Buat kamu yang masih bingung mengencai cara cek NISN pribadi ataupun sekolah bisa simak cara-caranya di bawah ini. Setiap orang pasti memiliki NISN karena nomor ini sudah terdaftar sejak awal daftar sekolah.

Mungkin di antara kalian masih ada yang belum tahu soal NISN ini dan tidak tau cara untuk cek NISN. Atau malahan kamu tidak tau kepanjangan dari NISN dan fungsi dari data tersebut.

Oleh karena itu, jika kamu membutuhkan data NISN ini untuk suatu kebutuhan maka jangan lewatkan pembahasan di bawah ini. Admin . akan menjelaskan pembahasan secara lengkap mengenai cara cek NISN Online, fungsi dari NISN, dan informasi berkaitan yang lainnya.

Tanpa perlu berlama-lama kamu bisa baca baik-baik informasinya satu demi satu hingga selesai ya.

Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang NISN

hal-yang-perlu-kamu-ketahui-tentang-nisn

NISN yang merupakans ingakatan dari Nomor Induk Siswa Nasional ini melekat pada siswa di Indonesia. Setiap siswa pasti memiliki NISN semenjak ia masuk di bangku sekolah dasar. Biasanya nomor induk ini adalah rapor di bagian depan ataupun biodata.

NISN ini terdiri dari 10 digit angka yang unik dan antara satu orang dengan yang lainnya itu tidak akan sama. Di bagian 3 digit paling belakang adalah angka lahir kalian dan untuk 7 angka di bagian depan merupakan kode rahasia yang susunannya tidak diketahui secara pasti bagaimana.

Banyak juga yang belum tau detail mengenai nomor ini dan masih sering ada salah persepsi. Kamu harus tahu kalau setiap orang memiliki NISN yang berbeda dan tidak akan pernah berubah. Ketika kamu sudah daftar SD kan akan langsung mendapatkan NISN dari pemerintah.

NISN ini juga merupakan tanda bahwa kamu terdaftar secara resmi sebagai siswa di Indonesia baik itu tingkat SD hingga perguruan tinggi. Apakah kalau kita naik tingkat harus mengganti NISN ini? Jawabannya adalah tidak karena nomor induk siswa nasional ini setiap orang hanya ada satu.

Dan nomor tersebut akan kamu pakai hingga kamu sudah kuliah atau menjadi mahasiswa dan biasanya juga dipakai untuk beberapa pendaftaran penting. Untuk cek NISN ini banyak cara yang bisa kamu lakukan baik secara online maupun offline.

Mungkin kamu masih belum tau ya apasih kegunaan dari NISN ini dan mengapa orang cek NISN mereka? Ini dia beberapa kegunaan dari nomor induk siswa nasional yang harus kamu ketahui.

Kegunaan Nomor Induk Siswa Nasional

Nomor induk siswa nasional atau disingkat NISN merupakan kode yang dimiliki setiap siswa di Indonesia yang terdaftar secara resmi di Kemendikbud. Sebagian di antara kalian mungkin tidak terlalu menggubris tentang NISN ini kan.

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kode unik ini sangat penting untuk kamu ketahui. Kamu tidak perlu takut apakah nomor ini hilang atau tidak. Karena begitu kamu terdaftar sebagai anak kelas 1 di sekolah dasar mana pun. Maka kamu sudah memiliki NISN.

Apalagi di masa sekarang ini sudah pasti memiliki kode ini sebagai ciri khas dan juga alat pembeda antara satu anak dengan yang lainnya. NISN ini berbeda dengan NIS yang merupakan Nomor Induk Sekolah ya. Kalau NIS ketika kamu sudah naik tingkat misal dari SD ke SMP.

Maka NIS kamu pun akan berganti lagi karena ini kode yang disesuaikan dengan sekolah masing-masing. Kalau NISN ini tidak akan berbeda dan berlaku seumur hidup.

Lalu kegunaan dari NISn ini apa sih? Dan mengapa kita harus mengetahui berapa Nomor Induk Siswa Nasional milik kita sendiri?

