Nah mungkin sebagian dari kamu sudah banyak yang menggunakan siaran TV digital ya. Selain karena memang sedari dahulu sudah menggunakan siaran tersebut sekarang juga sudah diwajibkan oleh pemerintah untuk menggunakannya. Maka dari itu bagi kamu yang belum mengetahui cara nonton siaran TV Digital ini, bisa menyimak beberapa hal yang akan kami berikan.

Kamu pasti akan sangat mudah menggunakan beberapa cara yang akan kami berikan dibawah sini ya. Mungkin ada banyak dari kamu yang ingin menggunakan beberapa hal mengenai siaran TV yang seperti ini. Kamu bisa dengan mudah dan juga cepat menemukan beberapa hal yang menarik di dalamnya ya.

Tidak hanya itu saja tetapi hal ini memang sangat penting untuk kamu ketahui sekarang-sekarang ini. Karena hal ini merupakan salah satu hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh para pengguna internet juga ya. Tidak heran jika kamu akan temukan banyak penjelasan mengenai cara nonton siaran TV digital.

Untuk itu kamu pasti akan bisa menemukan beberapa hal menarik dari dalam artikel yang satu ini. Dimana . akan memberikan beberapa penjelasan yang akan sangat berguna untuk kamu. Langsung saja kamu bisa menyimak beberapa penjelasan yang ada di dalam artikel ini dengan sangat baik dan juga mudah ya.

Penjelasan Mengenai Peralihan Siaran TV Analog Ke Siaran TV Digital

cara-nonton-siaran-tv-digital

Beberapa waktu belakangan ini kamu pasti akan bisa menemukan hal yang sangat menggemparkan ya. Kamu juga pasti akan dapatkan banyak kejadian yang terjadi sekarang ini. Banyaknya kejadian tersebut tentunya bisa dengan mudah diketahui melalui media sosial ya.

Sekarang ini tidak akan ada orang yang tidak mengenal media sosial gitu ya. Semua orang pasti akan sering menggunakan media sosial sebagai salah satu sumber informasinya. Seperti informasi yang sedang update sekarang ini, yaitu peniadaan siaran TV analog lagi ya.

TV analog sudah beroperasi selama 60 Tahun di Indonesia kini ditiadakan gitu ya. Sekarang semua orang diwajibkan untuk beralih pada siaran TV digital. Pemberlakukan ini berlangsung sejak Rabu, 02 November Tahun Ini lalu ya sejak saat itu TV analog sudah tidak lagi tersedia melalui program Analog Switch Off (ASO).

Nah tentunya peniadaan siaran analog ini memiliki tujuan ya. Setiap tindakan yang dilakukan ini memang perlu memiliki tujuan yang jelas ya. Apakah kamu tahu apa alasannya mengapa TV analog sudah ditiadakan pada Indonesia? Jika kamu belum mengetahui kamu perlu menyimak pembahasan ini.

Alasannya karena TV analog ini sangat rentan terhadap gangguan yang ada. Sehingga bisa sebabkan semut atau gambar buram yang sedikit mengganggu ya. Jadinya dengan adanya peralihan ini sangat diharapkan untuk seluruh masyarakat menonton dengan kualitas gambar yang lebih jernih.

Untuk itu bagi kamu yang memiliki siaran TV analog dan menggunakannya. Kamu perlu beralih ke siaran TV digital ini ya agar bisa tetap menonton dengan siaran yang sangat jernih ya. Kamu juga bisa menyaman dengan semua hal yang ada di dalam aplikasi ini.

Di beberapa negara juga sudah menerapkan Analog Switch-Off ini ya. Seperti Korea Selatan pada 2012, Malaysia dan Singapura pada 2019, serta di Vietnam pada 2021 dan Thailand pada 2020. Masih banyak negara lain yang mengaktifkan program ASO ini juga.

