Ingin tahu cara melacak paket JNE? Jangan khawatir, informasi mengenai nomor JNE dan cara cek resi JNE bisa Kamu temukan pada artikel di bawah ini.

Adanya jasa pengiriman barang atau cargo akan membantu para pengusaha, baik itu penusaha kecil ataupun pengusaha besar saat mengirimkan barangnya. Apalagi kini JNE merupakan salah satu jasa pengiriman yang dipercaya oleh banyak konsumen.

Sekarang kamu bisa dengan mudah menemukan JNE Regular Tracking dengan atau tanpa aplikasi. Kamu pasti sangat menantikan untuk menerima produk yang dipesan.

Dengan melakukan pengecekan nomor resi dan layanan paket lainnya akan membantu Kamu dalam melacak produk yang dikirim. Apa saja fasilitas tersebut dan bagaimana cara cek resi JNE untuk semua toko online? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Fungsi Nomor Resi JNE

Fungsi Nomor Resi JNE

Ketika Kamu membeli produk secara online, Kamu akan mendapatkan yang namanya nomor resi dari sang penjual. Nomor resi lah yang menjadi bukti bahwa proses pengiriman tengah dilakukan.

Untuk mengecek nomor resi JNE bisa dilihat pada resi pengiriman. Sehingga Kamu bisa mengetahui status pengiriman paket setelah menerima resi JNE dari layanan tersebut.

Resi JNE umumnya terdiri dari campuran 10-20 karakter huruf dan angka. Jika paket yang Kamu terima bukan pembelian online, Kamu bisa meminta nomor kode resi kepada pengirim.

Resi JNE berguna untuk melacak status pengiriman paket. Kamu bisa mengecek pelacakan JNE normal dan memeriksa paket JNE lainnya dengan nomor pelacakan.

Cara Mendapatkan Dan Melihat Nomor Resi JNE

Cara Mendapatkan Dan Melihat Nomor Resi JNE

Untuk mengecek kode resi JNE, lihat nomor di samping barcode pada slip packing. Kamu bisa menggunakan unique tracking number untuk melacak dan melihat status paket JNE.

Jika Kamu masih ragu bagian mana dari kode pengiriman tersebut, Kamu bisa menghubungi langsung ke pengirim atau delivery service melalui Customer Service dan kantor administrasi terdekat.

Untuk mengetahui nomor resi JNE yang akan diterima, Kamu bisa mendapatkan informasinya langsung dari pengirimnya. Letak resi JNE biasanya di bawah atau di atas tracking barcode yang ditempel di paket atau bukti pengiriman.

Kamu bisa mengecek sendiri nomor resi JNE dengan melihat nomor resi atau kode di samping barcode, atau bisa langsung bertanya ke pihak pengirim atau penjual. Nomor resi ini kemudian digunakan untuk melacak paket JNE.

Cara Cek Resi JNE Di Aplikasi Marketplace

Cara Cek Resi JNE Di Aplikasi Marketplace

Jika Kamu sering berbelanja menggunakan aplikasi seperti Shopee, Tokopedia, dan atau Lazada, Kamu bisa melacak resi JNE langsung di aplikasi tersebut.

Bahkan, Kamu tidak memerlukan nomor resi JNE karena status pengiriman sudah terupdate secara otomatis di pelacakan paket. Kamu juga bisa melihat nomor resi dengan membuka halaman Proof of Delivery.

Pada kolom No entry barang. Kemudian masukkan nomor resi di kolom Verify Receipt JNE. Selanjutnya, klik Lacak dan status pengiriman akan ditampilkan. Lihat pembahasan berikut untuk penjelasan detailnya.

Toko Online Shopee

Toko Online Shopee

Shopee merupakan salah satu marketplace yang telah bermitra dengan JNE Shipping Forwarding. Resi JNE Shopee bisa kamu cek langsung di aplikasi Shopee atau di website resminya.

Setelah berbelanja online di Shopee, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk melacak status pengiriman secara instan.

  • Buka aplikasi Shopee di perangkat yang Kamu gunakan.
  • Pastikan Kamu sudah masuk ke akun Shopee, lalu pilih menu Saya.
  • Kemudian klik ikon Terkirim di daftar Pesanan Saya.
  • Kemudian pilih pesanan yang ingin Kamu lacak dan langsung klik pesanan tersebut.
  • Dalam detail pesanan, klik Lacak.
  • Status pengiriman paket Kamu kemudian akan muncul. Kamu juga bisa menyalin nomor pelacakan dan resi JNE dari situs web resmi atau situs web lain untuk memastikan hasil yang akurat.