Kegunaan utama dari NISN adalah sebagai pembeda antara siswa di Indonesia dengan siswa yang sekolah di luar negeri. NISN ini sangat berguna untuk berbagai pendaftaran terutama pendaftaran sekolah. Pada saat kamu mendaftar ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Maka akan diminta untuk memasukkan NISN ini di bagian pendaftarannya. Atau untuk kamu yang mengikuti program di sekolah. NISN juga digunakan untuk memberikan bantuan operasional dari sekolah kepada siswa-siswa tertentu dan tidak mungkin tertukar.

Jadi, sudah tau kan apa kegunaan dari NISN ini? Selanjunta bagaimana sih sistem NISN di Indonesia ini?

Bagaimana Sistem NISN Di Indonesia?

Kamu sudah tau belum siapa yang membuat NISN tiap siswa yang ada di Indonesia dan bagaimana prosesnya? NISN ini dibuat langsung oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) secara otomatis.

Tiap kode yang ada di NISN ini merupakan kode acak dan bisa dikenali hanyalah 3 angka dari belakang saja. Tiap NISN siswa di Indonesia dapat ditemukan dengan mudah baik melalui data dari sekolah ataupun kamu ingin cek NISN online melalui laman tertentu.

NISN ini berlaku seumur hidup dan tidak dapat diubah, kecuali kalau memang terdapat kesalahan-kesalahan. Dan kalau ada kesalahan yang terdapat di NISN maka kamu harus melaporkannya juga ke PDSPK.

Jangan bingung lagi ya soal sistem di NISN di Indonesia dan apa kegunaan dari nomor induk siswa nasional itu.

Manfaat Adanya Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Sebenarnya apa sih manfaat dari NISN? Mengapa kita harus memiliki NISN? Pasti banyak kan yang bertanya soal manfaat dari nomor induk ini. Kalau kamu tidak memiliki NISN maka akan sulit ketika ingin mendaftar sekolah ataupun hal yang berkaitan.

Karena rata-rata ketika kamu ingin mendaftar sekolah menengah pertama ataupun sekolah menengah atas maka akan dimintai untuk mengisi NISN. Setiap siswa kan pasti memiliki NISn yang berbeda dan pastikan kodemu itu tidak bermasalah.

Manfaat dari Nomor induk ini mungkin tidak terasa secara nyata oleh kalian. Namun, tanpa adanya NISN kamu tidak akan terverifikasi dimana pun ketika mendaftar menjadi siswa sekolah tersebut. NISN ini kan terdaftar secara resmi di Kemendikbud.

Dan jika sekolah itu membutuhkan data kalian maka akan dengan mudah muncul hanya melalui pencarian NISN saja. NISN Ini tidak sama dengan NIK ya teman-teman.

Adanya NISN ini lebih memudahkan pemerinta untuk mendata setiap siswa yang ada di Indonesia terutama jika ada program atau kegiatan tertentu. Jadi, jangan dianggap sepele ya NISN ini. Karena tanpa adanya nomor induk ini kamu akan susah terdeteksi secara otomats di Kemendikbud.

Lalu untuk cek NISN ini bagaimana ya? Apakah harus buka rapor lebih dulu? Ataukah harus minta ke sekolah? Jawabannya adalah tidak. Karena cek NISN kini bisa dilakukan secara online dan tidak memerlukan proses yang lama.

Simak baik-baik mengenai cara cek NISN online dan platform apa yang harus digunakan kalau mau mengetahui nomor induk siswa nasional milik kita sendiri.

Zaman sekarang kan teknologi sudah semakin canggih ya dan apa-apa bisa dilakukan secara online. Kamu kalau sedang mager untuk buka HP atau tidak hapal NISN sendir maka tidak usah panik. Karena ada beberapa cara yang bisa dlakukan untuk melihat kode tersebut.

Dalam hal ini kamu harus mengetahui platform apa yang digunakan untuk melihat nomor tersebut. Dan platform ini berbentuk website serta bisa diakses oleh setiap orang kapan dan dimana saja.

