Memilih kacamata hitam untuk mengendarai sepeda motor bisa dibilang mudah. Pasalnya, pemilihan sunglasses untuk berkendara motor sedikit berbeda dengan sunglasses pada umumnya. Ditambah lagi, selera biker juga berbeda dalam memilih model kacamata.

Penggunaan goggle saat mengendarai motor biasanya dilakukan oleh para pengendara yang suka menggunakan helm half face tanpa visor, terutama yang bergaya klasik. Selain itu, model yang tersedia juga melimpah. Jadi jangan heran jika Anda memilih kacamata hitam untuk mengendarai sepeda motor terkadang itu mudah.

Kacamata hitam sepeda motor

Pengendara juga harus mempertimbangkan warna kacamata. Salahnya, kacamata hitam yang digunakan justru bisa mengganggu penglihatan saat mengendarai motor. Nah, agar tidak salah langkah, berikut beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Kebutuhan berkendara

Kacamata hitam sepeda motor

Kebutuhan berkendara setiap orang berbeda-beda. Ada yang suka bersantai dan menikmati perjalanan, ada juga yang suka berkendara kencang. Gaya berkendara ini mempengaruhi pemilihan kacamata yang digunakan. Untuk berkendara santai, penggunaan kacamata hitam gaya biasa sangat dianjurkan.

Sedangkan bagi yang suka berkendara kencang, kacamata hitam yang direkomendasikan adalah model tertutup. Bentuk kacamata ini biasanya seperti kacamata ski, yang digunakan dengan karet gelang di bagian belakang kepala.

2. Perlindungan ultraviolet

Pertimbangan selanjutnya yang harus diperhatikan adalah perlindungan UV. Jadi sebaiknya pilihlah kacamata yang memiliki fitur ini. Kacamata hitam dengan fitur UV protection dapat meminimalisir sinar UV yang masuk ke mata.

Dengan begitu, pandangan Anda saat riding juga lebih teduh sehingga tetap nyaman saat berkendara. Untungnya, perlindungan UV ini sudah menjadi fitur standar pada sunglasses. Hampir semua kacamata hitam memiliki fitur ini.

3. Lensa polarisasi

Kacamata hitam sepeda motor
Kacamata hitam sepeda motor. (pixabay)

Selain perlindungan UV, fitur lain yang perlu dipertimbangkan adalah lensa terpolarisasi. Jadi lensa polarisasi menggunakan bahan photochromic yang memiliki kemampuan menyerap sinar matahari hingga 98%. Selain itu, lensa terpolarisasi juga dapat melakukan penyesuaian terhadap sinar UV.

Berkat kemampuan polarisasi ini, saat berada di dalam ruangan atau berjalan di tempat teduh, kacamata dapat menyala lebih terang sehingga pandangan lebih terang. Sedangkan saat berada di luar ruangan atau di jalan yang silau, kacamata akan berubah menjadi lebih gelap agar mata nyaman.

4. Warna lensa

Pemilihan warna pada lensa kacamata juga berpengaruh pada kenyamanan mata. Karena warna lensa yang tepat dapat memberikan kontras yang lebih baik. Misalnya, lensa berwarna tembaga memberikan tingkat kontras terbaik dan dapat menonjolkan warna seperti merah dan hijau.

Sedangkan pada kondisi minim cahaya, kacamata hitam untuk mengendarai sepeda motor dengan lensa yang cenderung kuning lebih disarankan. Karena selain bisa menambah kontras, lensa kuning juga bisa mengurangi silau. Ada banyak warna lensa kacamata yang tersedia di pasaran, sebaiknya Anda memilih sesuai dengan kebutuhan.

5. Anti gores

Kacamata hitam sepeda motor
Kacamata hitam sepeda motor. (spesial)

Fitur anti gores wajib dimiliki pada kacamata hitam. Apalagi kacamata ditujukan untuk sepeda motor. Debu dan kotoran di jalan sangat mudah menggores lensa kacamata. Jika dibiarkan, goresan yang terjadi lama kelamaan akan mengganggu pandangan.

Berbeda dengan kacamata yang memiliki fitur anti gores, lensa tidak akan mudah tergores. Sehingga pandangan ke jalan akan selalu jelas. Selain itu penggunaan fitur anti gores tentunya juga membuat permukaan lensa jauh lebih awet.

6. Bingkai yang nyaman

Bentuk rangka juga menjadi pertimbangan yang harus diperhatikan. Karena tingkat kenyamanan setiap orang berbeda-beda. Jadi pilihlah rangka yang paling nyaman digunakan, baik di kepala maupun saat diselipkan ke dalam helm.

Ada banyak model frame kacamata. Ada yang lentur dan mengikuti kontur kepala, ada yang cenderung kaku. Bahkan ada yang menggunakan tali karet yang diikatkan di belakang kepala. Apapun pilihannya, yang penting nyaman saat digunakan.

7. Sesuai selera

Kacamata hitam sepeda motor
Kacamata hitam sepeda motor. (spesial)

Pertimbangan yang satu ini kembali lagi ke selera masing-masing. Ada banyak model kacamata hitam di pasaran. Untuk membuatnya semakin menarik, pembuat kacamata juga menawarkan berbagai pilihan warna yang menarik pada lensanya. Ada asap, hitam, kuning, atau bahkan warna iridium yang mengkilat.

Tapi sekali lagi, selera orang berbeda-beda. Ada yang suka gaya simple, ada juga yang suka menonjolkan kesan klasik karena mengikuti motor bergaya retro. Nah, jika Anda akan memilih kacamata hitam untuk mengendarai sepeda motor seperti apa itu?

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts