Cek NISN Dengan Nama – Cara paling mudah untuk melihat berapa kode nomor induk siswa nasional secara online maka gunakanlah cara cek NISN dengan nama yang akan admin jelaskan di bawah ini.

Ada beberapa tutorial cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui berapa sebenarnya nomor induk siswa nasional kalian. Apakah setiap orang pasti memiliki NISN ini? Jawabannya adalah iya semenjak diadakannya program NISN ini.

NISN merupakan identitas untuk seluruh siswa yang ada di Indonesia dan banyak juga kegunaan dari NISN ini. Setiap pelajar pasti tidak asing dengan nomor unik tersebut dan kalau kamu ingin mencari tahu berapa nomor induk siswa nasional milikmu.

Langsung saja simak langkah-langkah cek NISN dengan nama secara online melalui cara di bawah ini. Ikuti terus pembahasan dari artikel . karena disini banyak informasi bermanfaat yang bisa kamu temui.

Bagaimana Cara Mendapatkan NISN?

cara-mendapatkan-nisn

Semua masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya NISN? NISN merupakan nomor induk siswa nasional yang pasti dimiliki oleh setiap siswa sejak sekolah dasar.

Apakah kalau mau mendaftar NISN ini ada persyaratan yang harus dilengkapi terlebih dahulu? NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional yang terdiri dari beberapa angka unik ini. Bisa langsung didapatkan oleh semua siswa sekolah di semua tingkatan jenjang.

Dengan arti lain, kamu tidak perlu menyiapkan berkas apapun untuk mendapatkan NISN. Mungkin yang dibutuhkan adalah berkas untuk pendaftaran sekolah dan sisanya ya melengkapi saja. Begitu kamu sudah terdaftar di suatu sekolah dan datamu sudah masuk ke Kemendikbud.

Maka dengan sendirinya kamu akan mendapatkan kode unik yang di dalamnya terdapat makna tersendiri. Tiap siswa pastinya memiliki nomor yang berbeda dan tidak perlu kamu pertanyakan kira-kira apa ya makna dari tiap angka tersebut.

Intinya nomor induk siswa nasional ini akan kamu terima begitu kamu sudah terdaftar menjadi seorang pelajar. NISN ini hanya akan kamu terima jika kamu bersekolah di sekolah dalam negeri ya.

Karena itu adalah salah satu fungsi dari NISN yang merupakan ciri khas utama bagi tiap pelajar Indonesia. Jadi, jangan bingung lagi ya mengenai cara mendapatkan NISN karena kode unik ini akan dengan sendirinya kamu dapatkan begitu kamu sudah mendaftar di sekolah.

Fakta Mengenai NISN Yang Harus Kamu Ketahui

Beberapa siswa di Indonesia mungkin hanya memiliki pengetahuan yang terbatas soal NISN. Bisa jadi kamu saja tidak tahu kan berapa nomor induk siswa nasionalmu meskipun sudah sekolah hingga tingkat menengah.

Kami disini akan menyampaikan beberapa fakta terkait NISN yang mungkin saja baru kamu ketahui sekarang. Sebagai pelajar di Indonesia, NISN ini penting untuk kamu ketahui fungsi dan juga kegunaannya.

Karena selagi kamu masih bersekolah dan menempuh jenjang-jenjang berikutnya, maka nomor induk siswa nasional akan selalu ditanyakan dan menjadi data yang harus selalu diisi.

Fakta pertama yang harus kamu ketahui adalah NISN ini dimiliki oleh semua siswa sejak ia masih di bangku sekolah dasar. Di Ijazah SD kalian itu pasti sudah ada nomor induk siswa nasional yang tertera disana.

Fakta kedua adalah nomor induk siswa nasional ini tidak akan berubah sampai kamu memasuki jenjang universitas. Nomor yang sudah kamu dapatkan ketika SD inilah yang akan selalu dipakai ketika kamu diminta untuk memasukkan NISN.

