Jika kamu memang salah satu orang yang sedang mencari cara untuk melakukan cek ijazah dikti gitu, maka kamu sudah masuk ke halaman artikel yang tepat. Karena disini kami akan sampaikan ke kamu beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengecek ijazah tersebut. Ingin tahu kan?

Memang ya ijazah ini banyak diperlukan untuk keperluan di dunia pendidikan dan dunia kerja juga. Untuk itu, banyak orang yang ingin memiliki ijazah supaya nantinya bisa mengejar mimpi atau bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik gitu deh ya. Tetapi, di dunia yang semakin canggih ini, tidak jarang banyak orang yang memalsukan ijazah gitu lho.

Untuk itu, supaya kamu bisa membedakan dan melihat mana ijazah yang benar dan ijazah yang palsu dengan cara-cara yang ada. Tenang saja, cara yang akan bisa kamu lakukan ini sangat mudah kok. Kamu tidak akan merasa kesulitan juga karena ya bisa melalui situs online gitu.

Nah, untuk itu supaya kamu bisa mengetahui tentang pembahasan yang ada disini, kamu harus simak saja artikel . yang ada disini sampai selesai, ya. Karena memang sangat-sangat lengkap lho ya. Bagaimana kamu ingin tahu sekarang? Jika memang begitu, langsung saja ya kita masuk ke dalam pembahasannya ini.

Pengertian Dari Ijazah

Pengertian-Dari-Ijazah

Mungkin supaya lebih jelas lagi pembahasan yang kami berikan disini, kami akan memulai pembahasannya ini dari pengertian ijazah ini, ya. Bagaimana? Oke banget kan? Supaya nantinya kamu bisa mengetahui pengertian dan juga memahami secara benar tentang ijazah ini.

Ijazah merupakan salah satu dokumen penting yang bisa digunakan untuk banyak hal. Menurut Wikipedia, Ijazah ini merupakan salah satu informasi data yang berisi deretan nilai-nilai gitu. Yang mana nilai yang ada di dalam ijazah tersebut akan bisa mempresentasikan kecakapan atau intelektualitas diri dari seseorang.

Nantinya ijazah ini akan bisa didapatkan jika telah selesai mengikuti pembelajaran di sekolah formal baik TK, SD, SMP, SMA, Madrasah, Universitas dan lainnya. Untuk bisa mendapatkan ijazah ini ya pastinya kamu harus berhasil mengikuti tes atau ujian di jenjang pendidikan yang diikuti tersebut, ya.

Tidak hanya deretan nilai saja yang ada di dalam ijazah, namun nantinya ada banyak sekali informasi pentingnya. Mulai dari nama siswa, nomor seri ijazah, tanda pengesahan ijazah, tandatangan pihak kepala sekolah atau universitas, kode-kode ijazah dan lainnya.

Nah, kalau kamu bertanya apa perbedaan yang ada di ijazah sekolah dengan universitas, maka jawabannya ada dari nilai. Karena kalau di ijazah universitas atau ijazah kuliah itu adanya deretan IPK. Seperti itu, ya. Bagaimana kamu sudah paham kan dengan pengertian ijazah ini?

Ijazah ini juga memiliki beberapa manfaat lho yang tentunya akan bisa membuat kamu menjadi lebih maju lagi, gitu. Kamu ingin mengetahuinya? Jika kamu ingin mengetahuinya nanti di pembahasan yang selanjutnya kami akan sampaikan ke kamu pembahasannya ya.

Utilitas Dari Ijazah yang Dimiliki

Utilitas-Dari-Ijazah-yang-Dimiliki

Kalau tadi di atas, kami sudah sampaikan ke kamu pengertian dari ijazahnya ini, ya. Nah, kalau sekarang kamu juga harus mengetahui manfaat yang ada dari ijazah ini. Memang ya manfaat ijazah ini bisa dibilang banyak sekali. Jadi, pejuang ijazah ini juga pastinya akan sangat memperjuangkannya ya.

