Di era digital saat ini, pencarian SPBU terdekat menjadi sangat mudah. Saat mobilitas sedang tinggi dan bensin sudah mau habis tapi Anda tidak mengetahui area di sekitar Anda, tidak perlu panik! Anda cukup membuka handphone (ponsel) Anda maka informasi yang Anda butuhkan akan tersedia secara instan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan SPBU terdekat melalui ponsel, baik itu SPBU Pertamina, Shell maupun Vivo. Langkah-langkahnya sangat mudah dan cepat. Yang penting, pastikan ponsel Anda memiliki kuota internet aktif untuk mencari SPBU terdekat.

SPBU terdekat

Ada beberapa cara untuk menemukan pom bensin terdekat. Paling populer tentunya dengan memanfaatkan layanan Google map. Namun selain itu, ada aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mencari SPBU terdekat. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara mencari SPBU terdekat dengan menggunakan ponsel.

SPBU terdekat

1. Gunakan mesin pencari Google

Cara termudah untuk menemukan SPBU terdekat adalah dengan mengandalkan mesin pencari Google. Selain menampilkan berbagai pilihan SPBU terdekat, melalui Google Anda juga bisa langsung mengetahui rute menuju SPBU.

Cara menemukan SPBU terdekat melalui Google Search:

  1. Buka browser di HP
  2. Buka halaman pencarian Google (bisa Google.com atau Google.co.id)
  3. Isi kolom pencarian dengan kata kunci “SPBU terdekat”. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kata kunci lain seperti “lokasi SPBU terdekat”, “Lokasi Shell terdekat”, atau “SPBU Vivo terdekat”.
  4. Klik pencarian atau search, maka Google akan menampilkan daftar lokasi yang Anda butuhkan.
  5. Pilih satu, lalu klik rute untuk mengaktifkan navigasi melalui Maps.

2. Melalui website Pertamina Retail

Bagi Anda pelanggan setia Pertamina, mencari lokasi SPBU terdekat juga bisa melalui website resmi Pertamina Retail. Langsung saja simak langkah mudahnya:

  1. Buka browser di HP (misal Chrome)
  2. Buka situs https://pertaminaretail.com/jaringan-dan-facility/
  3. Pilih provinsi Anda
  4. Daftar SPBU Pertamina terdekat akan muncul di layar
SPBU terdekat
SPBU terdekat

3. Gunakan Asisten Google

Google Assistant adalah asisten virtual yang dapat Anda hubungi untuk mencari informasi apapun, termasuk SPBU terdekat. Tentunya Anda bisa mengandalkan Google Assistant untuk mengetahui lokasi SPBU terdekat. Berbeda dengan mesin pencari Google yang mengharuskan Anda mengetikkan kata kunci, Google Assistant hanya membutuhkan perintah suara.

Berikut langkah-langkah mencari SPBU terdekat menggunakan Google Assistant:

  1. Pastikan fungsi perintah suara Google Assistant Anda aktif
  2. Ucapkan “Ok Google”
  3. Saat Asisten Google merespons, langsung ucapkan “cari lokasi SPBU terdekat”
  4. Google akan menampilkan hasil pencarian
  5. Pilih SPBU yang Anda inginkan, lalu klik rute untuk menavigasi ke Maps

4. Melalui Google Maps

Kamu pun langsung membuka aplikasi Google Maps di HP kamu untuk mencari lokasi SPBU terdekat. Jika ponsel Anda menggunakan sistem operasi Android, aplikasi Google Maps sudah tersedia dari pengaturan pabrik. Berikut cara mencari SPBU terdekat melalui Google Maps:

  1. Buka aplikasi Google Map
  2. Ketik SPBU terdekat di kolom pencarian.
  3. Pilih rute untuk menuju SPBU yang diinginkan
SPBU terdekat
SPBU terdekat

5. Menggunakan aplikasi MyPertamina atau Shell Asia

Setiap SPBU terdekat memiliki aplikasi resmi yang bisa Anda unduh secara gratis. Untuk Pertamina nama aplikasinya adalah MyPertamina, sedangkan Shell adalah Shell Asia.

  1. Download aplikasi MyPertamina atau Shell Asia di Google Play Store (untuk pengguna ponsel Android) atau App Store (untuk pengguna iPhone)
  2. Instal aplikasi, lalu buka dan buat akun Anda sendiri
  3. Izinkan permintaan apa pun yang diperlukan, terutama akses ke lokasi ponsel Anda
  4. Di dalam aplikasi Anda dapat mencari lokasi SPBU terdekat secara lengkap beserta navigasinya.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mencari SPBU terdekat menggunakan HP kamu. Semoga artikel tentang cara mencari SPBU terdekat kali ini sangat berharga!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts