Pilih ban tubeless tidak bisa sembarangan. Karena komponen ini sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan berkendara. Ban tubeless dengan kualitas yang baik juga akan membuat pengendara lebih percaya diri melibas tikungan atau bahkan jalanan basah.

Selain itu keunggulan ban tubeless adalah lebih handal saat tertusuk benda asing. Ban tidak mudah kempes, jadi Anda tetap bisa berkendara hingga menemukan bengkel terdekat. Bengkel ban tubeless juga praktis karena tidak perlu melepas velg. Karena itu, pilihlah ban tubeless harus memperhatikan kualitas yang ditawarkan.

Pilih ban tubeless

Ada banyak jenis ban tubeless yang beredar di pasaran, mulai dari ban komuter hingga balap atau ban dual purpose. Namun di luar itu, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan sebelum memilih ban incaran. Apa pun? Simak tips berikut ini.

1. Pilih ban dari merek terkenal

Pilih ban tubeless

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih ban sepeda motor tubeless dari merek ternama. Merk ban motor yang bagus umumnya memiliki quality control yang baik sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Di pasaran banyak sekali merk ban tubeless yang bisa anda pilih untuk motor kesayangan anda. Jika Anda harga yang ditawarkan bervariasi. Beberapa merek yang bisa Anda pertimbangkan adalah Michelin, Bridgestone, IRC, FDR, Maxxis, Zeneos, dan masih banyak lagi.

2. Sesuaikan ukuran ban agar nyaman

Pilih ban tubeless
Pilih ban tubeless

Hal berikutnya yang perlu Anda ketahui saat ingin memilih ban tubeless yang bagus untuk sepeda motor adalah dengan mengecek ukuran ban dengan sepeda motor. Saat memilih, pilihlah ban tubeless berukuran standar yang sesuai dengan motor Anda.

Itu tidak berhenti di situ. Anda juga perlu memperhatikan apakah ban yang Anda tuju sesuai dengan ukuran pelek atau tidak. Sebaliknya, pilihlah profil ban tubeless yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Sebab, jika salah memilih justru akan mengurangi cengkeraman ban saat berkendara, sekaligus menjadi faktor yang akan merusak ban tubeless.

Jika ingin membeli ban tubeless dengan ukuran lebih besar, belilah ban dengan ukuran tidak lebih dari dua tingkat ukuran ban bawaan pabrik. Misalnya ban bawaan pabrik berukuran 90/90, maka maksimal ukuran ban motor yang bisa Anda pilih adalah 110/70.

3. Perhatikan motif ban

Pilih ban tubeless
Pilih ban tubeless

Tidak hanya kesesuaian ukuran ban dengan motor dan velg, motif ban juga harus diperhatikan. Pemilihan motif ban sebaiknya disesuaikan dengan kondisi jalan yang biasa Anda lalui, seperti jalan basah atau tidak rata.

Jika Anda terbiasa berkendara melewati jalanan kota dengan kondisi kering, Anda bisa memilih ban tubeless dengan daya cengkram yang baik untuk permukaan jalan yang kering dan panas. Sebaliknya, jika Anda sering melewati daerah dengan curah hujan tinggi, pilihlah ban yang khusus untuk jalan basah.

Selain itu, jika Anda biasa melewati kondisi jalan dengan kontur tidak rata, berpasir, dan berbatu, Anda bisa menggunakan ban off-road atau dual purpose yang memiliki kontur kotak-kotak.

4. Hindari ban dengan tapak minimal

Pilih ban tubeless
Pilih ban tubeless

Bagi Anda penggemar modifikasi, khususnya gaya Thailook, ban dengan tapak kecil adalah suatu keharusan. Namun ban dengan tapak kecil memiliki beberapa kelemahan yaitu mudah selip saat melakukan pengereman mendadak atau saat berkendara di jalan basah.

Oleh karena itu, para penggemar Thailook disarankan untuk melakukannya pilihlah ban tubeless dengan telapak tangan berukuran sedang. Hal ini dikarenakan ban sepeda motor tubeless dengan tapak medium sesuai dengan bawaan pabrikan ban sepeda motor dan mampu memberikan daya cengkram yang cukup baik.

Adapun ukuran ban motor yang bisa dipilih untuk penggemar gaya Thailook, sebaiknya tidak lebih kecil dari 2,25 atau 70/80.

5. Tanggal pembuatan ban

Pilih ban tubeless
Pilih ban tubeless

Semua produk ban berbagai merek dan tipe pasti ada masa produksinya. Oleh karena itu, setelah penjual menawarkan ban baru yang diambil dari stok, Anda harus benar-benar memperhatikan tanggal produksinya sebelum memasangnya di motor kesayangan Anda.

Biasanya setiap ban memiliki kode uniknya masing-masing. Nah, kode tersebut adalah informasi kapan ban tersebut diproduksi. Semakin panjang kode produksi ban tubeless maka semakin rendah kualitasnya.

Misalnya, Anda akan membeli sepasang ban Corsa. Pada dinding ban terdapat kode berupa angka yaitu 1220. Jadi, kode tersebut berarti ban yang Anda pilih diproduksi pada bulan ke-12 tahun 2020.

6. Perhatikan masa pakai

Pilih ban tubeless
Pilih ban tubeless

Tidak sedikit dari kita yang sering menyepelekan hal ini. Padahal, tidak hanya mengetahui jenis dan merk, memahami masa pakai ban tubeless yang diincar juga sangat penting.

Bukan tanpa alasan. Dengan mengetahui masa pakai ban yang Anda gunakan, Anda dapat memaksimalkan potensi terbaik dari ban yang Anda gunakan. Selain itu, dengan berbekal ini Anda juga bisa bersiap-siap mengganti ban saat dibutuhkan.

Jangan menunggu hingga permukaan ban benar-benar botak untuk menggantinya, karena bisa berbahaya. Pertimbangkan untuk memilih ban tubeless yang dikenal tahan lama. Namun ban yang awet memiliki konsekuensi traksi yang kurang optimal.

7. Sesuaikan dana

Pilih ban tubeless
Pilih ban tubeless

Tips terakhir dalam memilih ban tubeless yang bagus untuk sepeda motor adalah sesuaikan dengan dan atau budget yang dimiliki. Jika dana Anda terbatas, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli ban dari merek-merek ternama yang sudah pasti dibanderol dengan harga mahal.

Cukup banyak pilihan ban berkualitas dengan harga terjangkau seperti IRC, FDR, Zeneos, Maxxis, dan lainnya bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp. 150.000. Jadi selamat pilihlah ban tubeless untuk perjalanan favorit Anda!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]