Cek Resi Di Tokopedia

Cek Resi Di Tokopedia

Banyak toko online shop yang kini menjalin kerja sama dengan JNE sebagai mitra pengiriman barang.

Jika Kamu sedang menunggu paket pembelian online melalui Tokopedia, Kamu bisa mengecek semua layanan paket JNE langsung di aplikasi. Berikut cara mudah cek resi JNE dengan aplikasi Tokopedia.

  • Buka aplikasi Tokopedia di perangkat yang Kamu gunakan.
  • Akses halaman Transaksi.
  • Pilih pesanan yang ingin Kamu lacak dan klik Detail Pesanan.
  • Kemudian klik Lihat Detail.
  • Selanjutnya layar akan menampilkan informasi status pengiriman, termasuk lokasi dan waktu pemrosesan.

Resi JNE di Lazada

Resi JNE di Lazada

Jika Kamu ingin melacak JNE, silakan cek resi Kamu setelah berbelanja di Lazada. Kamu bisa melacaknya secara langsung dengan fitur pengiriman yang tersedia.

Kamu bisa melihat paket JNE di aplikasi ini dengan melihat detail pesanan. Kamu bisa melacak paket di Lazada secara langsung dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi atau situs Lazada dan pastikan Kamu masuk ke akun Lazada
  • Kemudian akses menu Akun.
  • Kemudian klik ikon Pengiriman di kolom Pesanan Saya.
  • Pilih pesanan yang ingin Kamu lacak dan klik Lacak Paket.
  • Status pengiriman akan muncul dengan rincian waktu dan tempat serta nama kurir jika sudah dalam perjalanan untuk mengantarkan paket ke alamat penerima.

Cek Resi JNE Menggunakan Aplikasi

Jika Kamu sudah memiliki Aplikasi JNE, Kamu bisa melacak paket JNE REG, JNE Tracking, bahkan JNE Cargo. Namun, pastikan perangkat yang Kamu gunakan terhubung ke internet tanpa masalah. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi MyJNE di smartphone Kamu.
  • Silahkan login ke akun terlebih dahulu, kemudian akan muncul kolom Shipment Tracking.
  • Di kolom, masukkan nomor resi yang ingin Kamu lacak.
  • Kemudian klik Konfirmasi Penerimaan.
  • Aplikasi kemudian akan menampilkan informasi tentang status pengiriman saat ini.

Cek Resi Dari Situs Resmi JNE

Cek Resi Dari Situs Resmi JNE

Meski tidak memiliki aplikasi JNE, Kamu tetap bisa mengecek paket Kamu di website resmi atau website lain di Internet.

Caranya juga mudah, tapi pastikan dulu Kamu memiliki Nomor Resi JNE. Inilah langkah cara cek resi jne melalui website resminya.

  • Masuk ke website www.jne.co.id
  • Pada kolom Pelacakan Pengiriman yang muncul di halaman beranda, masukkan nomor resi JNE Kamu.
  • Kemudian klik Lacak.
  • Status pengiriman paket saat ini akan ditampilkan di layar.

Apakah Bisa Cek Resi JNE Menggunakan Nama?

Banyak orang sering bertanya, apakah bisa melacak paket JNE berdasarkan nama? Perhatikan bahwa Nomor Resi JNE berfungsi sebagai identitas pengiriman dan sebagai alat untuk memantau status pengiriman suatu paket.

Jadi Kamu tidak bisa mengontrol JNE dengan nama karena nama itu bukan nomor atau identitas unik untuk melacak paket.

Resi JNE harus menggunakan nomor yang diberikan oleh petugas pengiriman. Untuk melihat Nomor Resi JNE, dibutuhkan berupa rangkaian angka atau bisa juga kombinasi angka.

Biasanya juga ada barcode yang bisa di-scan menggunakan alat scan untuk langsung melihat status kiriman. Kemudian nama pengirim dan penerima akan muncul saat mengecek resi JNE.

Jika Kamu kehilangan nomor Resi JNE, Kamu bisa menghubungi customer service untuk mendapatkan solusi terbaik. Bahkan resi JNE juga bisa kamu cek melalui nomor WhatsApp resmi jasa pengiriman JNE.

Recommended Posts