Cara mengganti oli motor di rumah sebenarnya cukup mudah dilakukan. Memang, sebagian pemilik kendaraan roda dua lebih memilih melakukan proses penggantian oli di bengkel resmi. Pasalnya, para mekanik di bengkel tersebut sudah terlatih dan dipercaya untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Meski begitu, tidak semua orang punya cukup waktu untuk mengantri dan menunggu giliran. Nah bagi Anda yang merasakan hal tersebut, mengganti oli motor di rumah tentu menjadi pilihan yang bijak. Tetapi cara ganti oli motor di rumah masih ada langkah.

Cara mengganti oli motor di rumah

Selain menyiapkan oli baru, pemilik kendaraan roda dua juga wajib memiliki alat untuk membantu proses penggantian oli. Menurut situs resmi Minyak Persekutuan, ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan untuk mengganti oli motor di rumah. Apa pun? Berikut penjelasannya.

1. Siapkan perlengkapan dan perhatikan pemilihan lokasi

Cara Mengganti Oli Motor di Rumah

Sebelum mulai mengganti oli, ada baiknya Anda menyiapkan semua ‘senjata perang’ yang diperlukan. Beberapa di antaranya adalah wadah oli bekas (bisa menggunakan baskom kecil atau wadah plastik bekas), kunci pas atau ring, ring pengganti baut berbahan aluminium, dan kain lap.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan oli motor yang akan digunakan. Jika Anda mempercayakan pelumas mesin pada produk pabrikan, Anda bisa memilih Yamalube untuk motor Yamaha atau AHM Oil untuk produk buatan Honda.

Setelah semua perlengkapan siap, Anda juga harus memilih tempat yang baik untuk mengganti oli motor. Pastikan saat mengganti oli motor sendiri, lokasi penggantian tidak mengganggu orang lain dan area tersebut memiliki permukaan yang rata dan keras agar posisi motor tetap stabil saat Anda menggunakan standar tengah.

2. Jangan mengganti oli saat mesin masih panas

Cara Mengganti Oli Motor di Rumah
Cara Mengganti Oli Motor di Rumah

Apapun alasannya, Anda disarankan untuk tidak mengganti oli saat mesin masih panas. Anda harus menunggu hingga suhu mesin motor Anda sedikit dingin atau cukup hangat.

Sebab, ada dua keuntungan yang akan Anda dapatkan jika mengganti oli saat suhu mesin dingin. Pertama, Anda tentu akan terhindar dari bahaya kulit melepuh jika tidak sengaja menyentuh bagian mesin yang panas.

Yang kedua adalah mengganti oli motor saat mesin panas akan membahayakan kondisi baut mesin. Sebab, dalam kondisi panas, baut mur akan mengembang dan akan menyulitkan Anda untuk membukanya. Jika memaksa tentu akan membahayakan kondisi baut mesin.

3. Buka dan tutup sekrup penutup lubang pembuangan oli

Cara Mengganti Oli Motor di Rumah
Cara Mengganti Oli Motor di Rumah

Jika semua perlengkapan sudah Anda siapkan dan mesin sudah agak panas, saatnya Anda membuka penutup lubang pembuangan oli. Namun, sebelum membukanya, pastikan Anda telah meletakkan wadah di bawah lubang pembuangan oli.

Anda dapat membuka baut penutup lubang pembuangan oli menggunakan kunci pas atau kunci ring. Setelah terbuka, biarkan oli mengalir dengan sendirinya. Jangan disemprot dengan tekanan udara bertekanan, karena kotoran pada filter oli justru akan menyebar ke bagian dalam mesin.

Nah, jika oli mesin sudah habis, kini Anda harus memasang kembali baut penutupnya. Namun, Anda harus memeriksa ring aluminium yang berfungsi agar baut penutup lebih kencang. Selain itu, cara ganti oli motor di rumah juga harus diperhatikan agar baut penutup bersih dari kotoran, debu dan pasir, sebelum memasangnya kembali.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai meninggalkan ring alumunium atau lupa memasukkannya saat memasang baut penutup. Sebab, akan menyebabkan kebocoran oli mesin.

Saat memasang baut penutup juga perlu diperhatikan. Anda dapat memutarnya dengan tangan secara maksimal. Setelah itu, lanjutkan saja dengan menggunakan kunci. Sebab, jika baut menjadi slek atau terkikis, akan merepotkan Anda.

4. Tuang minyak sesuai takaran

Cara Mengganti Oli Motor di Rumah
Cara Mengganti Oli Motor di Rumah

Langkah selanjutnya anda tinggal menuangkan oli baru yang sudah anda siapkan tadi. Namun, Anda harus memastikan bahwa baut oli sudah kencang sebelum mulai menuang oli. Yang harus anda perhatikan, anda harus menuang minyak sesuai takaran yang dianjurkan.

Jika sudah, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah membersihkan sisa minyak yang masih menempel di badan atau bagian lain menggunakan kain yang sudah kamu siapkan tadi.

Jadi, semoga berhasil cara ganti oli motor di rumah Ya!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]