakukan pembayarannya setiap bulan, ya. Pembayaran yang dilakukan itu nantinya akan bisa digunakan sewaktu-waktu kamu mengalami sakit atau lainnya.

Jadi, kesehatan bagi pengguna BPJS ini sudah ditanggung lho ya oleh badan penyelenggaranya tersebut. Dalam proses pembayaran BPJS ini, nantinya kamu akan diminta untuk membayarnya secara tepat waktu. Kalau biasanya nih ya untuk melakukan pembayarannya akan diberi masa tenggang gitu lho.

Jadi, kamu akan diberi waktu dari tanggal sekian hingga tanggal sekian gitu. Namun, terkadang kita sebagai orang yang memiliki banyak aktivitas gitu, kita akan sering mengalami lupa ya. Terkadang sering juga terlewat masa pembayaran BPJS-nya. Kan kalau bulan ini kita terlewat akan menjadi double ya bulan depannya nanti.

Nah, supaya kamu tidak terlewat, maka ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu pembayaran BPJS ini. Pasalnya kalau kamu sudah melakukan pengecekkan nantinya bisa langsung melakukan pembayaran tepat waktu dan tidak terlewat lagi deh. Bukan kah begitu?

Jikalau kamu masih belum tahu bagaimana cara Cek Tagihan BPJS untuk melakukan pengecekkan pembayaran atau tagihan dari BPJS ini, maka kami akan sampaikan ke kamu pembahasannya. Jadi, supaya kamu bisa mengetahui beberapa hal yang kerennya, di bawah ini kami akan menyampaikan ke kamu cara-caranya.

Ada banyak sekali lho cara yang bisa kamu lakukannya. Seperti melalui aplikasi,situs resmi bahkan kamu bisa mengecek melalui WhatsApp. Oke, kalau memang seperti itu, langsung saja kita masuk ke pembahasan mengenai cara-cara yang ada di bawah ini.

Gunakan Aplikasi Cek Tagihan BPJS Di HP

cek-tagihan-bpjs

Cara Cek Tagihan BPJS yang pertama ini, kamu nantinya akan bisa melakukan pengecekkannya melalui aplikasi. Yap, aplikasi yang satu ini nantinya akan bisa digunakan dengan sangat mudah lho ya. Kalau melakukan pengecekkannya ini mudah sekali. Kamu nantinya harus melakukan download aplikasinya terlebih dahulu lho ya.

Kalau sudah melakukan download di dalam aplikasinya ini nantinya kamu akan bisa langsung mengakses aplikasinya dengan mudah. Iya, sama halnya seperti melakukan pengaksesan untuk pembayaran listrik dan lainnya. Aplikasi yang satu ini akan bisa digunakan untuk melakukan pengecekkannya dengan mudah. Simak langkah-langkahnya, ya.

  1. Kamu bisa langsung saja download aplikasi JKN di Google Play Store dan App Store yang ada di perangkat kamu. Tentunya untuk melakukan pembayarannya ini secara gratis.
  2. Kalau sudah terdownload dengan sempurna, kamu akan bisa langsung melakukan registrasi di awal aplikasinya, ya.
  3. Selanjutnya, kamu akan bisa melakukan login ke dalam aplikasinya, ya.
  4. Nantinya kamu bisa langsung masuk ke halaman utama pilih menu tagihan ya.
  5. Kemudian, kamu klik Premi.
  6. Akan muncul banyak sekali informasi yang akan diberikan dari aplikasinya ini. Kamu bisa lihat saja semua informasinya.

Cek Tagihan BPJS Perusahaan Menggunakan Situs Resmi BPJS

cek-tagihan-bpjs

Tidak hanya menggunakan aplikasinya ini, maka nantinya kamu akan bisa menggunakan situs Cek Tagihan BPJS. Kan kalau kamu melalui situs gitu, nantinya kamu tidak perlu mendownload aplikasinya gitu. Jika kamu merupakan orang yang memang malas mendownload aplikasi gitu, maka kamu bisa menggunakan situs gitu.

