Sekarang membayar pajak mobil sudah lebih dimudahkan bisa melalui aplikasi atau pergi ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Apalagi saat ini pelayanan Samsat dibuka sampai hari Sabtu.

Namun kita akan lebih dahulu membahas langkah bayar pajak mobil online melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal).

Aplikasi ini adalah “pelayanan pengesahan STNK tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor(PKB), dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)” dikutip dari halaman website samsatdigital.id.

Aplikasi Signal ini dirasa sangat memudahkan karena dapat melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan anda baik motor maupun mobil.

Melalui smartphone anda tanpa harus keluar rumah karena diberikan pilihan ketika dokumen pajak sudah selesai ingin diambil ke Samsat atau dikirimkan ke alamat yang dipilih.

Cara Bayar Pajak Mobil Online

Berikut langkah pembayaran pajak melalui aplikasi Signal

  • Pertama mengunduh aplikasi Signal, Aplikasi ini sudah tersedia di Appstore maupun Google Play.
  • Kedua melakukan registrasi dengan mengisi data-data pribadi anda seperti NIK, nama yang sesuai dengan eKTP,email, nomor hp, dan password untuk aplikasi.
  • Lalu anda akan diminta memasukan foto eKTP dan verifikasi lainnya seperti verifikasi wajah dengan melakukan swafoto kemudian verifikasi berikutnya melalui OTP yang dikirim melalui SMS serta yang terakhir verifikasi ulang melalui email dengan cara mengklik email yang dikirimkan oleh SIGNAL.
  • Ketiga setelah berhasil melakukan registrasi data pribadi anda akan diminta mengisi data kendaraan, kendaraan yang didaftarkan bisa atas nama sendiri atau keluarga yang masih dalam satu Kartu Keluarga(KK).

Langkah untuk mendaftarkan kendaraan milik sendiri:

  • Pilih menu Tambah Data Kendaraan Bermotor
  • Lalu pilih kendaraan atas nama sendiri
  • Kemudian masukan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor(NRKB)
  • Terakhir masukan 5 digit terakhir dari nomor rangka

Itu adalah langkah untuk mendaftarkan kendaraan milik anda sendiri. Namun juga terdapat pilihan untuk mendaftarkan kendaraan milik keluarga yang masih dalam satu KK, berikut langkahnya:

  • Pertama pilih tambah kendaraan bermotor kemudian klik tombol dengan simbol Plus
  • Pada kolom pemilik kendaraan bermotor pilih Milik Keluarga Satu KK
  • Masukan NIK dan foto eKTP pemilik kendaraan
  • Masukan NRKB dan 5 digit terakhir nomor rangka
  • Lalu isi kolom bahwa “Saya menjamin kebenaran data yang diberikan” dan klik lanjut
  • Kemudian akan muncul peringatan bahwa dokumen telah berhasil ditambahkan

Setelah proses mendaftarkan kendaraan proses berikutnya Pengesahan STNK.

Alur proses ini sebagai berikut:

  • Pilih NRKB yang akan dilakukan pengesahan kemudian klik lanjut
  • Kemudian akan muncul halaman berisi informasi SKK pembayaran PKB dan SWDKLLJ dengan jumlah yang harus dibayar
  • Lalu geser tombol kirim dokumen dan klik lanjut
  • Akan muncul kolom pilih kantor Samsat, kode pos dan alamat, silahkan diisi sesuai dengan alamat yang dituju serta klik lanjut
  • Total biaya akan muncul di layar Anda

Kemudian proses beralih ke proses berikutnya yaitu proses pembayaran dokumen, langkah pada proses ini adalah :

  • Klik notifikasi proses pembayaran lalu akan tampil halaman yang berisi kode bayar, jumlah total yang harus dibayarkan dan cara-cara pembayaran yang dapat melalui beberapa bank
  • Setelah memilih bank yang diinginkan akan muncul cara pembayaran dapat melalui ATM maupun Internet banking kemudian klik lanjut
  • Setelah melakukan pembayaran akan muncul notifikasi ketika pembayaran telah selesai kemudian dokumen akan dikirim ke alamat yang dituju dan tetap bisa dilacak statusnya pada halaman status pengiriman
  • Ketika sudah sampai, Anda diminta untuk mengecek apakah data pada dokumen Anda sudah sesuai, ketika sudah selesai silahkan klik konfirmasi penerimaan.

Mudah bukan cara pembayaran pajak melalui aplikasi SIGNAL, sebelum lanjut sebaiknya ketahui dahulu sejarah singkat samsat

Sejarah Singkat Samsat

samsat jakarta

Sebelum adanya aplikasi bayar pajak mobil online, proses perpanjang harus dilakukan. Bayangkan untuk STNK saja harus mendatangi tiga kantor terpisah.

