Whatsapp merupakan aplikasi chatting Android yang sedang banyak dibicarakan belakangan ini. Karena aplikasi ini baru saja meluncurkan fitur baru yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. Fitur ini adalah centang hijau di WhatsApp. Apa fungsi ini?

Ketika kita menemukan akun-akun di Instagram yang memiliki followers ratusan ribu hingga jutaan rupiah, centang biru disematkan pada nama profil akun Instaram, kini hal seperti itu juga bisa kamu temukan di WhatsApp.

Bukan pada jumlah followers, namun untuk mendapatkan centang hijau pada WhatsApp, pemilik akun harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh WhatsApp.

Semakin penasaran dengan centang hijau di WhatsApp, maka Anda perlu membaca artikel admin sampai selesai.

Tentang Centang Hijau di WhatsApp

Melalui centang hijau di WhatsApp

Mungkin ada penipuan yang merajalela tentang WhatsApp, aplikasi ini diunggulkan. Ya, WhatsApp centang hijau adalah fitur terbaru WhatsApp yang memiliki fitur untuk menunjukkan bahwa akun yang sudah memiliki centang hijau adalah akun resmi yang diverifikasi.

Lencana WhatsApp adalah lencana hijau yang ditampilkan di profil. Sehingga ketika ada pesan masuk, nama perusahaan ditampilkan di layar penerima pesan WhatsApp tersebut. Dengan begitu, penerima pesan wa bisa dipastikan bahwa pengirim pesan tersebut benar-benar pengusaha online yang sudah terverifikasi oleh WhatsApp.

Tujuan dari centang hijau adalah untuk memberikan peluang bagi pelaku bisnis online untuk mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen.

Seperti yang kita tahu, penipuan berkedok bisnis online kini marak terjadi. Centang hijau ini adalah harapan agar pembeli mempercayai penjual yang terverifikasi centang hijau.

Mengapa Anda harus memercayai pengusaha yang memiliki tanda centang hijau? Karena mendapatkan tanda centang hijau saat mengirim pesan kepada orang lain tidaklah mudah, diperlukan beberapa prasyarat yang menunjukkan bahwa Anda adalah bisnis online yang nyata.

Manfaat menggunakan Whatsapp Green Check

Manfaat menggunakan Whatsapp Green Check

Haruskah kita menggunakan centang hijau ini pada fitur ini? Centang hijau ini khusus bagi mereka yang memiliki usaha atau bisnis yang beroperasi secara online.

Karena untuk mendapatkan centang hijau ini diperlukan berbagai persyaratan yang hanya dimiliki oleh mereka yang memiliki perdagangan. Sebelum kita membahas cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp, mari kita cari tahu dulu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan fitur ini.

  • Bangun kredibilitas dengan pelanggan atau calon pelanggan dengan memperkenalkan bisnis atau bisnis online ini menjadi bisnis yang amanah dan terpercaya. Dengan adanya fitur ini, calon pelanggan semakin percaya dengan toko online yang terverifikasi oleh WhatsApp.
  • Dapat meningkatkan penjualan produk dan mengurangi kecemasan pembeli. Jumlah penjualan Anda akan meningkat secara signifikan jika toko online Anda sudah memiliki tanda centang hijau di WhatsApp.
  • Pengenalan nama perusahaan gratis. Tanpa perkenalan berulang, nama perusahaan Anda akan muncul secara otomatis saat Anda melakukan percakapan.
  • Lencana WhatsApp yang terverifikasi memudahkan Anda menyiapkan CRM. Karena WA centang hijau sudah bisa terkoneksi dengan aplikasi CRM.

Singkatnya, fitur Green Tick memudahkan bisnis online untuk membangun merek dan menginspirasi kepercayaan pada calon pelanggan.

Jika Anda seorang pebisnis online dan Anda menggunakan WhatsApp sebagai salah satu alat promosi produk yang Anda luncurkan sekarang, sangat cocok untuk menggunakan aplikasi ini di WhatsApp yang Anda gunakan untuk menjual produk bisnis.

Perbedaan antara Centang Hijau dan Centang Biru

Perbedaan antara Centang Hijau dan Centang Biru

Di dalam aplikasi WhatsApp kita juga mengenal centang biru dan centang hijau. Centang biru pada WhatsApp adalah pengaturan dasar yang secara otomatis diadopsi oleh semua pengguna WhatsApp. Sementara itu, centang hijau WhatsApp hanya bisa didapatkan dari akun bisnis resmi yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh WhatsApp.

Jika Anda menerima pesan dari orang lain, atau mungkin kerabat Anda, dan ada tanda centang hijau di percakapan, kemungkinan mereka sudah menggunakan WhatsApp Business, yang telah diverifikasi oleh WhatsApp.

Mendapatkan centang hijau di WhatsApp tidaklah mudah. Diperlukan pengiriman ke WhatsApp oleh mitra WhatsApp resmi di setiap negara yang terkena dampak.

Namun, semuanya menjadi mudah jika menggunakan aplikasi GB WA yang kini sudah diperbarui ke versi terbaru.

Berapa lama untuk mengirim centang hijau di WhatsApp?

Tentu saja, jika fitur double tick benar-benar bisa berdampak pada penjualan produk bisnis, banyak sekali pengusaha online yang ingin mendapatkan green tick.

