Salah satu bentuk perlindungan diri terhadap penyakit atau gangguan kesehatan adalah asuransi kesehatan. Setiap orang disarankan untuk mengambil asuransi semacam itu, sehingga jika terjadi gangguan kesehatan di kemudian hari, biayanya dapat ditanggung seluruhnya atau sebagian oleh perusahaan asuransi.

Sayangnya, saat ini tidak semua orang bisa memilih asuransi sesuai dengan kebutuhannya. Untuk melakukan ini, mereka perlu memahami jenis asuransi ini dan cara berbeda untuk memilihnya.

Bagi yang ingin mengetahui lebih detail tentang asuransi kesehatan, silahkan baca selengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

jenis asuransi kesehatan

Sebelum membahas lebih jauh cara memilih asuransi, tidak ada salahnya untuk mengenal jenis-jenisnya terlebih dahulu. Untuk asuransi yang berfokus pada kesehatan, jenisnya terdiri dari:

1. Asuransi Rumah Sakit

Asuransi kesehatan

Jenis asuransi kesehatan yang pertama adalah asuransi kesehatan rawat inap. Tujuan dari asuransi ini adalah penyediaan layanan rawat inap atau rawat inap. Segala biaya yang dikeluarkan selama tinggal di rumah sakit ini akan sepenuhnya ditanggung oleh pemegang polis yang akan mengikuti.

Jenis asuransi ini banyak dipilih oleh sebagian besar masyarakat. Mereka juga memiliki masalah kesehatan dan harus dirawat di rumah sakit secara teratur. Selain itu, rawat inap juga sesuai bagi seseorang yang memang sudah menderita kondisi medis yang cukup kronis.

2. Asuransi rawat jalan

Asuransi Rawat Jalan

Kebanyakan orang juga suka memilih asuransi rawat jalan. Misalnya, mereka memiliki beberapa jenis penyakit yang berhubungan dengan masalah kesehatan kronis. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan membutuhkan pengobatan seumur hidup, oleh karena itu harus diasuransikan sebagai pasien rawat jalan.

Asuransi ini biasanya diklaim setiap beberapa bulan sekali. Saat memeriksa penggantian obat yang diperbarui, semua biaya yang dikeluarkan ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan. Jadi Anda tidak perlu menghabiskan satu sen pun

3. Asuransi Kelompok

asuransi kelompok

Asuransi kelompok dirancang untuk menanggung semua biaya perawatan kesehatan untuk keluarga atau kelompok tertentu seperti bisnis. Semua orang yang terdaftar dengan nama dan terdaftar di kartu keluarga dapat diasuransikan sebagai asuransi kelompok di area keluarga.

Sementara itu, setiap orang yang bekerja di sana dapat dirawat melalui asuransi kumpulan milik perusahaan. Surat rekomendasi dari perusahaan biasanya sudah ada sebelum proses transfer dilakukan, agar pihak asuransi siap menanggung semua biaya.

4. Asuransi Pribadi

Asuransi Pribadi

Asuransi kesehatan selanjutnya yang sering digunakan adalah asuransi swasta. Pada umumnya asuransi personal ini hanya dapat digunakan oleh satu orang saja. Sebagai aturan, mereka mengambil asuransi sendiri dan membayar premi reguler.

Karena ini hanya asuransi pribadi, maka asuransi hanya dapat diklaim oleh orang yang namanya tercantum dalam polis. Jika namanya tidak tercantum, berarti mereka harus membayar sendiri. Asuransi ini sangat cocok bagi mereka yang belum menikah atau hidup sendiri.

5. Asuransi Negara

Asuransi Negara

Selain itu, asuransi negara dikeluarkan oleh institusi kesehatan. Asuransi ini biasanya menanggung semua biaya pengobatan, baik rawat inap maupun rawat jalan. Jenis asuransi pemerintah yang cukup terkenal dan ada di Indonesia adalah BPJS Kesehatan.