Tidak ada persyaratan khusus yang harus dimasukkan kalau kamu mau mengetahui berapa nomor induk siswa nasional kalian. Yang kamu perlukan hanyalah dengan mengisi data-data yang diminta dalam platform tersebut.

Buat yang masih belum tau mengenai cara untuk cek NISN dengan baik dan benar. Tdak perlu khawatir ataupun panik karena . akan membahasnya satu per satu untuk para pembaca setia artikel ini.

Sebelum itu kamu harus tau dulu ya apa nama website untuk mengecek data kode unik tetap milik setiap siswa di Indonesia ini. Setiap orang bisa mencari tau berapa kode NISN nya melalui website dar Kemendikbud.

Website tersebut bisa kamu cari di mesin pencarian apapun baik itu melalui perangkat PC ataupun HP tidak ada masalah. Untuk mempermudah pencariannya, maka langsung saja salin alamat website ini ke dalam mesin pencarian https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

Ketika kamu memasukkan alamat website tersebut maka akan langsung masuk ke dalam laman utama dari situs yang dituju. Dan tidak perlu membuat akun ataupun yang lainnya.

Dan untuk cara selengkapnya mengenai cek NISN di website Kemendikbud jangan lupa untuk simak penjelasannya di bawah ini ya.

Cara Cek NISN Siswa Berdasarkan Nama Secara Online

cara-cek-nisn-berdasarkan-nama

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya kalau untuk cek Nomor Induk Siswa Nasional ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Kami akan membahasnya satu per satu dimulai dari cara cek nomor induk siswa nasional berdsarkan nama.

Caranya masih menggunakan website yang sudah kami berikan di atas tadi yaitu melalui website Kemendikbud. Tidak banyak hal yang harus masukkan ke dalam website ini. Dan sudah pasti semua data yang kamu isikan kesana aman ya.

Informasi yang perlu kamu ketahui adalah data yang akan muncul di halaman website tersebut tidak banyak ya. Dan yang paling penting kan kamu hanya ingin melihat NISNnya saja.

Tidak perlu berlama-lama langsung saja kita masuk ke pembahasan mengenai cara cek NISN berdasarkan nama secara online. Oh iya, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang bagus ya. Situs ini hanya biisa diakses jika kamu tersambung dengan internet.

Masukkan Nama Lengkap

Data pertama yang harus kamu masukkan adalah nama lengkap. Di bagian nama lengkap ini kamu harus memasukkan nama yang sesuai dengan nama yang terdaftar di akta kelahiran.

Pada saat daftar sekolah kan banyak dokumen yang diminta termasuk akta kelahiran. Dan masukkan nama tersebut jangan sampai salah. Karena kalau ada data yang salah hasilnya tidak akkan keluar ataupun tidak valid.

Kamu juga sebenarnya bisa cek NISN milik orang lain apabila bisa mengs semua data yang dibutuhkan dari website tersebut.

Masukkan Tempat Tanggal Lahir

Kemudian data yang harus kamu isi adalah tempat lahir. Untuk tempat lahir ini juga harus sama dengan di kartu keluarga dan akta kelahiran ya. Misalnya kamu lahir di kota Jakarta ya masukkan Jakarta di kolom yang tersedia.

Setelah memasukkan tempat lahir, maka kamu harus mengisi juga bagian tanggal lahir secara lengkap. Tuliskan tanggal lahir mulai dari tanggal bulan dan juga tahun dan ingat jangan sampai salah.

Beberapa orang ada yang sering keliru disini sehingga ketika dicari datanya tidak muncul ataupun tidak keluar.

Jadi, kalau misalnya kamu mengalami kendala maka coba cek lagi data yang kamu masukkan sudah sesuai atau belum ya teman-teman.

Masukkan Nama Ibu

Data terakhir yang harus kamu isi adalah nama ibu kandung. Jangan tanya mengapa kamu harus memasukkan nama ibu kandung untuk cek NISN ya. Data nama ibu ini juga sering kali ditanyakan untuk beberapa perrsyaratan.

