Bosan menonton YouTube di layar kecil, kini Anda bisa menonton video YouTube di layar TV super lebar. Bagaimana satu? Bagi Anda yang saat ini masih mencari cara menyambungkan YouTube ke TV, Anda wajib membaca ulasan artikel ini sampai selesai.

Bagi sebagian orang, YouTube sudah menjadi kebutuhan. Rasanya ada yang kurang jika sehari saja tidak membuka YouTube. Kita bisa menonton banyak video menarik di YouTube. Dari podcast, pendidikan, berita terbaru, komedi, musik hingga film.

Menonton YouTube di TV terasa lebih seru dibandingkan menonton di Android. Dengan adanya TV, kita bisa menonton video YouTube dengan lebih jelas, apalagi kita bisa menontonnya bersama-sama. Apalagi pas nonton film, cocok banget.

Apakah Anda ingin menonton YouTube di TV? Apakah Anda ingin tahu tentang cara menghubungkan YouTube ke TV? Ya kamu bisa. Tanpa harus menggunakan TV mahal atau yang disebut smart TV, Anda bisa menyetel layanan YouTube Anda untuk tampil di TV. Bagaimana satu? Di bawah ini admin uraikan cara mudah nonton youtube di TV. Baca tutorialnya sampai selesai.

Cara menyambungkan youtube ke tv

Anda tidak harus menggunakan perangkat mahal untuk menonton YouTube di TV, tetapi Anda memerlukan beberapa perangkat yang dapat menghubungkan Android ke TV. Berikut adalah alat yang harus Anda siapkan untuk membuat pengalaman YouTube Anda berbeda dan lebih menarik.

1. Dengan kabel HDMI

Cara menyambungkan youtube ke tv

Sebagai informasi, ada tiga port HDMI yang salah satunya digunakan untuk menyambungkan TV ke ponsel atau tablet. Untuk menonton Youtube di TV, kita bisa menggunakan perangkat kabel HDMI dengan menghubungkannya ke kedua perangkat melalui port masing-masing. Caranya adalah sebagai berikut

  • Siapkan kabel HDMI. Rekomendasi Sebelum membeli kabel HDMI, harap perhatikan terlebih dahulu jenis konektor yang digunakan oleh dua perangkat, seperti TV dan ponsel, yang akan dihubungkan bersama.
  • Kemudian colokkan kabel HDMI ke HP/tablet/komputer. Harap atur ke HDMI yang digunakan
  • Jangan lupa untuk menghubungkannya ke TV juga
    yaitu Tunggu hingga kedua perangkat terhubung
  • Ketika layar YouTube muncul di layar TV Anda, itu berarti Anda telah berhasil menghubungkan YouTube ke layar TV.
  • Selanjutnya, Anda dapat mengontrol layar TV melalui ponsel Anda.

2. Menggunakan Google Chromecast

Cara menyambungkan youtube ke tv

Chromecast berfungsi untuk menampilkan tampilan layar HP atau Android di TV. Metode ini lebih mudah dan lebih mudah. Tanpa harus menggunakan kabel, kita bisa terhubung ke dua perangkat seperti Android dan TV. Cara menggunakan Chromecast:

  • Sambungkan Chromecast ke port HDMI TV.
  • Hubungkan dongle ke jaringan yang sama melalui Android Anda.
  • Instal aplikasi Chromecast lalu alihkan saluran dari TV ke HDMI
  • Selamat, Chromecast siap digunakan dan Anda dapat menonton YouTube di TV.

3. Menggunakan Miracast

Cara menyambungkan youtube ke tv

Selanjutnya, gunakan Miracast. Cara ini hampir sama dengan Google Chromecast. Miracast adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi menampilkan tampilan layar handphone pada TV. Termasuk ketika Anda mengakses YouTube. Cara menggunakan Chromecast:

  • Sambungkan Miracast ke port HDMI TV
  • Selanjutnya, lakukan perubahan pada pengaturan ponsel Anda dengan masuk ke menu Pengaturan >> Tampilan >> “Wireless Mirroring atau Cast Screen”.
  • Ubah pengaturan ke posisi on
  • Tunggu hingga daftar jaringan perangkat Miracast yang Anda gunakan muncul. Saat muncul, pilih jaringan Miracast dan tunggu ponsel dan TV terhubung dengan benar.
  • Jika berhasil, layar ponsel Anda akan muncul di TV.

Ini adalah beberapa cara Anda dapat menonton YouTube di TV. Gampang kok, gak perlu beli smart TV, cukup sediakan perangkat koneksi keduanya, kita bisa nonton YouTube lebih greget dengan layar TV.

Recommended Posts