Oleh karena itu, selagi kamu masih menjadi pelajar maka tidak ada salahnya kan untuk menghapal berapa kode NISNmu agar kamu tidak perlu mencari-cari lagi.

Fakta ketiga adalah NISN siswa dengan siswa yang lainnya itu tidak ada yang sama. Dan untuk 3 angka di depan adalah tahun lahir dari siswa yang bersangkutan. Jadi, jika angka depannya adalah 003 maka berarti siswa tersebut lahir pada tahun 2003.

Untuk kombinasi angka selanjutnya merupakan kode unik yang maknanya itu tersembunyi. Itu dia fakta mengenai NISN yang harus kamu ketahui.

Apakah dari beberapa fakta yang kami jabarkan di atas ada yang baru kamu ketahui? Jika ia maka pembahasan kali ini dapat menjadi tambahan informasi bagi kalian kan

Tujuan Penting Dari Nomor Induk Siswa Nasional

Adanya nomor induk siswa nasional bagi seluruh pelajar di Indonesia ini bukanlah suatu hal yang tidak memiliki tujuan. Pastinya pemerintah memiliki tujuan sendiri mengapa setiap siswa pasti dan wajib untuk memiliki NISN.

Dan mengapa juga NISN ini dipakai untuk setiap proses pendaftaran sekolah ataupun yang lainnya. Sebagai pelajar kita jangan sampai tidak tahu apa tujuan penting dari adanya NISN ini.

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan bagaimana cara cek nomor induk siswa nasional secara online. Maka disini kami juga akan membahas beberapa tujuan penting dari nomor induk siswa nasional untuk seluruh pelajar di Indonesia.

Buat kamu yang belum tau apa saja tujuan pentingnya, jangan sampai melewatkan pembahasan yang akan kami berikan disini ya teman-teman.

Sebagai Identitas Siswa

Tujuan penting dan juga yang paling utama dari diadakannya NISN ini adalah sebagai identitas dari setiap pelajar yang ada di Indonesia. Inilah yang membedakan dari siswa yang berada di luar negeri. NISN ini tentu saja hanya berlaku di Indonesia dan untuk segala kebutuhan administrasi di dalam negeri saja.

NISN ini juga berlaku secara nasional dan setiap data mengenai pelajar di Indonesia bisa dengan mudah dicari melalui NISN. Jadi, tiap sekolah itu kalau menerima kamu sebagai siswanya akan meminta kalian untuk memasukkan NISN.

Jadi, NISN ini sangat berguna bagi pemerintah agar lebih mudah melakukan pendataan dan juga pencatatan informasi mengenai siswa yang terkait. Oleh karena itu, nomor induk ini berlaku secara nasional dan tidak akan berubah sampai kapan pun.

Pendukung Sistem Dapodik

Semua data pelajar di Indonesia dari jenjang SD dan juga universitas kan tersimpan rapi di Dapodik. Adanya NISN ini sangat memudahkan dan juga mendukung program-program yang dimiliki oleh Dapodik.

NISN juga sangat membantu kegiatan atau program pemerintah dalam perencanaan pendidikan ataupun pemberian bantuan kepada para siswa. Setiap NISN siswa kan berbeda-beda sehingga tidak ada potensi tertukar atau yang lainnya.

Meskipun nama kamu sama dengan orang lain, tetapi NISNya tidak akan ada yang kembar karena nomor tersebut dibuat secara otomatis oleh sistem.

Jadi, NISN ini sangat mendukung berbaga program dan juga perencanaan Dapodik dan Kemendikbud untuk pendidikan di Indonesia.

Sebagai Pusat Layanan Sistem

Tujuan penting dari NISN ini juga merupakan pusat layanan sistem yang menunjukkan bahwa sistem pendidikan di Indonesia juga sudah menggunakan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi yang terbaru.

Sekarang pun NISN bisa di cek secara online dan bahkan seseorang bisa melihat NISN orang lain jika memang memiliki data yang dibutuhkan untuk mengecek NISN tersebut.

Itu dia beberapa tujuan penting dari Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang harus kamu ketahui. Lalu bagaimana sih cara cek NISN online dengan nama yang bisa dilakukan dimana saja ini?