Apalagi kalau kamu menggunakan perangkat yang sudah kepenuhan gitu, ya memori perangkatnya. Jadi, terkadang kalau ingin melakukan download aplikasi gitu tidak cukup ya memorinya ini. Nah, untuk kamu yang memang ingin melakukan pengecekkannya ya kamu bisa melalui situs saja.

Akan sama saja kok cara-cara yang akan bisa dilakukannya ini. Jadi, kalau kamu ingin melakukan pengecekkannya dan belum tahu menggunakan situs apa dan bagaimana caranya, maka simak saja langsung pembahasan yang ada di bawah ini, ya. Simak langsung caranya, oke?

  1. Kamu bisa langsung akses aja Browser yang ada di dalam perangkat kamu.
  2. Langsung saja kamu masuk ke dalam situs https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ untuk melakukan pengecekkannya.
  3. Di halaman utama situs BPJS ini, kamu akan bisa langsung saja klik Cek Iuran BPJS Kesehatan yang ada.
  4. Kamu akan langsung diminta untuk memasukkan nomor kartu BPJS yang ada. Nomor tersebut terdapat 13 digit.
  5. Kemudian, kamu bisa langsung memasukkan tanggal lahir, ya di dalam kolom yang tersedia.
  6. Kamu bisa tuliskan juga angka validasi yang sudah disediakan.
  7. Selanjutnya kamu bisa klik tombol Cek ya.
  8. Akan ditampilkan informasi tentang iuran BPJS yang kamu miliki. Berupa jumlah tagihan dan lain-lainnya di dalam informasinya tersebut.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Customer Service

cek-tagihan-bpjs

Nah, kalau kamu ingin Cek Tagihan BPJS secara langsung, kamu bisa lho ya melalui customer service. Namun, untuk melakukan pengecekkan melalui cs ini nantinya kamu harus mendatangi pelayanannya secara langsung lho ya. Kamu bisa datang saja ke layanan jemput bola BPJS.

Biasanya layanan jemput bola ini berbentuk mobil yang berkeliling ke tempat-tempat tertentu gitu lho, ya. Layanan yang satu ini akan biasa disebut dengan Mobile Customer Service (MCS). Nah, untuk kamu yang memang belum mengetahui bagaimana caranya, di bawah ini kami akan berikan ke kamu informasinya.

  1. Kamu bisa langsung datang dan kunjungi Mobile Customer Service (MCS) dari BPJS yang ada di daerah tempat tinggal kamu.
  2. Ketika sudah di tempat, kamu bisa langsung bertanya kepada petugas tentang tagihan pembayaran BPJS kamu.
  3. Nantinya petugas akan langsung memberikan informasinya ke kamu deh.
  4. Selesai.

Cek BPJS Online Lewat Aplikasi M-Banking

Cek-BPJS-Online-Lewat-Aplikasi-M-Banking

Seperti yang sudah kami sampaikan ke kamu, ya kalau di zaman yang sekarang ini sudah ada banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa kita temukan. Dari yang tadinya kita harus melakukan pembayaran secara offline dan datang ke tempatnya langsung gitu, sampai kita hanya bisa menggunakan aplikasinya gitu.

Salah satunya ya ini, aplikasi m-banking dimana kamu akan bisa melakukan transfer uang tanpa harus pergi ke ATM gitu, lho ya. Untuk melakukan pengecekannya ini juga sangat mudah kok. Bagaimana, apakah kamu ingin mengetahuinya? Kali ini . akan berikan ke kamu cara Cek Tagihan BPJS yang bisa dilakukan dengan m-banking BCA dan Mandiri, ya.

Cek Tunggakan BPJS Kesehatan Melalui BCA Mobile

Kalau kamu merupakan pengguna dari BCA, maka nantinya kamu akan bisa melakukan Cek Tagihan BPJS dengan menggunakan aplikasi banking yang satu ini. Cara-cara yang akan bisa kamu lakukan sangat mudah lho ya tentunya. Nantinya kamu akan bisa melakukan banyak hal dengan aplikasinya ini secara mudah gitu.

