Cara Menghentikan Download Video YouTube Secara Offline – Menonton YouTube sudah pasti menjadi hal yang wajib saat ini. Banyak orang merasa tidak dapat dipisahkan dari Youtube.

Informasi yang sangat lengkap bisa kita dapatkan dengan aman dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Dengan menggunakan smartphone tentunya setiap orang memilikinya.

Tidak hanya dapat diakses melalui smartphone, akses melalui PC juga sangat memungkinkan dan tidak sedikit orang yang mengaksesnya.

Youtube memiliki fitur yang sangat bermanfaat bagi para penggunanya yaitu fitur download. Dimana nantinya video hasil download bisa dilihat secara offline.

Namun tentu saja, meskipun ada fitur yang memudahkan pengunjung YouTube untuk menonton, ada juga yang menggunakannya untuk hal-hal yang tidak baik.

Tidak jarang individu jahat mengeksploitasi fitur ini untuk mencuri konten orang lain. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan konten dari para kreator YouTube.

Oleh karena itu, sebagai pembuat konten, kita perlu lebih berhati-hati agar karya yang kita buat tidak mudah dicuri. Mengingat untuk membuat konten itu membutuhkan waktu, pemikiran, dan usaha.

Tentu kita tidak bisa menerima begitu saja jika konten yang kita miliki dicuri oleh orang lain. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas video youtube yang tidak bisa di download secara offline.

Kali ini simak pembahasan kami sampai selesai agar anda bisa lebih menjaga channel youtube anda.

Cara menghentikan download video YouTube secara offline

Di sini kami mencoba memberikan beberapa cara bagi Anda untuk mencegah konten Anda diunduh secara offline. Tentu saja, Anda dapat memilih metode yang diberikan di bawah ini sesuka Anda.

Di bawah ini adalah cara untuk mencegah video YouTube diunduh secara offline:

1. Tetapkan pengaturan privasi untuk video YouTube

Tetapkan pengaturan privasi untuk video YouTube

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk melindungi video YouTube Anda agar tidak diunduh secara offline adalah menyesuaikan pengaturan privasi Anda.

Mengubah pengaturan privasi video YouTube sangat memungkinkan untuk mengontrol lokasi tampilan konten video yang Anda miliki.

Bahkan informasi ini, Anda juga dapat mengontrol siapa yang mengakses video di saluran Anda. Tentu tidak ada salahnya mengatur pengaturan privasi ini.

Anda harus tahu bahwa pengaturan privasi ini dibagi menjadi 3 jenis kategori. Yang pertama adalah kategori video publik, yang membuat video Anda dapat dilihat oleh semua orang dan dapat dicari dari halaman pencarian Youtube.

Setelan publik ini biasanya disetel secara otomatis oleh setelan YouTube. Tanda bahwa setelan video Anda adalah publik adalah ikon bumi atau bola dunia.

Kemudian kategori video yang kedua tidak bersifat publik (unlisted). Jika Anda menggunakan pengaturan ini, video yang Anda unggah tidak akan terlihat oleh orang lain.

Bahkan jika orang lain ingin mencarinya, itu juga tidak mungkin. Dapat dilihat dan dicari oleh orang lain jika pemilik video membagikan tautannya.

Jika tautannya sudah terdengar, itu bisa dilihat oleh mereka yang memilikinya. Tetapi jika Anda mencarinya, Anda mungkin tidak dapat menemukannya.

Kategori ketiga adalah video pribadi atau personal. Jika video disetel pribadi, hanya pengguna atau pembuat video yang dapat mengaksesnya.

Video tidak muncul di pencarian. Pengaturan pribadi ini pasti akan membuat Anda lebih aman dan terhindar dari pencurian konten.

Jika Anda tidak ingin video Anda diunduh secara offline, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama adalah masuk ke akun Youtube Anda menggunakan Youtube Studia.
  • Setelah itu, Anda bisa membuka pilihan menu di sisi kiri tampilan dan memilih menu konten
  • Kemudian pilih video yang ingin Anda atur privasinya
  • Lanjutkan dengan masuk ke kotak pengaturan Visibilitas dan kemudian pilih jenis privasi yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin menggunakan publik, swasta atau unpublic. Setelah Anda memutuskan, langsung saja simpan.

2. Gunakan aplikasi YouTube Premium

Gunakan aplikasi Youtube Premium

Cara selanjutnya agar video youtube tidak bisa di download offline adalah dengan mengupdate akun youtube anda.

Anda dapat meningkatkannya ke Premium. Menggunakan Youtube Premium tentunya akan memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan versi gratisnya.

Jika Anda menggunakan versi gratis, fitur yang dapat Anda gunakan pasti terbatas. Sedangkan Youtube Premium membuat Anda lebih nyaman.

Nantinya ketika Anda menonton video, tidak ada iklan, maka Anda juga merasa memiliki akses tanpa batas di Youtube. Sangat menarik untuk tidak menggunakan Youtube Premium.

Jika Anda termasuk orang yang membuat konten, Anda bisa mematikan fitur download. Sehingga video anda tidak bisa di download secara offline oleh orang lain.

Bagi anda yang ingin menggunakan youtube premium ini dan belum mengetahui caranya, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Langkah pertama adalah masuk terlebih dahulu YouTube Premium milikmu. Buka dengan membuka studio.youtube.com
  • Kemudian Anda dapat memilih Pengaturan di bilah menu di sebelah kiri dan melanjutkan dengan satu klik di saluran
  • Jika Anda telah memilih menu pengaturan lanjutan di panel klip. Centang kotak dengan tajuk “Jangan Izinkan Orang Mengambil Video Saya”

3. Berikan hak cipta atau lisensi untuk video Anda

Berikan hak cipta atau lisensi untuk video Anda

Cara mencegah video youtube download offline selanjutnya adalah dengan memberikan hak cipta. YouTube menyediakan fungsi ini untuk penggunanya di sini.

Tujuannya tentu saja untuk melindungi konten yang dibuat agar tidak mudah dicuri oleh orang lain. Jadi ini bisa menjadi opsi untuk mencegah video Anda diunduh secara offline.

Menyimpulkan

Baiklah kita akhiri pembahasan kali ini tentang cara download video youtube offline. Terima kasih kepada para pembaca setia yang telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di lain waktu.

Recommended Posts