Meski jarang dilakukan secara individual, cara merawat kendaraan off road lebih dikenal. Karena dalam beberapa kasus ada masyarakat yang kendaraannya dalam status off the road. Saya tidak tahu karena saya mendapat hadiah atau dealer memiliki opsi pembelian off the road.

Dibandingkan kendaraan dalam kondisi on the road, kendaraan yang dibeli off the road memang ditawarkan dengan harga yang lebih murah. Perbedaannya bisa ditoleransi. Tapi ya, pembeli harus tahu cara merawat kendaraan off road.

Cara merawat kendaraan off road

Namun, sebenarnya mengurus surat keterangan kendaraan dengan status off the road tidak terlalu sulit. Biasanya pihak dealer juga sudah melengkapinya dengan dokumen bukti pembelian yang dibutuhkan saat proses pendaftaran. Simak cara berikut;

1. Perbedaan antara on the road dan off the road

Cara merawat kendaraan off road

Cukup banyak masyarakat yang memahami bahwa perbedaan kendaraan yang dibeli dalam status on the road dan off the road terletak pada kelengkapan dokumennya. Kendaraan yang dibeli dengan status on the road tentunya dilengkapi dengan dokumen STNK.

On the road kendaraan akan diterima sudah atas nama pemesan pada lembar STNK dan BPKB. Sedangkan untuk kendaraan yang dibeli off the road, pembeli hanya akan menerima invoice yang berisi data kendaraan dan nama sebagai bukti pembelian.

Selain melakukan pengurusan sendiri, pembeli kendaraan off-road sebenarnya masih bisa meminta bantuan dealer untuk mengurus surat-suratnya. Apalagi untuk kendaraan premium yang rata-rata dijual diler dalam kondisi off-road.

Namun ada juga konsumen yang memang berniat membeli kendaraan off-road karena hanya untuk keperluan koleksi.

2. Persyaratan kendaraan off the road

Cara merawat kendaraan off road
Cara merawat kendaraan off road. (spesial)

Untuk merawat kendaraan yang dibeli off the road sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Caranya tidak jauh berbeda dengan kebutuhan pengurusan dokumen kendaraan pada umumnya. Namun, dokumen tambahan diperlukan.

Berikut persyaratan dokumen yang harus dilengkapi saat menangani kendaraan off road;

– Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi Warga Negara Indonesia

– Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)/Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) untuk Warga Negara Asing (WNA)

– Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

– Faktur kendaraan bermotor

– Melampirkan Surat Pemberitahuan Impor Penggunaan (PIUD) yang dilampiri dengan contoh A/CKD

– Sepeda motor tidak wajib melampirkan PIUD yang dilampirkan dengan contoh A/CKD

Khusus untuk perusahaan, persyaratan dokumen yang dibutuhkan sedikit berbeda. Meski begitu, tidak jauh berbeda dengan pengurusan surat kendaraan perusahaan yang biasa dilakukan. Berikut persyaratan perawatan kendaraan bagi perusahaan;

– Fotokopi akta pendirian atau perubahannya

– Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

– Surat Kuasa Instansi dengan menggunakan kop surat, bermeterai cukup, ditandatangani oleh pengurus dan dibubuhi stempel instansi yang bersangkutan

– Fotokopi identitas surat kuasa

– Nomor ponsel dan/atau alamat email Wajib Pajak

– Faktur kendaraan bermotor

– Pemberitahuan Impor Barang (PIB) yang dilampiri Form A/CBU atau Form C/CBU (khusus kendaraan rakitan) kecuali sepeda motor

3. Cara merawat kendaraan off road

Cara merawat kendaraan off road
Cara merawat kendaraan off road. (spesial)

Datanglah ke Samsat di wilayah domisili. Siapkan semua salinan dokumen untuk diserahkan di loket yang tersedia. Bawa juga dokumen asli untuk verifikasi. Proses validasi dokumen ini memakan waktu antara dua hingga tiga hari.

Setelah proses validasi selesai. Bawa kendaraan ke kantor Samsat untuk dilakukan pengecekan nomor mesin dan nomor rangka. Selanjutnya serahkan dokumen validasi dan hasil cek fisik ke loket.

Proses tersebut akan selesai bersamaan dengan terbitnya nomor pendaftaran BPKB. Kemudian pemilik akan diarahkan untuk membayar pajak kendaraan untuk menerbitkan STNK. Setelah itu butuh waktu sekitar seminggu untuk TNKB keluar.

TNKB akan diterbitkan bersamaan dengan lembar STNK. Langkah terakhir adalah mengurus BPKB yang biasa dilakukan di Polda setempat. Dokumen pengesahan saat mendapatkan STNK harus dibawa saat mengajukan BPKB.

Jadi, ingin mencobanya sendiri cara merawat kendaraan off road?

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts