Di masa pandemi seperti saat ini, aplikasi konferensi menjadi salah satu alat yang sering digunakan sebagai media komunikasi dua arah atau sinkron. Untuk itu, simak ulasan live zoom selengkapnya di Youtube berikut ini.

Seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Zoom, Google Meet, Webex, WhatsApp, IG Live atau bahkan YouTube. Aplikasi ini hadir sebagai solusi bagi kita semua di tengah masa PSBB dan karantina.

Namun pada kesempatan kali ini admin akan membahas platform aplikasi Zoom. Dimana aplikasi ini paling banyak digunakan. Namun, aplikasi ini memiliki beberapa keterbatasan yang tentunya harus bisa bekerja dengan YouTube misalnya.

Bagaimana Anda melakukannya? Lihat ringkasan artikel ini sampai akhir untuk jawaban dan informasi yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah menggunakan Zoom.

Ulasan tentang aplikasi Zoom

Cara melakukan Live Zoom di YouTube

Aplikasi Zoom memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk streaming rapat atau webinar ke aplikasi YouTube. Hal ini dapat dilakukan dengan tujuan agar peserta ingin meluangkan waktu atau bahkan melihat perkembangan rapat pembahasan namun tidak dapat masuk ke dalam aplikasi Zoom.

Karena jumlah yang bisa dimasukkan dalam aplikasi terbatas. Jadi Anda bisa menonton langsung melalui YouTube.

Ketahuilah bahwa proses streaming ini tertunda beberapa detik, setidaknya sekitar 20 detik antara pengukuran zoom dan YouTube Live.

Batasan berikutnya bagi yang tampil atau mengikuti di YouTube hanya bisa berkomentar melalui live chat yang disediakan pihak YouTube, sehingga tidak bisa langsung berinteraksi dengan peserta lain.

Cara Live Zoom di YouTube melalui Laptop atau PC

Cara melakukan Live Zoom di YouTube

Agar bisa menghubungkan aplikasi Zoom meeting dengan aplikasi YouTube Live, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Jika Anda tidak dapat memenuhi persyaratan yang ditentukan, jangan harap dapat menggunakan Live di YouTube.

Berikut adalah syarat dan ketentuan yang harus Anda miliki untuk menghubungkan aplikasi Zoom ke YouTube.
Streaming digunakan untuk rapat dan webinar

  • Buat akun profesional, bisnis, pendidikan, atau perusahaan
  • Tergesa-gesa harus dilisensikan
  • Zoom client versi 4.4.53582 jika ditujukan untuk rapat saat digunakan untuk webinar versi 4.0 atau lebih baru di PC atau Ma.
  • Streaming langsung diaktifkan di aplikasi YouTube
    Langkah-langkah untuk streaming langsung dari Zoom ke YouTube
    Jika kondisi di atas terpenuhi, Anda dapat melanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini. tetapi jika Anda menggunakan akun zoom gratis, lupakan saja. karena tidak ada koneksi yang dapat dibuat dalam mode bebas.

1. Harap aktifkan fitur streaming langsung YouTube untuk rapat

Pada langkah ini, Anda perlu meninjau secara proaktif bagian-bagian yang perlu ditinjau di tingkat akun, tingkat grup, dan tingkat pengguna sesering mungkin. Caranya sama dengan mengaktifkan fitur YouTube yang ada di bagian Izinkan Live Streaming di setiap level.

  • Silahkan masuk ke akun Zoom melalui portaleweb sebagai administrator yang berhak mengedit pengaturan akun.
  • Di tingkat akun: Manajemen Akun > Pengaturan Akun > Lanjutan dalam Rapat
  • Di tingkat grup: Manajemen Pengguna > Manajemen Grup > klik nama grup > Pengaturan > Dalam Rapat (Lanjutan)
  • Di tingkat pengguna: Manajemen Akun > Pengaturan Akun > Dalam Rapat (lanjutan)
    Silakan gulir ke bawah hingga Anda menemukan kata Izinkan rapat untuk disiarkan langsung yang berada tepat di bawah menu Rapat (Lanjutan) lalu periksa YouTube dan layanan streaming langsung khusus.

2. Aktifkan fitur webinar streaming langsung YouTube

Jika Anda ingin melakukan aktivitas dengan fitur webinar Zoom, yang kemudian terhubung ke YouTube live streaming. Berikut langkah-langkahnya

  • Silakan masuk ke akun Zoom Anda melalui portal web sebagai administrator yang memiliki hak untuk mengedit pengaturan akun.
  • Kemudian lanjutkan ke bagian Manajemen Akun > Pengaturan Webinar
  • Harap pilih Edit di bagian “Dalam Pengaturan Webinar” dan aktifkan opsi “YouTube” dan “Layanan streaming langsung kustom” di bagian “Izinkan host untuk streaming langsung ke webinar”.
  • Terakhir, silakan tekan tombol Simpan perubahan

Cara menyambungkan Zoom ke YouTube dengan tips sederhana dan lengkap. Silahkan ikuti tutorialnya biar paham dan tidak step by step.

Semoga penjelasan kami tentang live zoom di youtube dapat membantu anda semua dalam mengadakan rapat dan lainnya, baik di hp android maupun laptop. Sekian dari kami dan terima kasih.

Recommended Posts