Daftar isi merupakan bagian penting dalam penyusunan karya tulis ilmiah seperti skripsi, esai, jurnal, dll. Halaman yang berisi susunan judul dan subjudul biasanya diletakkan setelah halaman judul. Membuat daftar isi otomatis di Word semakin mudah dan cepat.

Dulu, pembuatan daftar isi dilakukan secara manual dan terkesan rumit. Sekarang Anda bisa membuatnya lebih mudah dengan menggunakan menu yang ada di Microsoft Word. Hasilnya rapi dan mudah disesuaikan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui langkah-langkah cara membuat daftar isi secara otomatis di Word, baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengetahui daftar isi fungsi

Mengapa halaman ini tidak boleh hilang saat membuat jurnal ilmiah? Daftar isi memiliki beberapa fungsi yang menjadikan keberadaannya sangat penting dalam sebuah karya akademik. Salah satunya adalah menyampaikan gambaran keseluruhan topik dalam sebuah karya tulis.

Selain itu, daftar isi memudahkan pembaca menemukan halaman yang diinginkan tanpa harus membuka halaman satu per satu. Pembaca juga dapat mengetahui kelengkapan sebuah buku dengan terlebih dahulu membaca halaman daftar isi.

Bagi penulis, sebaliknya, dengan adanya daftar isi memudahkan untuk mencari informasi tentang penulisan dan menentukan nomor halaman suatu jurnal akademik. Karya tulis ilmiah yang memiliki daftar isi juga menimbulkan kesan profesional karena dibuat lebih sistematis.

Kerugian membuat daftar isi secara manual

Kerugian membuat daftar isi secara manual

Masih banyak penulis yang membuat TOC secara manual karena belum mengetahui cara membuat TOC otomatis di Word. Bagi Anda yang ingin membuat jurnal atau buku ilmiah, sebaiknya hindari membuat daftar isi secara manual. Banyak kelemahannya antara lain :

  • Membutuhkan banyak waktu, sehingga proses pembuatan karya tulis dan buku akademik menjadi lebih lama
  • Hasilnya bisa tidak konsisten, terutama saat proses pembuatannya terburu-buru
  • Penulis harus menyusun outline secara manual dan melihat banyak halaman satu per satu
  • Jika terjadi kesalahan, penulis harus menyusun ulang struktur daftar isi

Anda dapat menghindari hal yang rumit dan memakan waktu ini dengan menggunakan fitur di Word. Sebenarnya fitur ini sudah ada sejak lama dan tersedia di semua versi Microsoft Word, baik yang lama maupun yang baru. Hanya saja tidak banyak yang tahu cara melakukannya.

Manfaat membuat daftar isi secara otomatis

Manfaat membuat daftar isi secara otomatis

Jika Anda sering menggunakan Word untuk berbagai aktivitas, termasuk membuat jurnal dan laporan ilmiah, sebaiknya manfaatkan fitur yang tersedia. Salah satunya menawarkan kemungkinan untuk membuat daftar isi secara otomatis. Banyak kelebihan yang ditawarkan. termasuk:

  • Lebih menghemat waktu dan dapat dilakukan dalam waktu singkat. Ini karena penulis tidak melihat halaman satu per satu, sehingga pembuatan daftar isi jauh lebih cepat
  • Daftar isi menjadi lebih rapi sehingga memudahkan pembaca untuk mencari halaman dan memahami materi yang disajikan saat mengerjakan tugas akademik

Itu sebabnya Anda perlu mengetahui cara membuat daftar isi otomatis di Word sehingga pembuatan makalah atau buku akademik menjadi lebih mudah dan pembaca merasa nyaman saat membaca daftar isi.

11 langkah mudah membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word

11 langkah mudah membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word

Berikut adalah langkah-langkah membuat daftar isi di Word. Diantaranya adalah:

1. Membuka dokumen melalui program Microsoft Word

Sebaiknya buat halaman daftar isi pada tahap terakhir agar Anda tidak perlu sering melakukan perubahan karena perpindahan halaman. Setelah Anda membuat dokumen lengkap, yang harus Anda lakukan adalah membukanya dengan Microsoft Word untuk mempermudah pembuatan halaman daftar isi.