Apalagi kalau kamu memiliki ijazah dengan nilai-nilai yang baik, nantinya akan bisa digunakan untuk kedepannya lho ya. Terutama di dunia kerja gitu, ya. Nantinya ijazah yang ada ini akan bisa digunakan sekali. Untuk kamu yang memang masih bingung gitu, maka di bawah ini kami akan sampaikan ke kamu kegunaannya ya.

Kan kalau sudah mengetahuinya ini nanti, kamu akan bisa langsung saja melakukan banyak halnya gitu lho ya. Untuk itu, di bawah ini kami akan sampaikan ke kamu beberapa pembahasan yang menyangkut tentang manfaat dari ijazah yang dimiliki gitu. Langsung saja oke?

Sebagai Pembuktian Intelektualitas Diri Seseorang

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas tadi, ya kalau di dalam ijazah ini nantinya ada deretan nilai-nilai gitu, ya. Nah, tentunya dari deretan nilai yang diberikan dari ijazah ini akan bisa membuktikan intelektualitas atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang tersebut, ya.

Jadi, dengan adanya ijazah ini bisa membuktikan kalau seseorang yang namanya tertera di dalam ijazah memiliki kecakapan yang pantas untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau berhak atas pekerjaan yang dilamar. Begitu, ya. Sangat-sangat penting sekali kan, ya.

Salah Satu Syarat yang Akan Dibutuhkan Untuk Melamar Pekerjaan

Kalau kamu sudah lulus dari suatu sekolah formal atau pendidikan formal, mau SMA, SMK atau dunia perkuliahan, pastinya kamu akan mencari pekerjaan kan? Iya dong, pastinya kita ingin menjalankan kehidupan selanjutnya yang lebih baik dan lebih berkualitas lagi, ya. Nah, salah satu persyaratan yang ada di lowongan atau lamaran pekerjaan pastinya ijazah ya.

Karena memang ijazah ini menjadi salah satu syarat yang sangat krusial dalam pendaftaran pekerjaannya. Selain bisa menilai dari kecakapan yang ada nantinya juga akan membuktikan kalau kamu sudah tamat atau sudah menyelesaikan sekolah atau pendidikan formalnya tersebut, gitu.

Menjadi Syarat Untuk Melanjutkan Pendidikan yang Selanjutnya

Misalkan kamu sudah lulus dari SMA (Sekolah Menengah Atas) atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) pastinya kamu akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi kan? Yap, nantinya kamu akan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan ini.

Pastinya untuk mendaftarkan diri ke dunia perkuliahan ini, kamu memerlukan ijazah ya. Kan nantinya kalau ijazah yang kamu miliki belum ada, maka kamu belum bisa melakukan pendaftarannya gitu. Jadi, memang ijazah ini sangat-sangat penting untuk kamu simpan dan kamu miliki ya. Dengan ijazah kamu nantinya bisa mendaftar di pendidikan formal mana saja.

Bisa Digunakan Untuk Penentu Gaji, Jabatan dan Lainnya

Selain itu, di dunia kerja juga ijazah ini sangat-sangat diperlukan lho ya. Tidak hanya di surat lamaran pekerjaan saja, tetapi saat sudah masuk di pekerjaan tersebut, terkadang ijazah juga dibutuhkan. Seperti, kamu akan bisa mendapatkan gaji sekian-sekian berdasarkan ijazah yang kamu miliki.

Atau ada juga nih kenaikan jabatan namun nantinya kenaikan jabatan yang diadakan itu akan didasarkan oleh ijazah yang kamu miliki gitu. Misal tes untuk kenaikan jabatannya ini hanya diadakannya untuk orang yang memiliki ijazah S1 atau hanya diadakan untuk orang yang memiliki ijazah SMA saja. Intinya ijazah ini sangat-sangat dibutuhkan untuk hal-hal apapun baik di dalam pekerjaan maupun di pendidikan, ya.

Cara Cek Ijazah Dikti Dengan Mudah dan Benar Tanpa Berbayar

Nah, setelah tahu apa itu pengertian ijazah dan juga manfaat dari ijazahnya, disini . akan sampaikan ke kamu cara untuk mengecek ijazah dikti. Memang sih teknologi akan semakin maju gitu dan terkadang dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal yang melenceng.

