Membeli mobil bekas secara online memiliki banyak keuntungan dibandingkan proses tradisional. Kendati masih banyak konsumen mobil bekas di Indonesia masih suka menikmati negosiasi tatap muka dengan calon penjual.

Tapi proses bolak-balik negosiasi antara pembeli mobil dan penjual juga bisa jadi melelahkan. Sekarang untungnya, hampir setiap proses pembelian mobil bekas dapat diselesaikan secara online.

Dengan lebih sedikit stress, calon pembeli mobil bekas pun bisa mendapatkan unit yang berkualitas dan bergaransi.

Dalam artikel ini, Mobil123 akan memberikan beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum membeli mobil bekas terbaik yang dimiliki Carsome di aplikasi Mobil123.

Sebelum mempraktikan ada baiknya Anda download dulu aplikasi Mobil123 di sini yah. Klik–> Download Aplikasi AutoMagz di iOS atau Android Mobil123.

Tahapan Perencanaan Sebelum Membeli Mobil Bekas Secara Online

Untuk membeli mobil bekas atau baru berkualiatas dari dealer terpercaya seluruh Indonesia bisa dilihat di aplikasi Mobil123.

Khusus untuk mobil bekas terbaik, kami pun punya listingan dari Carsome. Nah untuk mencari kendaraan idaman Anda, ada baiknya baca panduan dari kami berikut ini:

Tetapkan Anggaran

Sebelum Anda memulai proses pembelian online, ada beberapa hal yang perlu Anda urus. Pertama dalam daftar itu adalah menetapkan anggaran.

Tanpa mengetahui berapa banyak yang dapat Anda belanjakan, sulit untuk mengetahui mobil bekas apa yang harus dibeli.

Hitung kemampuan Anda dalam membeli mobil bekas, dapat membantu Anda mempersempit harga kendaraan yang harus Anda pertimbangkan.

Anda bisa tahu berapa banyak yang harus Anda keluarkan pembayaran bulanannya untuk sebuah mobil bekas yang sesuai dengan kemampuan.

Anda sebaiknya mempertimbangkan total biaya mobil, termasuk total biaya bunga yang akan Anda bayarkan selama jangka waktu pinjaman Anda.

Anda juga perlu mempertimbangkan semua biaya lain untuk memiliki suatu mobil, seperti biaya bahan bakar, asuransi, perawatan, dan parkir.

Temukan Model Mobil yang Sesuai Kebutuhan

Beberapa pembeli tahu persis mobil apa yang mereka inginkan, dari warna sampai ke trimnya. Bagi yang tidak tahu apa yang mereka inginkan, tentu butuh bimbingan untuk menemukan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Di aplikasi Mobil123, Anda bisa membaca review dari penulis berpengalaman kami. Tidak hanya itu, beberapa konsumen yang pernah beli mobil di aplikasi kami pun banyak yang membuat review tentang mobil yang bersangkutan.

Ulasan mobil bekas kami bisa menambahkan informasi kepada Anda untuk menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan terjangkau untuk dimiliki.

Cari Listing Mobil Bekas Pilihan di Aplikasi Mobil123

carsome aplikasi mobil123

Dahulu Anda perlu naik mobil dan berkendara dari dealer ke dealer untuk melihat apa yang ada di lot mereka.

Sekarang, pelanggan dapat melihat secara online untuk memeriksa inventaris mobil baru dan bekas dari berbagai dealer dalam satu aplikasi.

Alat pencari mobil bekas di aplikasi Mobil123 dapat menunjukkan dealer mana yang memiliki stok kendaraan yang Anda ingin miliki.

Dalam listingan masing-masing dealer memberikan lebih banyak detail tentang kendaraan mana yang tersedia.

Untuk mobil bekas berkualitas Carsome, Anda bisa menemukannya di aplikasi Mobil123 dengan mengklik pilihan listing “Carsome Certified”.

Untuk mobil bekas dari Carsome, mereka telah melakukan inspeksi di 175 titik mobil yang akan dijual. Jadi dapat dipastikan bebas dari kecelakaan besar, kerusakan rangka, kebakaran, atau kerusakan banjir.

Ada juga garansi 5 hari uang kembali. Jika Anda membeli mobil bekas di Carsome dan merasa tidak cocok/sesuai, Anda bisa mendapatkan uang kembali secara penuh. Tidak perlu proses ribet!