Kamu masih bingung kan dengan cara yang akan bisa dilakukan nantinya? Tidak perlu kebingungan ya karena disini kami akan berikan ke kamu pembahasannya supaya kamu bisa mengetahuinya dengan benar dan juga mudah. Langsung saja ke langkah-langkah yang akan bisa dilakukan, ya.

  1. Kamu bisa akses aplikasi BCA Mobile dengan menggunakan perangkat handphone kamu.
  2. Di dalam halaman utamanya, kamu bisa langsung klik saja m-payment.
  3. Kemudian, kamu bisa memilih di BPJS dengan mudah.
  4. Kamu bisa memilih lagi yang BPJS Kesehatan.
  5. Setelah itu, kamu akan diberikan pilihan dan klik Input No. Bayar.
  6. Kalau sudah, kamu bisa menuliskan nomor JKN KIS BPJS Kesehatan yang sudah kamu miliki.
  7. Sesudah selesai menuliskan nomornya, kamu bisa klik OK kalau sudah kamu klik Send.
  8. Selesai, kamu akan diberikan informasi berupa tagihan dari BPJS yang kamu miliki.

Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan BPU Dengan Livin By Mandiri

Setelah BCA Mobile, kamu juga nantinya bisa melakukan pengecekkan menggunakan aplikasi Livin By Mandiri lho ya. Untuk menggunakan aplikasi yang satu ini tentunya sangat mudah ya dalam melakukan pengecekkannya gitu. Karena ya memang cara-cara Cek Tagihan BPJS yang bisa kamu lakukan sesederhana itu.

Bahkan ya kalau bisa dibilang juga, untuk melakukan pengecekkannya ini lebih mudah dan simple lho ya dari Mandiri. Untuk itu, kalau kamu ingin melakukan pengecekannya dan belum tahu untuk cara-caranya, kami akan sampaikan ke kamu di bawah ini ya. Ada beberapa hal yang memudahkan dan bisa kamu lakukan deh, ya. Simak langsung saja.

  1. Kamu buka aplikasinya dan lakukan Login ke dalam aplikasinya.
  2. Kemudian, di dalam halaman utama kamu akan memilih yang Bayar > Asuransi > BPJS Kesehatan yang ada, ya.
  3. Kamu bisa langsung mengisi nomor virtual account yang kamu miliki dan nomor BPJS yang kamu punya juga, ya.
  4. Langsung muncul deh semua informasi tentang pembayaran BPJS yang kamu miliki dalam aplikasinya ini.

Cek Pembayaran Tagihan BPJS Kesehatan Penerima Upah Lewat SMS

Cek-Pembayaran-Tagihan-BPJS-Lewat-SMS

Kalau kamu tidak ingin ribet-ribet lagi dalam Cek Tagihan BPJS ini, maka nantinya kamu akan bisa langsung melakukan pengecekannya dengan menggunakan SMS lho ya. Kan mudah saja sih ya untuk melakukan pengecekkan lewat SMS ini. Kami rasa semua akan bisa melakukannya kan.

Nah, kalau kamu memang tertarik dan ingin mengetahui bagaimana cara untuk melakukan pengecekkan BPJS melalui online dengan menggunakan SMS, maka di bawah ini kami akan berikan ke kamu beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengeceknya, ya. Langsung saja simak yuk caranya.

  1. Kamu bisa memilih fitur perpesanan di dalam perangkat yang kamu gunakan.
  2. Kalau sudah, kamu bisa mengklik icon tambah (+) di dalam fiturnya ini.
  3. Setelah itu, kamu bisa langsung saja melakukan penulisan pesan dengan menggunakan format NOKA (spasi) nomor BPJS Kesehatan yang kamu miliki.
  4. Kirim SMS tersebut ke nomor 0877-7850-0400.
  5. Nanti kamu akan mendapatkan balasan berupa jumlah tagihan dan hal lainnya mengenai BPJS kesehatan yang kamu miliki.