Salah satunya adalah melakukan pemalsuan ijazah gitu, ya. Kan ada sih, terkadang ingin mendaftar di suatu pekerjaan namun menggunakan ijazah buatan yang palsu gitu. Supaya nantinya bisa keterima di pekerjaan yang satu ini karena memiliki ijazah yang sesuai padahal palsu. Nah, untuk itu, kamu harus tahu bagaimana cara melakukan pengecekan ijazahnya ini.

Jika kamu sudah mengetahuinya kan jadi lebih enak ya. Jadi, nantinya kamu akan bisa langsung melakukan pengecekan apakah ijazah yang ini palsu atau asli, gitu. Nah, ada beberapa cara juga lho yang akan bisa kamu lakukan untuk melakukan pengecekannya ini. Kamu tidak perlu juga pergi kemana-mana gitu.

Karena kamu sudah bisa melakukan pengecekkannya ini melalui online saja. Langsung saja kalau seperti itu, kamu harus menyimak tentang beberapa tahapan yang beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek Ijazah Dikti dengan mudah dan cepat ini. Cara-cara yang bisa dilakukan ada 3, yaitu sebagai berikut, ya.

Cek Ijazah Dikti S1 Dengan Menggunakan SIVIL

cek-ijazah-dikti

Pertama, kami akan berikan ke kamu cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengecek ijazah dengan menggunakan SIVIL. Untuk kamu yang belum mengetahui SIVIL itu apa, maka kami akan coba jelaskan terlebih dahulu, ya. Kamu juga jangan sampai melewatkan pembahasan yang ada ini.

SIVIL merupakan salah satu singkatan dari Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik yang mana alat ini merupakan alat digital yang berbentuk situs, ya. Namun, untuk penggunaannya ini jangan khawatir, karena situs ini sudah masuk ke dalam situs resmi gitu. Kamu akan aman saja kok.

Selain itu, data kamu tidak akan terpencar kemana-mana karena situs ini merupakan salah satu situs yang dikelola langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud). Jadi, untuk menggunakan situs ini kamu bisa aman dan lega ya. Untuk melakukan cek ijazah dikti di bawah ini.

  1. Kamu harus akses terlebih dahulu Browser yang kamu miliki di perangkat PC yang kamu miliki.
  2. Setelah selesai dalam akses browsernya kamu bisa langsung masuk saja ke situs SIVIL atau supaya cepat kamu bisa menggunakan link https://ijazah.kemdikbud.go.id/index.php/ ini saja ya.
  3. Kamu tunggu sampai proses pembukaan situsnya ini selesai. Kalau sudah selesai kamu akan langsung ditampilkan halaman situs SIVIL ini.
  4. Nanti kamu akan langsung diminta untuk memasukkan data-data yang dibutuhkan, ya.
  5. Kamu nanti bisa langsung masukkan nama perguruan tinggi yang kamu ikuti. Jangan sampai kamu memasukkan namanya dengan disingkat atau kata lainnya, ya. Harus lengkap kamu menuliskannya.
  6. Selanjutnya, kamu masukkan lagi program studi dan jenjang ijazah misalnya, S1 yang kamu miliki. Kamu jangan sampai salah memasukkan data yang satu ini, ya. Karena data ini sangat penting.
  7. Ketika sudah, kamu tinggal masukkan nomor ijazah nasional dan nomor seri ijazah yang kamu miliki. Jangan sampai selip dan salah memasukkan angka-angkanya, ya. Pastikan semua data yang kamu masukkan benar.
  8. Masukkan kode pengaman yang ada.
  9. Kamu klik saja verifikasi jika semua data yang dimasukkan sudah benar semua.
  10. Selesai.

Cek Ijazah Dikti SMK, SMA, SMP dan SD Melalui Situs Resmi Dari Kemendikbud

Cek-Ijazah-Dikti-SMK-SMA-SMP-dan-SD-Melalui-Situs-Resmi-Dari-Kemendikbud

Cara yang kedua ini akan bisa kamu lakukan untuk mengecek ijazah SD, SMP, SMA dan SMK lho ya. Kalau kamu ingin melakukan pengecekan data dari ijazah SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA ( Sekolah Menengah Atas), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) bisa banget.