Berikut Perbedaan Antara TV Analog Dan Juga TV Digital

cara-nonton-siaran-tv-digital

Nah mungkin akan ada banyak dari kamu yang masih sangat penasaran dengan beberapa perbedaan mengenai TV analog dan juga digital. Bingung mengapa mereka harus beralih dan juga apa keunggulan pada TV analog ini. Maka dari itu kamu bisa menyimak pembahasan yang ada di dalam sini. Disini kami akan berikan penjelasan untuk kamu mengenai beberapa perbedaan yang dimilikinya.

Dari sini kamu pasti akan bisa mengetahui apa saja perbedaan yang dimiliki oleh kedua siaran tersebut. Dengan begitu kamu pasti akan langsung saja mengetahui bagaimana perbedaan yang ada diantara kedua siaran ini. Maka dari itu kamu pasti akan bisa menggunakan beberapa hal ini.

Jadi siaran TV analog ini adalah siaran televisi yang memancarkan dengan siaran radio ya. Siaran radio ini tentunya akan bisa kamu temukan dalam bentuk audio ataupun video gitu. TV analog merupakan salah satu siaran televisi yang dari dahulu kita gunakan ya.

Nah masalah yang akan bisa kamu temukan jika menggunakan siaran televisi ini adalah penggunaan televisi dengan noise. Jadi akan bisa menimbulkan beberapa masalah seperti ini akan membuat siaran televisi menjadi kurang nyaman. Kamu pasti akan bisa mendapatkan tontonan dengan kualitas yang kurang baik.

Biasanya dengan menggunakan siaran analog kamu pasti akan bisa dapatkan kinerja TV yang terkesan jadul. Jadi kamu pasti akan ketinggalan zaman jika menggunakan TV ini dan juga siaran dari pemancar yang semakin hari kian melemah ini.

Sedangkan siaran TV digital ini diadopsi setelah siaran TV analog di nonaktifkan ya. Maka dari itu kamu pasti akan bisa mendapatkan siaran tersebut dengan mudah sekarang. Sebelum itu kamu perlu mengetahui apa itu Siaran TV digital, nah siaran ini merupakan salah satu siaran yang memanfaatkan modulasi digital.

Dimana program ini merupakan program Standard Definition Television (SDTV) yang berjumlah 12 siaran saja. Dan juga High Definition Television (HDTV) yang berjumlah 6 siaran.

Beberapa Cara Nonton Siaran TV Digital Yang Bisa Kamu Lakukan

cara-nonton-siaran-tv-digital

Jika kamu yang bergabung di dalam artikel satu ini, berarti kamu sangat penasaran dengan beberapa Cara Nonton Siaran TV Digital. Memang disini kami akan berikan kamu beberapa hal yang bisa digunakan untuk menggunakan TV digital ini. Jangan sampai kamu lewatkan pembahasan yang kali ini.

Pembahasan ini sangat penting dan juga bisa andalkan dengan baik ya. Agar untuk kamu yang belum bisa melakukan penggunaan aplikasinya jadi bisa dan juga paham dengan penggunaannya. Makanya kamu perlu melakukan kegiatan penyimakan terhadap beberapa hal ini.

Kami akan memberikan kamu beberapa langkahnya secara lengkap dan juga jelas ya. Supaya para pembaca akan langsung menggunakan beberapa hal yang tersedia di dalam siaran ini. Kalau begitu kamu bisa langsung saja menyimak beberapa pembahasan yang ada disini ya.

Begini Cara Nonton Siaran TV Digital Menggunakan TV Analog

Jangan berfikir kalau penggunaan TV ini akan membutuhkan dana yang sangat mahal ya. Kamu juga tidak perlu khawatir dan juga resah ya, karena penggunaan siaran yang baru ini sangat mudah. Akan sangat simple untuk kamu lakukan seperti ini ya.

Tidak perlu membuang TV analog yang sudah tersedia di rumah. Karena kamu pasti akan membutuhkan TV tersebut kamu ya. Kamu bisa menggunakan cara ini jika sudah memiliki Set Top Box sendiri ya. Dengan memiliki set top box kamu pasti akan bisa menikmati tontonan yang jernih.