Untuk mendapatkan centang hijau itu, kita tidak langsung meminta centang hijau dan langsung dikabulkan. Namun membutuhkan proses yang cukup rumit dan juga membutuhkan waktu 2 hingga 7 hari.

Apakah Anda siap untuk menjalani atau mempersiapkan semua persyaratan yang diberlakukan oleh WhatsApp untuk memberi tanda centang hijau pada akun Anda? Perlu juga dicatat bahwa tidak semua yang mengajukan permintaan centang hijau WhatsApp semuanya diterima. Namun ada juga yang ditolak WhatsApp karena alasan tertentu.

Jika hal ini pernah terjadi pada Anda yang sudah mengajukan centang hijau namun tetap ditolak, Anda bisa mengecek status akun WhatsApp Business API. Selain itu, Anda juga dapat meminta bantuan BSP untuk meninjau atau mengirimkan kembali permintaan verifikasi yang sebelumnya ditolak.

Cara mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp

Cara mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp

Ingin mengajukan whatsapp dan akun untuk mendapatkan centang hijau? Pertama, Anda harus memenuhi persyaratan yang disediakan oleh WhatsApp, lalu ikuti langkah-langkah yang akan admin bahas di bawah ini.

1. Mendaftar dengan penyedia solusi bisnis

BSP adalah platform resmi whatsapp. Peran BSP ini adalah untuk menghubungkan bisnis yang Anda miliki ke WhatsApp Business API, memberi Anda manfaat dari WhatsApp API. Secara khusus, BSP memiliki kewenangan:

  • Buat, aktifkan, dan kelola akun WhatsApp Business resmi milik pengguna akun WA centang hijau.
  • Hubungkan akun WhatsApp Business ke WhatsApp Business API
  • Kelola pesan pelanggan Anda dalam kotak masuk terpadu
  • Ciptakan ruang bagi anggota tim Anda untuk bekerja sama
  • Analisis dan berikan wawasan berharga dengan database.

2. Buat akun pengelola Facebook

Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah membuat akun Facebook Business Manager. Tujuan pembuatan akun pengelola Facebook adalah agar Anda mendaftar dengan akun pengelola Facebook. Ini membuat proses login lebih aman daripada hanya menggunakan email dan kata sandi.

3. Memberikan Business Manager ID kepada Qiscus sebagai official WhatsApp BSP

Selanjutnya, Anda perlu mengirimkan ID Pengelola Bisnis Anda ke Qiscus. Informasi ini dapat ditemukan di bawah nama akun Pengelola Bisnis. Setelah menemukannya, kirim email ke WhatsApp dengan ID Pengelola Bisnis yang Anda miliki.

4. Izinkan pengiriman pesan dari platform Qiscus

Selanjutnya, WhatsApp memerlukan persetujuan Anda untuk mengirim pesan ke pelanggan yang menggunakannya atas nama Anda. Dalam proses ini, permintaan “pesan atas nama” dikirim melalui email dan dikirim ke Pengelola Bisnis. Dan Anda dapat menyetujuinya melalui perjanjian bisnis.

5. Konfirmasikan nama perusahaan, kebijakan, dan tampilan Anda

Setelah Anda akhirnya menyetujui permintaan BSP, Anda harus mengonfirmasi nama dan kebijakan perusahaan Anda di Pengelola Bisnis untuk WhatsApp agar dapat melihatnya. Kita bisa melakukannya di “Pengaturan bisnis”. Opsi ini berwarna abu-abu hingga Anda menyetujui “pesan atas nama” yang kemudian akan dikirimkan oleh tim kepada Anda.

Nama tampilan harus mematuhi kebijakan perdagangan dan bisnis WhatsApp, serta kebijakan perusahaan yang ditetapkan. Perlu juga dicatat bahwa setelah mendaftarkan nama kontak bisnis Anda dengan WhatsApp sebagai akun bisnis resmi. Anda tidak dapat mengubahnya tanpa status yang dikonfirmasi.

Qiscus, BSP WhatsApp API terpercaya yang perlu Anda ketahui

Saat menjalankan sistem centang hijau di whatsapp tidak bisa berjalan sendiri melainkan membutuhkan kerjasama dengan aplikasi atau sistem lain. Setelah berhasil mengirimkan semua persyaratan di atas, tentukan WhatsApp BSP yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Qiscus merupakan salah satu provider resmi yang menjadi bagian dari Whatsapp BSP. Untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda, Qiscus memberi Anda kebebasan untuk menyesuaikan untuk menciptakan layanan pelanggan yang lebih baik dan lebih maju.

Berbeda dengan provider lain, Qiskus tidak memungut biaya instalasi (biaya setup) apapun. Jadi pelanggan hanya dikenakan biaya berlangganan dan biaya bulanan.

Dengan menggunakan Qiscus Multichannel Chat Anda juga dapat memantau kinerja setiap agen dengan role Supervisor dan Admin di dashboard setiap saat.

Menyimpulkan

Itu saja untuk verifikasi centang hijau WhatsApp. Silakan ikuti petunjuk untuk mendapatkan centang hijau di akun WhatsApp Anda. Terimakasih banyak. Saya harap ini berguna.

Recommended Posts