Nantinya kamu bisa memanfaatkan situs resmi dari kemendikbud yang ada. Untuk melakukan pengecekannya ini kamu bisa langsung melakukannya melalui situs resmi yang mudah dan gratis lho, ya. Selain itu, situs yang satu ini juga aman untuk kamu gunakan ya. Jadi, jangan takut deh, ya.

Langsung saja, supaya kamu mudah untuk melakukan pengecekkannya, di bawah ini ada cara-cara yang bisa dilakukan deh. Jangan sampai kamu skip untuk melakukan langkah-langkahnya ini. Oke?

  1. Kamu bisa masuk ke dalam Browser yang digunakan di perangkat kamu saja.
  2. Selanjutnya kamu bisa masuk ke dalam situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ yang merupakan situs resmi dari Kemendikbud.
  3. Setelah berhasil masuk ke dalam situs resminya tersebut dan berhasil terakses, kamu bisa langsung masukkan NISN yang ada di ijazah kamu. Jangan sampai salah memasukkan kode NISN tersebut dan jangan terselip satu angka pun, ya.
  4. Kamu masukkan lagi Nama Ibu Kandung yang ada. Kamu harus benar memasukkan data ini, ya.
  5. Lanjut, kamu bisa memasukkan lagi Kode Captcha yang disediakan.
  6. Kalau sudah, klik saja Cari Data.
  7. Nanti semua data yang ada akan diinformasikan ke kamu, ya.
  8. Selesai.

Cek Keaslian Ijazah Melalui Forlap Riset Dikti

cek-ijazah-dikti

Selain dari SIVIL tadi, kamu juga nantinya akan bisa melakukan pengecekan ijazah yang asli atau tidak melalui situs forlap riset dikti, ya. Untuk melakukan pengecekan ini juga sangat-sangat sederhana lho ya. Kamu nantinya akan bisa melakukannya dengan cara-cara yang mudah juga.

Apakah kamu sudah tidak sabar untuk mengetahui bagaimana cara melakukan cek ijazah dikti? Untuk mengeceknya ini juga kamu akan bisa melakukannya untuk cek ijazah S1 dan lainnya ya. Intinya ijazah yang didapatkan dari jenjang perkuliahan. Untuk lebih lengkapnya, simak langkah-langkah di bawah ini.

  1. Kamu bisa langsung masuk ke dalam situs https://forlap.kemdikbud.go.id/mahasiswa ini, ya. Bisa masuk melalui Browser apapun deh ya yang ada di perangkat kamu.
  2. Setelah itu, kamu bisa langsung saja memasukkan data seperti yang diminta, pertama kamu harus masukkan nama perguruan tinggi. Jangan sampai disingkat atau memasukkan nama julukannya bukan nama asli.
  3. Kalau sudah, memasukkan lagi program studi yang kamu ambil di perguruan tinggi tersebut, ya.
  4. Kemudian, kamu bisa melakukan input kata kunci yang ada.
  5. Masukkan nama mahasiswa atau bisa juga nomor induk mahasiswa di kolom yang ada.
  6. Setelah itu, kamu akan diberikan soal hitungan sederhana untuk tanda verifikasi.
  7. Setelah selesai, kamu akan bisa melihat informasi ijazah deh.

Cara Untuk Melakukan Cek No Seri Ijazah Dengan Mudah Secara Online

cek-ijazah-dikti

Nah, kalau kamu juga ingin mengecek no seri dari ijazah yang dimiliki, maka nantinya kamu bisa melakukannya dengan cara-cara yang mudah juga lho ya. Cara yang akan bisa kamu lakukan di bawah ini sangat-sangat mudah. Ingin tahu? Kalau gitu kamu bisa langsung simak langkahnya sebagai berikut.

  1. Kamu bisa langsung saja masuk ke dalam situs https://ijazah.ristekdikti.go.id/ dengan menggunakan browser yang ada.
  2. Nantinya kamu akan bisa langsung memasukkan data-data yang dibutuhkan dengan benar dan juga penuh.
  3. Kalau semua data yang diperlukan sudah diisi, maka kamu klik tombol Cari.
  4. Selesai, nanti data akan diberikan ke kamu.

Recommended Posts