Knalpot mobil yang mengeluarkan asap putih mengindikasikan mesin mobil mengalami masalah.

Penyebab timbul asap putih tersebut perlu diketahui untuk menanggulangi mesin dari kerusakan lebih lanjut.

Knalpot mobil berfungsi untuk mengeluarkan gas atau asap hasil pembakaran mesin.

Normalnya, asap hasil pembakaran mesin berbahan bakar bensin tidak memiliki warna.

Demikian juga dengan mesin diesel, warna asapnya sedikit lebih tebal oleh karena kandungan bahan bakar solar yang digunakan.

Di lain sisi, apabila asap yang keluar dari knalpot berwarna putih dan bahkan mengeluarkan air, maka pemilik mobil perlu waspada.

Asap putih yang dikeluarkan dari mesin ke knalpot merupakan hal yang tidak wajar.

Jika knalpot mobil mengeluarkan asap putih pekat dan kadarnya banyak, artinya ada yang tidak beres pada mesin mobil dan tidak bisa dibiarkan untuk waktu yang lama.

Lalu, apa saja penyebab asap putih keluar dari knalpot mobil?

Air Radiator Bocor

Penyebab utama knalpot mobil mengeluarkan asap putih yaitu adanya kebocoran air radiator dalam ruang pembakaran mesin.

Air radiator dapat masuk ke ruang pembakaran karena terdapat kerusakan pada komponen mesin tertentu, misalnya gasket rusak, keretakan pada dinding silinder, silinder aus, klep bocor, dan sebagainya.

Dengan demikian, air radiator masuk melalui sela-sela kerusakan atau keretakan dari komponen tersebut.

Oli Bocor

Selain air radiator, oli juga bisa bocor dan masuk ke dalam ruang pembakaran mesin, sehingga membuat asap putih yang keluar dari knalpot mobil.

Bocornya oli ke dalam sistem pembakaran mesin tidak bisa dibiarkan terlalu lama. Ini dikarenakan volume oli (dan air radiator) semakin sedikit, sehingga membuat mesin cepat overheat dan bahkan menjadi turun mesin.

Selain itu, sistem pembakaran dalam mesin sudah terkontaminasi dengan benda asing, yaitu oli atau air radiator, yang mana mempersulit proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara, menyebabkan mesin menjadi sulit untuk distarter.

Genangan Air dalam Knalpot

Diluar masalah pada mesin, knalpot mobil juga dapat mengeluarkan asap putih karena adanya genangan air di dalam knalpot. Air dalam knalpot tersebut menguap karena panas dari gas buang.

Penyebab ini tidak seserius penyebab asap putih dari pembakaran mesin. Walau begitu, bukan berarti tidak apa-apa untuk membiarkan air masuk, karena air dapat menyebabkan korosi dan karat pada knalpot, dan semakin lama dibiarkan, knalpot akan rusak.

Demikian informasi mengenai penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap putih.

Jika hal tersebut terjadi di mobil Anda ketika sedang berkendara, hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan mesin mobil untuk mencegah kerusakan mesin lebih parah. [ABP/Dms]

 

Recommended Posts