Biasanya pada saat kamu mendaftar sekolah data-data seperti ini sudah didaftarkan lebih dulu oleh sekolahmu. Sehingga kamu harus menyamakannya dan jangan sampai keliru.

Jika semua kotak sudah terisi dengan benar, maka ada kolom verifikasi I’m Not Robot yang harus klik tanda ceklis. Lalu lakukan verifikasi kode Captcha.

Setelah itu langsung saja klik “Cari Data” dan tunggu hingga hasiilnya muncul. Kalau sudah maka akan muncul informasi mengenai kode NISN dan juga yang lainnya d layar.

Informasi yang akan kamu dapat adalah nomor induk siswa nasional, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, Jenis kelamin, dan juga status. Jika kamu masih aktif menjadi seorang siswa ataupun mahasiswa, maka statusmu akan ada bacaan aktif.

Tidak banyak memang informasi yang tersedia disana karena sisanya itu bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh pemerintah saja.

Cara Cek NISN Tanpa Nama Ibu

cek-nisn-tanpa-nama-ibu

Apakah untuk cek NISN ini harus selalu menggunakan nama ibu? Jawabannya adalah tidak karena ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui berapa nomor induk siswa nasional milik masing-masing.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini jika kamu ingin mengetahu cara lain untuk cek NISN tanpa nama ibu. Dalam hal ini website yang kamu gunakan tetap dari Kemendikbud hanya saja untuk alamat website itu sedikit berbeda. Dan data yang harus kamu masukkan pun sedikit berbeda dari yang sebelumnya.

Supaya kamu tidak bingung langsung saja baca baik-baik mengenai cara cek NISN tanpa nama ibu di bawah ini ya teman-teman.

  • Pertama, kamu bisa masuk dulu ke webste untuk cek nomor induk siswa nasional melalui link berikut ini https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/vervalidentitas/.
  • Langsung saja salin link tersebut dan pindahkan ke mesin pencarian saja agar kamu tidak perlu susah payah mencari linknya secara manual.
  • Setelah itu kamu akan masuk ke dalam laman utama dari website tersebut dan melihat beberapa data yang harus diisi.
  • Masukkan NPSN atau Nomor Kepala Sekolah Nasional yang bisa kamu cari di webste DAPODIK.
  • Kemudian isi tanggal lahir kalian dan jangan sampai salah.
  • Lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bisa kamu lihat di kartu keluarga ataupun di KTP bagi yang sudah memilikinya.
  • Selanjutkan klik di bagian I’m Not Robot dan kalau sudah muncul tombol ceklis. Lanjutkan klik Cari Data .
  • Maka informasi yang akan muncul tidak akan berbeda jauh dari cara yang sebelumnya.

Bagaimana Jika NISN Tidak Dapat Ditemukan?

Apakah di antara kalian ada yang pernah mengalami kendala ketika cek NISN dan ternyata tidak ditemukan? Jika kamu mengalami kendala semacam ini, maka jangan panik karena kami akan memberirkan solusinya.

Sebelummnya ketahui dulu penyebab biasanya NISN tidak ditemukan. Biasanya hal ini terjadi karena NISNmu tidak valid ataupun adanya kesalahan pencatatan di Ijazah.

Untuk mengatasi hal ini maka kamu harus melapor ke sekolahmu sendiri dan katakan bahwa NISN mu tidak terdaftar.

Kamu nanti akan diarahkan oleh pertugas sekolah bagaimana cara untuk mengurusnya dan biasanya sekolahlah yang akan mengurus karena itu tanggung jawab mereka.

Sebelum terlambat jangan sampai kamu baru sadar kalau NISNmu tidak valid ketika sudah kuliah ya.

Jangan bingung lagi ya kalau kamu diminta untuk cek NISN secara online baik berdasarkan nama ataupun tanpa nama ibu ya. Informasi yang berguna lainnya bisa kamu cari di ..

Recommended Posts