Cari Penawaran atau Promo Mobil Bekas

Tidak semua mobil bekas gampang terjual apabila tidak ada promo yag dilakukan dealernya. Kadang jika penjualan tidak memenuhi ekspektasi dealer mobil bekas, mereka biasanya gelar diskon untuk meningkatkan penjualan.

Pembeli yang mencari mobil bekas bersertifikat harus memeriksa apakah ada program promo yang tersedia pada model yang Anda mau beli.

Dengan cara ini Anda dapat menghemat jutaan rupiah, penawaran pembiayaan berbunga rendah, atau promo lainnya.

Mengobrol Online dengan Sales

Langkah selanjutnya dalam pembelian kendaraan online adalah mengirim pesan atau mengobrol dengan sales dari dealer mobil bekas. Di aplikasi Mobil123 menyediakan fitur untuk Anda langsung berkirim pesan ke tenaga penjual di dealer yang akan sasar.

Biasanya dealer sering menugaskan orang berpengalaman untuk membalas pesan calon pembelinya. Mereka pun cenderung lebih berpengetahuan dan cerdas untuk memberikan rekomendasi bagi calon pembeli.

Percakapan awal Anda akan difokuskan pada jenis kendaraan yang Anda inginkan, apakah mereka memilikinya, atau apakah mereka bisa mendapatkannya.

Mereka mungkin bertanya tentang pembiayaan dan tukar tambah. Pada percakapan itu, tidak apa-apa jika Anda masih belum bisa menjawab pertanyaan sales dealer tersebut.

Jika Anda mau melihat mobil bekas, mintalah dealer untuk memberikan salinan laporan riwayat kendaraannya sehingga Anda dapat melihat riwayat kecelakaan, perbaikan, kepemilikan, dan pendaftarannya.

jika Anda memiliki pertanyaan mengenai mobil ataupun proses pembelian unit mobil bekas Carsome, mereka telah menyiapkan ada Carsome Consultant.

Lakukan Test Drive

carsome test drive

Anda perlu melakukan test drive di kendaraan yang mau Anda beli. Tidak semua mobil bekas itu dalam kondisi sempurna.

Jadi Anda harus kendarai mobilnya dulu sebelum menandatangani dokumen pembelian. Kendaraan bekas harus diperiksa secara menyeluruh, oleh karena itu Anda lebih baik membeli mobil bekas yang bersertifikat.

Nah semua itu bisa Anda dapatkan di pilihan mobil bekas Carsome di aplikasi Mobil123. Jadwalkan test drive di Carsome Experience Center pilihan atau lokasi Anda untuk test drive dari rumah.

Setelah itu Carsome Consultant akan segera menghubungi Anda untuk memastikan janji temu. Pilih sesi pagi (9 pagi – 12 siang) atau sesi petang/sore (1 siang – 6 sore).

Selesaikan Transaksi di Carsome Experience Center

Dalam kebanyakan transaksi, Anda masih harus mengunjungi dealer untuk menyelesaikan penjualan. Pastikan untuk bertanya kepada dealer dokumen apa yang mereka butuhkan dari pemberi pinjaman luar.

Hal ini memastikan bahwa Anda tidak perlu bolak-balik antara bank dan dealer mobil, atau merasa harus mengambil tawaran pembiayaan dealer.

Terakhir yang harus Anda lakukan di dealer adalah menandatangani dokumen pembelian. Sangat penting bagi Anda untuk membaca setiap dokumen sebelum menandatangani untuk memastikannya akurat dan lengkap.

Jangan pernah menandatangani dokumen yang tidak lengkap atau salah, bahkan jika Anda diberi tahu bahwa itu akan diperbaiki nanti.

Sangat mudah untuk mengubah dokumen sebelum tanda tangan Anda ada di atasnya, tetapi jauh lebih sulit setelah Anda menandatanganinya.

Jika Anda memilih beli mobil bekas Carsome, Anda akan dibantu oleh Carsome Consultant yang memandu Anda melalui dan menyelesaikan semua dokumen.

Carsome akan membantu Anda dengan aplikasi dan pemrosesan pinjaman, hingga pengantaran mobil Anda. Anda dapat memilih untuk mengambil mobil di Carsome Experience Center atau mengirimkannya ke rumah Anda.

Recommended Posts