Perkembangan teknologi informasi dan juga komunikasi yang sangat pesat ini memudahkan segala sektor dalam melakukan kegiatannya. Dunia pendidikan juga sagat terbantu dengan perkembangan yang cukup pesat.

Salah satu bentuk kemudahannya adalah kini semua orang bisa mengecek nomor NISNnya secara online. Kamu tidak perlu lagi membuka Ijazah ataupun rapor untuk mengetahui berapa nomor NISN mu.

Jika di waktu mendadak kamu diminta untuk memasukkan data NISN dan sedang tidak membawa dokumen kertasnya. Maka cara cek NISN secara online pastinya sangat membantu kan. Yang namanya proses cek secara online pasti membutuhkan platform yang digunakan sebagai tempat untuk melakukan proses pengecekan tersebut.

Kemendikbud sudah membuat website khusus yang dapat digunakan oleh masyarakat yang ingin mengecek NISN dengan mudah dan cepat. Website ini bisa diakses secara gratis melalui perangkat apa saja.

Jadi, kamu juga tidak akan dipusingkan dengan persyaratan yang ada disini karena kamu bisa melihat berapa kode unik dari NISN mu kapan dan dimana saja. Sebelumnya kamu harus tau dulu ya website apa yang sudah dibuat oleh Kemendikbud untuk masyarakat yang ingin cek NISN online dengan mudah.

NISN mahasiswa ataupun nomor induk siswa nasional dari segala jenjang bisa dicek melalui website Kemendikbud.

Untuk memudahhkan kalian dalam mencari website NISN maka admin . akan memberikan situsnya, yaitu https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

Jika kamu sudah mengetahui apa alamat situs untuk mencari NISN barulah kamu bisa cari data NISNmu dengan cara di bawah ini.

Inilah Cara Cek NISN Dengan Nama Secara Online Tahun Ini

cara-cek-nisn-dengan-nama-online

Cara cek NISN online ini adalah cara termudah yang bisa dilakukan oleh semua orang menggunakan perangkat apa saja. Jika saat itu kamu sedang menggunakan ponsel apapun, maka bisa mengeceknya disana.

Atau kamu kamu sedang buka laptop dan diminta untuk memasukkan nomor NISN maka langsung saja cari NISNnya melalui perangkat laptop. Websitenya sangat fleksibel dan bisa dibuka kapan saja. Dengan catatan kamu punya kuota ya saat ingin cek NISN dengan nama ataupun dengan cara yang lainnya.

Agar tidak ada lagi yang bingung mengenai cari cek NISN online dengan nama ataupun dengan nama ibu. Maka ikuti saja langkah-langkah yang akan kami paparkan berikut ini.

Langkahnya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mencari berapa kode unik Nomor Induk Siswa Nasional milikmu sendiri. Atau jika temanmu meminta untuk mencarikan berapa kode NISN mereka. Kamu juga bisa membantunya lho.

Untuk itu simak baik-baik cara cek NISN dengan nama melalui website Kemendikbud secara online.

  • Kunjungi website cek NISN di situs resmi Kemendikbud atau melalui link yang sudah kami berikan sebelumnya.
  • Jika kamu sudah berada di beranda utama, maka akan melihat beberapa data yang harus diisi terlebih dahulu.
  • Masukkan semua data yang diminta dengan baik dan benar.
  • Isi nama siswa dengan nama lengkap sesuai dengan Ijazah atau Akta kelahiran
  • Lalu tulis tempat lahir siswa yang sesuai dengan Ijazah.
  • Masukkan tanggal lahir dan jangan sampai salah.
  • Dan yang terakhir tuliskan nama Ibu Kandung.
  • Langkah berikutnya centang kotak “I’m Not Robot”.
  • Kalau sudah silahkan tekan tombol “Cari Data”.

Demikianlah proses cek NISN dengan nama yang bisa kamu lakukan melalui website resmi dari Kemendikbud. Tidak susah kan caranya dan tentu saja proses ini paling hanya memakan waktu satu menit saja.