2. Kunci judul dan subtitel yang dibuat

Untuk memblokir judul dan subtitle, langkahnya sangat sederhana, yaitu klik tiga kali pada bagian judul atau subtitle. Atau Anda juga dapat membuat pilihan. Blokir semua subtitle yang ada.

3. Pilih Heading Type pada tab Home.

Ada banyak pilihan judul yang tersedia. Pilih Tajuk 1 untuk bagian judul. Kemudian untuk subtitle pilih Heading 2, dan untuk subtitle dibawahnya bisa pilih Heading 3, begitu seterusnya.

4. Pilih gaya tajuk

Cara membuat daftar isi otomatis di Word selanjutnya adalah memilih gaya tajuk dengan cara klik kanan pada tajuk yang dipilih lalu klik “Ubah”. Edit gaya tajuk dengan mengubah font, ukuran font, dan pengaturan lainnya.

5. Blokir semua judul dan subtitel dalam dokumen

Dalam sebuah laporan atau jurnal ilmiah terdapat beberapa judul dengan penyampaian materi yang berbeda. Jika Anda memblokir judul dan subtitle di awal. Ulangi langkah ini untuk judul dan subtitel lainnya.

Jangan lupa untuk memilih judul yang digunakan karena mempengaruhi urutan daftar isi. Jika sebuah judul dihilangkan, maka judul tersebut tidak akan secara otomatis muncul di daftar isi. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan teliti tentang cara membuat daftar isi otomatis di Word.

6. Tambahkan halaman kosong untuk membuat daftar isi

Halaman TOC biasanya diletakkan di bagian depan sebelum halaman dokumen. Jika Anda menambahkan halaman daftar isi, Anda dapat melewati langkah ini. Namun jika belum, tambahkan halaman dengan memilih menu “Insert” lalu klik bagian “Blank Page”.

Setelah mengklik, halaman baru akan muncul secara otomatis di dokumen yang dibuat. Kemudian masukkan saja judulnya. Misalnya seperti daftar isi.

7. Masukkan daftar isi secara otomatis

Langkah-langkah untuk membuat daftar isi secara otomatis sangat sederhana. Cukup buka menu “Referensi” lalu klik “Daftar Isi” yang terletak di pojok kiri atas halaman.

8. Pilih jenis daftar isi

Setelah mengklik menu Table of Contents, akan ditampilkan beberapa pilihan daftar isi yang dapat digunakan. Mulai dari tabel otomatis 1 hingga tabel manual. Untuk mempermudah pembuatan daftar isi nantinya, sebaiknya pilih tabel otomatis 1 atau 2.

9. Pilih menu Update Table jika ingin melakukan perubahan

Jika Anda mengubah dokumen kapan saja, Anda harus mengeditnya agar sesuai dengan halaman dengan daftar isi. Mengubah daftar isi mudah dilakukan dengan memilih menu “Perbarui tabel” yang terletak di panel kiri atas daftar isi.

Ada dua pilihan yang tersedia yaitu update whole table untuk mengupdate semua bagian daftar isi dan update nomor halaman hanya jika ingin mengganti nomor halaman saja.

10. Format daftar isi sesuai dokumen

Saat halaman TOC sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengubah urutan TOC agar sesuai dengan notasi di dokumen. Misalnya dengan mengubah font, spasi, ukuran font, dll. Hal ini membuat daftar isi terlihat lebih bersih dan mudah dibaca.

11. Menyimpan dokumen

Langkah terakhir dalam membuat daftar isi otomatis di Word adalah menyimpan dokumen. Yang harus Anda lakukan adalah memilih ikon “Simpan” yang terletak di sudut kiri atas atau Anda juga dapat menekan Ctrl + S.

Cara membuat daftar isi otomatis di Word di atas mudah dan cepat dilakukan. Tidak hanya mempersingkat waktu pembuatan dokumen, namun hasilnya lebih ringkas sehingga memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi.

Recommended Posts