Cara Cek Tagihan BPJS Lewat WA Tanpa Berbayar

Cara-Cek-Tagihan-BPJS-Lewat-WA-Tanpa-Berbayar

Selain melalui SMS kamu juga bisa lho melakukan Cek Tagihan BPJS-nya dengan aplikasi WhatsApp. Pastinya semua orang juga tau dong ya aplikasi WhatsApp. Aplikasi penyedia chatting yang memang sudah banyak digunakan dan dimainkan oleh orang-orang. Nah, untuk melakukan pengecekkannya akan bisa dilakukan dengan mudah lho.

Kamu nantinya akan melakukan chatting dengan CHIKA yang merupakan Chat Assistant JKN. Kamu nantinya akan bisa melakukan chat dengan menggunakan nomor 08118750400, ya. Untuk melakukan chatting dengan CHIKA dan mengetahui tagihannya adalah sebagai berikut.

  1. Kamu bisa langsung buka aplikasi WhatsApp kamu.
  2. Bisa kirim pesan apapun seperti salam pembuka Selamat Siang kepada CHIKA dengan nomor 08118750400 ini.
  3. Setelah itu, pesan yang kamu kirim tadi akan langsung direspon secara otomatis dalam kontak chatting CHIKA ini.
  4. Ketika sudah selesai, kamu akan bisa langsung mengecek dengan ketik angka 2 yang mana pilihan untuk Cek Tagihan Iuran.
  5. Kamu bisa langsung membalasnya lagi dengan memberikan nomor kartu BPJS atau bisa juga masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan).
  6. Kemudian, kamu bisa ketikkan tanggal lahir dengan menuliskan format year – month – date.
  7. Nanti CHIKA akan memberikan balasan berupa informasi tentang iuran BPJS yang kamu miliki ya.
  8. Selesai.

Cek Tagihan BPJS Mandiri Lewat E-Wallet

Cek-Tagihan-Pembayaran-BPJS-Lewat-E-Wallet

Kalau kamu ingin melakukan pengecekkan pembayaran dengan cara yang lainnya juga bisa lho ya. Nantinya kamu akan bisa melakukan pembayaran melalui e-wallet ya. Kamu bisa lho melakukan Cek Tagihan BPJS melalui e-wallet apa saja. Mau kamu menggunakan DANA, Gopay, OVO atau lainnya juga bisa.

Namun, kali ini kami akan berikan ke kamu langkah-langkah yang nantinya akan bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekkannya melalui OVO, ya. Dalam melakukan pengecekkannya ini juga sangat mudah dan sederhana lho. Kamu tidak akan merasa kesulitan dalam bentuk apapun deh ya dalam aplikasinya ini mah.

Untuk itu, di bawah ini kami akan berikan ke kamu beberapa hal yang mana di bisa kamu lakukan untuk pengecekkan BPJS melalui salah satu e-wallet. Langsung saja ya kita simak langkah-langkah yang akan bisa kamu lakukan di bawah ini. Sangat mudah dan juga simple kok.

  1. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, maka kamu bisa langsung melakukan download aplikasi OVO di Google Play atau App Store, ya.
  2. Kalau sudah terdownload, kamu bisa langsung melakukan registrasi akun dengan mengikuti langkah-langkah yang ada, ya.
  3. Sudah selesai registrasi dan sudah memiliki akun, kamu bisa langsung login ke aplikasinya ya.
  4. Di halaman utama, kamu bisa langsung pilih yang menu Lainnya dan kamu memilih yang BPJS Kesehatan, ya.
  5. Kemudian, kamu bisa masukkan nomor BPJS Kesehatan dalam aplikasinya.
  6. Setelah itu, kamu memilih Bulan > Lanjut ke Pembayaran.
  7. Semua informasi Cek Tagihan BPJS akan langsung ditampilkan ke kamu deh.

Recommended Posts