Ketika hendak melakukan perjalanan jauh bersama keluarga, jangan lupa mengganti filter AC atau kabin di mobil. Agar keluarga kita lebih nyaman dan tentunya udara yang dihirup lebih bersih.

Karena jika filter kotor, selain tidak baik untuk kesehatan, AC bisa kurang dingin. Tanda yang bisa dirasakan adalah hembusan angin blower AC mobil menjadi kecil.

“Biasanya kondisi ini disebabkan filter AC kotor dan menghambat angin keluar,” kata Kepala Bengkel Auto2000 Permata Hijau, Edwin Dwi Novianto.

Jika filter AC kotor, diwajibkan mengganti jangan dicuci dan sebagainya. “Filter kabin itu harus diganti, tidak bisa dibersihkan misalnya pakai vacuum, atau diseprot blower. Karena kalau memang bisa dibersihkan seperti itu, berarti filter tersebut tidak bisa mengikat debu atau kotoran dengan baik,” jelas Bryan Emanuel Owner Brill Hepa Filter.

Harga filter kabin sendiri tidak begitu mahal kok Sob, tergantung tipe mobilnya, dan bahan filter yang digunakan, sebagai patokan untuk Toyota Avanza banderolnya sekitar Rp 25 ribuan berbahan biasa, hingga Rp 600 ribuan untuk bahan PM 2,5.

Karena sistem AC di mobil adalah sirkulasi tertutup maka partikel kecil seperti debu, kotoran, bahan virus dapat menumpuk pada filter sehingga mengganggu penumpang kabin. Oleh karenanya disarankan filter kabin diganti setiap 10.000 km atau 6 bulan.

Recommended Posts