Karena dengan adanya set top box akan berguna untuk konversi sinyal digital ke dalam TV analog dengan bentuk gambar dan juga suara. Nah untuk kamu yang belum mengetahui beberapa hal mengenai pemindahan ataupun pemasangan Set Top Box pada perangkat kamu. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan oleh kamu :

  • Langkah pertama kamu bisa menyiapkan Set Top Box dengan kode DVB-T2.
  • Kamu bisa memastikan beberapa hal seperti menyabut kabel dan matikan televisi yang kamu miliki.
  • Kamu perlu menyambungkan antena ke port dengan tulisan ANT IN yang tepat berada di punggung set top box.
  • Lanjut dengan sambungkan HDMI dari port di STB yang berada di analog.
  • Kalau misalkan televisi kamu belum mendukung HDMI bisa sambungkan kabel AV yang biasanya berwarna kuning, merah dan putih.
  • Lalu setelahnya kamu bisa hidupkan TV dan STB selanjutnya kamu bisa ubah TV ke mode AV.
  • Kalau sudah muncul STB kamu bisa opsi pencarian saluran.
  • Setelah selesai kamu bisa pilih simpan.
  • Dan kamu sudah bisa langsung saja menikmati siaran televisi digital ya.

Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa Menggunakan STB

Setelah kamu mengetahui beberapa langkah yang bisa digunakan untuk pemasangan TV digital menggunakan TV analog. Kamu pasti sudah paham dengan segala cara yang bisa kamu lakukan ini. Untuk kamu yang sudah memiliki televisi digital yang satu ini.

Kamu bisa melakukan beberapa cara yang akan kami berikan dibawah sini ya. Untuk kamu yang belum mengetahui bagaimana cara penggunaan siaran TV Digital yang satu ini. Langsung saja kamu bisa melihat cara yang akan bisa kamu temukan disini ya.

Berikut ini merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk cek TV sudah digital atau belum dibawah sini ya.

  • Kamu perlu melakukan pengecekan stiker yang tersedia di belakang televisi ya. Kalau sudah tertera tulisan ATSC, DTV, Digital Ready , Digital Tuner built-in, Integrated Digital Tuner, Digital Receiver, HDTV, dan juga Digital Tuner.
  • Lakukan pemeriksaan spesifikasi TV ya.
  • Bisa juga kamu langsung saja membuka siaran TV digital di televisi.
  • Lanjut kamu bisa cek situs kominfo, kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/ dengan masukan data televisi yang kamu miliki ya.

Ini Dia Cara Mengecek Channel Pada Siaran TV Digital

Ini-Dia-Cara-Mengecek-Channel-Pada-Siaran-TV-Digital

Untuk penggunaan siaran digital sekarang ini belum semua wilayah Indonesia terhubung ya. Jadi mungkin kamu harus melakukan pelacakan agar bisa mengetahui siaran digital ini bisa masuk ke dalam wilayah kamu atau belum. Dengan begitu kamu pasti bisa melakukan pemindaian Set Top Box atau melalui TV-nya secara langsung ya.

Tetapi guna mempermudah masyarakat untuk kamu bisa lakukan sudah tersedia di smartphone. Yang mana smartphone memiliki suatu aplikasi yang bisa digunakan bernama SinyalTVDigital. Guna menemukan pemancarnya kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi ini.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari pemancar dari Set Top Box ini.

  • Pertama kali yang kamu lakukan adalah mengunduh aplikasinya melalui Play Store ataupun App Store ya.
  • Setelah kamu selesai melakukan kegiatan unduh aplikasinya, langkah selanjutnya adalah kamu bisa buka aplikasi tersebut.
  • Lalu setelah aplikasi terbuka kamu bisa klik ikon sinyal.
  • Dilanjutkan dengan pilih stasiun yang kamu miliki > See Mux detail.
  • Nantinya semua informasi mengenai siaran digital akan langsung kamu dapatkan.

Recommended Posts