Bagaimana Cara Cek NISN Dengan Nama Sekolah

Cara yang sudah kami jelaskan sebelumnya bukanlah satu-satunya langkah untuk mengetahui NISN milikmu. Ada juga cara lain yang bisa kamu gunakan, yaitu cek NISN dengan nama sekolah. Ini juga merupakan cek NISN tanpa namu ibu, tetapi membutuhkan data yang lain lagi.

Semisal ketika kamu cek NISN dengan nama itu ada kegagalan atau tidak muncul, coba lagi menggunakan cara yang satu ini. Cara yang ingin mengharuskan kamu untuk memasukkan kode NPSN sekolah. Untuk Kode NPSN sekolah yang kamu masukkan ini sesuaikan dengan jenjang sekolah terakhir kalian ya.

Cara ini bisa kamu pilih apabila terdapat kendala pada saat melakukan cara yang pertama. Cek NISN dengan NPSN ini juga membutuhkan data NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Meskipun kamu belum memiliki KTP, NIK pasti sudah ada di kartu keluarg masing-masing.

Jadi, mengenai cara yang bisa digunakan bergantung kepada kalian ingin memakai cara yang mana. Kalau yang lebih mudah memang cara cek NISN dengan nama siswa dan juga cek nisn dengan nama ibu kandung.

Informasi Yang Tersedia Di Website NISN

informasi-di-nisn

Pada saat seseorang ingin mencari berapa NISN milik mereka, sebenarnya data apa saja yang akan muncul disana. Apakah hanya sekedar kode unik dari NISN saja ataukan ada data lain yang bisa diketahui.

Sebelumnya kamu harus tau dulu kalau misalnya data pada saat pencarian NISN ini tidak akan mengandung hal yang sensitif. Maka pencarian NISN ini bisa dilakukan oleh semua orang kan.

Jadi, paling tidak data yang akan muncul itu adalah informasi yang paling umum dan tidak membahayakan. Kira-kira kalau kamu cek NISN dengan nama data apa saja yang tersedia website Kemendikbud tersebut ya?

Supaya kamu tidak penasaran maka disini kami akan memberikan penjelasan mengenai informasi apa saja yang tersedia di website NISN pada saat kamu mencarinya.

Informasi pertama yang akan kamu temukan tentu saja berapa kode unik NISN yang terdiri dari 10 digit. Selain itu, ada juga informasi lain yang bisa kamu ketahui seperti naa lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, dan juga status aktif atau status NISNmu.

Jika kamu sudah bekerja maka bisa jadi status NISNnya itu akan berubah dan bukanlah aktif lagi. Dan biasanya untuk lulusan yang sudah lama juga NISNnya tidak ditemukan apabila tidak dilakukan verifikasi ulang.

Solusi Jika NISN Tidak Ditemukan Pada Saat Pencarian

Tidak semua masyarakat di Indonesia ini memiliki NISN karena program ini juga termasuk baru. Mungkin di zaman dulu itu yang ada hanyalah NIS atau nomor induk sekolah saja dan tidak berlaku secara nasional.

Ketika kamu ingin mengecek NISN kakak kalian yang sudah lulus lama bisa jadi tidak akan ditemukan. Kalau seperti itu masih bisa diwajarkan, namun bagaimana jika NISN kalian yang tidak bisa ditemukan?

Dan posisinya kamu pun saat ini masih berada di bangku sekolah? Jika terjadi masalah seperti ini maka wajib untuk melapor ke sekolah agar NISNmu segera di verifikasi dan juga dimasukkan ke data Dapodik.

Akan susah nantinya jika NISNmu bermasalah dan tidak terbaca di Kemendikbud. Oleh karena itu, jika kamu sudah melakukan beberapa proses cek NISN dengan nama dan cara yang lain.

Ternyata datanya tidak ditemukan, maka itulah saatnya kamu harus mengurus dan melaporkan masalah tersebut ke sekolahmu sebelum terlambat.

Sekian dari ., sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Recommended Posts