Sudah bukan rahasia lagi jika katalitik konverter di Amerika Serikat sering jadi sasaran empuk para pencuri. Kabarnya katalis di mobil pembakaran dalam sangat mahal.

Konverter katalitik yang dipasang pada mobil Toyota Prius dapat dijual hingga US$ 1.000 atau setara Rp 15 jutaan di pasar gelap. Diyakini bahannya mengandung logam mulia seperti platinum, rhodium, dan paladium.

Posisi katalitik konverter sendiri berada di bagian bawah mobil, menjadi satu dengan jalur knalpot, dan biasanya posisi terbuka, sehingga pencuri cukup mudah mengakses untuk mengambilnya.

Namun ada cara cukup mudah dan pintar, yakni memasang Cat Shield dari MillerCAT. Cara kerjanya cukup sederhana, ini adalah plat aluminium tahan karat, dan menyulitkan para pencuri yang ingin mengambil katalis anda. Pemasangannya pun mudah, karena tidak perlu merusak bodi asli, dan hanya sistem baut.

Platnya cukup tebal agar tahan jika terjadi benturan di aspal atau tanah. Lalu ada ventilasi udara yang berfungsi sebagai pelepas panas .

Soal harga banderolnya sekitar US$ 140 atau setara Rp 2 jutaan. Cukup masuk akal ketimbang harus beli penggantinya dengan harga Rp 15 jutaan.

Recommended Posts