Pertama harus datang ke kantor pajak daerah, kemudian kantor asuransi Jasa Raharja untuk melunasi SWDKLLJ lalu yang terakhir kantor polisi lalu lintas, untuk mendapatkan STNK yang perpanjang.

Proses yang panjang dan memerlukan waktu yang tidak sebentar hanya untuk mengurus perpanjang STNK tahunan.

Sehingga pada 1974, terdapat uji coba untuk membentuk pengurusan satu atap dan Polda Metro Jaya DKI Jakarta menjadi tempat pertamanya.

Lalu dua tahun setelahnya pada 1976, melalui Instruksi Bersama tiga menteri yaitu Menteri Pertahanan dan Keamanan(Menhankam), Menteri Keuangan, dan Menteri Dalam Negeri memberlakukan Samsat di seluruh Indonesia dalam naungan Kepolisian RI, PT Jasa Raharja(Persero) dan Dinas Pendapatan Provinsi.

Setelah mengetahui sejarah singkat Samsat, selain bayar pajak mobil online atau motor juga dapat dilakukan di beberapa tempat seperti:

Samsat

Selain bayar pajak mobil online, tempat ini menjadi pusat untuk melakukan pembayaran pajak tahunan, penggantian STNK & plat nomor per lima tahun, balik nama, blokir kendaraan dan mutasi kendaraan.

Lokasi gerai Samsat Jakarta:

Samsat Jakarta Selatan

Jl. Gatot Subroto, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110

Samsat Jakarta Utara & Pusat

Jl. Gn. Sahari No.13, Pademangan Bar., Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14410

Samsat Jakarta Barat

Jl. Daan Mogot KM. 13 No.130, Cengkareng Tim., Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730

Samsat Jakarta Timur

Jl. May. Jen. DI. Panjaitan No.23, Cipinang Besar Sel., Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13340

Selain lokasi yang disebutkan di atas gerai samsat juga dapat dijumpai di beberapa tempat perbelanjaan, jadwal Oktober 2022 berikut daftarnya:

Jakarta Barat

Mall Taman Palem, Jl. Kamal Raya No.B/60, RW.10, Cengkareng Tim., Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730

Jakarta selatan

-Mall Blok M Square Jl. Melawai 9, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

-Mall Gandaria City Jl. Kp. Dukuh No.35, RT.10/RW.6, Kby. Lama Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240

Jakarta Timur

Pusat Grosir Cililitan Jl. Mayjen. Soetoyo No.76(Lt7 Kramat Jati, Cililitan)

Jakarta Utara

Mall Artha Gading Lt1 Jl.Boulevard Artha Gading

Samsat Drive Thru

samsat drive thru

Hasil inovasi Samsat, selain bayar pajak mobil online adalah sistem ini. Prosedurnya mirip seperti pemesanan makanan melalui drive thru, Anda dimudahkan tidak perlu turun dari kendaraan.

Pembayaran pajak ini jauh lebih cepat dibanding pelayanan Samsat, dengan catatan harus membawa kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya. Identitas yang tercatat pada STNKnya dan tidak lewat dari masa berlaku .

Proses ini cukup cepat jika antrian tidak panjang hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit.

Samsat Keliling

samsat keliling

Tempat pembayaran berikutnya biasanya menggunakan mobil yang sudah dimodifikasi seperti loket pembayaran.

Samsat keliling biasanya mengikuti jadwal yang diberikan maka sebelum menuju kesana sebaiknya mengecek jadwal yang sering dibagikan di akun sosial medianya.

Setelah mengetahui tempat mana saja untuk membayar pajak kita dapat mengetahui besaran nilai pajak yang akan dibayar melalui website.

Caranya pun cukup mudah hanya perlu memasukan nomor polisi kendaraan serta KTP, maka akan muncul informasi yang berupa informasi spesifikasi kendaraan.

Besaran pajak yang harus dibayar, denda sampai status masa berlakunya. Contoh untuk wilayah DKI Jakarta dapat mengecek di https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/

Dokumen yang diperlukan saat membayar pajak kendaraan
Agar tidak bolak-balik gerai samsat ketika ingin membayar pajak sebaiknya menyiapkan dokumen yang akan diperlukan seperti:

  • eKTP pemilik kendaraan dan fotokopinya (identitas eKTP harus sesuai dengan yang tertulis di STNK)
  • Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor(BPKB) asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi
  • Untuk kendaraan atas nama perusahaan memerlukan fotokopi NPWP perusahaan,Domisili perusahaan, SIUP dan TDP
  • Surat kuasa bermaterai dengan eKTP jika diwakilkan oleh orang lain

Demikian informasi mengenai cara bayar pajak mobil online melalui aplikasi Signal, sejarah singkat Samsat dan dokumen yang diperlukan dalam membayar pajak. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda yah.

Recommended Posts