Asuransi mobil secara garis besar terbagi menjadi dua yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk (Comprehensive). Pilihan pertama jauh lebih murah.

Asuransi TLO, menurut keterangan resmi Duitpintar belum lama ini, merupakan proteksi kendaraan dari risiko kehilangan serta kerusakan berat.

Ini berbeda dari asuransi All Risk yang bisa memberikan perlindungan finansial dari kehilangan plus berbagai jenis kerusakan, mulai dari yang kecil sampai yang berat.

Oleh karena itu, asuransi TLO bisa digunakan oleh mereka yang ingin mendapatkan ketenangan finansial terhadap potensi kehilangan atau kerusakaan mobil, tapi punya bujet yang lebih ‘ketat’.

Opsi tersebut juga cocok digunakan di mobil-mobil berumur relatif tua, karena rentang maksimal usia mobil untuk asuransi jenis ini lebih fleksibel.

Tertarik dengan asuransi TLO? Berikut pembahasannya.

Apa Saja Proteksi yang Diberikan Asuransi Mobil TLO?

Manfaat asuransi mobil TLO secara umum terbagi dua. Pertama adalah proteksi terhadap kerusakan berat dengan nilai lebih dari 75 persen dari nilai kendaraan.

Kedua, asuransi mobil TLO juga siap memberikan ganti rugi terhadap insiden kehilangan mobil yang diakibatkan oleh pencurian.

Adapun kisaran rate premi asuransi TLO paling kecil 0,2-0,7 persen dari penilaian harga kendaraan nasabah. Persentase yang digunakan tergantung dengan kategori harga mobil terkait beserta wilayahnya.

Proteksi asuransi TLO diberikan mobil baru maupun bekas dengan kisaran usia 0-15 tahun.

Asuransi Mobil TLO vs Asuransi Mobil All Risk

Tak lengkap rasanya kalau Mobil123.com tidak memaparkan perbedaan antara asuransi mobil TLO dengan All Risk, sebagai perbandingan.

Secara simpel, diferensiasi keduanya terdapat pada lima poin yakni klaim manfaat pertanggungan, usia mobil atau kendaraan, rate premi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), besaran premi, maupun layanan bengkel.

Berikut paparannya:

·Klaim Asuransi Pertanggungan

Seperti dijelaskan di atas, asuransi TLO hanya menanggung kerusakan dengan bobot perbaikan lebih dari 75 persen harga kendaraan dan juga kehilangan kendaraan. Sementara itu, asuransi All Risk memberikan perlindungan finansial dari kehilangan maupun kerusakan kecil sekali pun seperti lecet.

·Usia dan Jenis Kendaraan

Asuransi TLO memberikan proteksi bagi kendaraan berumur 0-15 tahun. Oleh karena itu, mobil baru serta mobil bekas relatif tua pun dapat mengikutinya.

Asuransi All Risk, di sisi lain, hanya menyediakan proteksi bagi kendaraan dengan usia tak sampai 10 tahun.

Lalu, asuransi TLO juga dapat diikuti oleh mobil maupun motor. Adapun asuransi All Risk hanya tersedia bagi mobil.

·Rate Premi OJK

Rate premi asuransi TLO cuma 0,20-0,78 persen dari nilai jual kendaraan. Asuransi All Risk jauh lebih tinggi yakni 1,05-4,20 persen.

·Besaran Premi

Dengan rate premi lebih rendah, besaran premi asuransi TLO sebagai akibatnya juga lebih kecil ketimbang premi asuransi All Risk.

·Layanan Bengkel

Perbaikan di bengkel resmi biasanya hanya bisa dilakukan untuk mobil dengan asuransi TLO maupun All Risk yang berumur kurang dari 10 tahun. Namun, mobil dengan polis TLO berusia di atas itu cuma bisa diperbaiki di bengkel umum.

Bagaimana, sudah lebih jelas, bukan, perbedaan antara asuransi mobil TLO dengan All Risk? Jadi, Mobilovers pilih yang mana?

Recommended Posts