Karena ini semacam asuransi pemerintah, semua orang di negeri ini harus mengikutinya. Ada yang menempuhnya secara mandiri dan ada juga yang menempuhnya dengan bantuan subsidi pemerintah. Kemudian dapat berganti di fasilitas kesehatan yang tertera pada kartu kepesertaan.

6. Asuransi Swasta

asuransi swasta

Berbeda dengan asuransi pemerintah yang dikelola oleh lembaga pemerintah. Asuransi swasta dikelola oleh pihak lain. Pengelolaan ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang berasal dari Indonesia atau perusahaan asuransi yang sudah memiliki banyak cabang di seluruh dunia.

Asuransi swasta ini juga tersebar luas, meski harganya cukup mahal. Namun, asuransi ini banyak dipilih karena sering menawarkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan mudah menangani berbagai pembayaran klaim.

Tips memilih asuransi kesehatan

Pemilihan asuransi tidak boleh sembarangan. Untuk memastikan bahwa asuransi ini sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak memberikan dampak yang merugikan, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

1. Mengajukan permohonan asuransi kesehatan

mengajukan asuransi kesehatan

Terapkan jika Anda dalam keadaan sehat. Mengapa demikian? Karena sangat sering orang yang sakit dan butuh banyak biaya baru mengajukan asuransi. Kalaupun ini tidak memungkinkan, karena setiap perusahaan asuransi memiliki aturannya sendiri-sendiri.

Saat kondisi tubuh masih sehat dan tidak ada tanda-tanda sakit. Merupakan ide bagus untuk segera mengajukan berbagai jenis asuransi yang sesuai. Asuransi ini dapat disesuaikan dengan jenis layanan dan juga besaran preminya.

2. Diserahkan segera jika masih muda

Segera dibuang saat masih muda

Kecuali retribusi ketika seseorang belum merasakan sakit sama sekali. Asuransi juga harus diterapkan di usia muda. Artinya, mereka tidak perlu mengajukan asuransi jika sudah lanjut atau berusia di atas 40 tahun.

Jika Anda sudah menikah atau mampu secara finansial, Anda dapat segera mengajukan asuransi. Dengan cara ini, Anda diasuransikan sehingga semua biaya ditanggung jika tiba-tiba sakit.

3. Jangan memilih asuransi cash plan

Jangan memilih asuransi paket tunai

Cobalah untuk tidak memilih jenis rencana kas. Tujuan dari asuransi ini adalah untuk mengalokasikan biaya rumah sakit sehari-hari dengan nilai nominal tertentu. Selain itu, hanya dicatat pada beberapa hari dalam setahun atau beberapa bulan.

Jika Anda perlu pergi ke rumah sakit dengan biaya lebih tinggi. Anda harus membayar sisanya. Untuk itu, selalu pilih asuransi yang menawarkan full allotment atau limit protection.

4. Pilih asuransi kerusakan ganda

Pilihan asuransi kerusakan ganda

Ada jenis asuransi kesehatan yang bisa diklaim dua kali. Misalnya, pihak rumah sakit hanya mengeluarkan satu slip. Selain itu, asuransi dapat diambil dengan memorandum.

Beruntung, ada asuransi yang menangani klaim ganda. Jadi meskipun asuransi lain bisa digunakan, namun pihak asuransi tetap mengeluarkan dana sesuai dengan jumlah uang yang dikeluarkan seseorang saat sakit.

5. Miliki apa yang Anda butuhkan

Punya apa yang Anda butuhkan

Sesuaikan dengan kebutuhan yang ada saat itu. Misalnya, Anda sering berobat jalan karena memiliki masalah kesehatan tertentu. Cobalah untuk membaca asuransi yang menanggung semua biaya rawat jalan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih asuransi untuk jenis rawat inap yang selalu dibutuhkan. Kebutuhan ini juga terkait dengan berbagai jenis penyakit yang ditanggung oleh asuransi.

6. Disesuaikan dengan kemampuan keuangan

Disesuaikan dengan kemampuan keuangan

Sesuaikan dengan opsi keuangan yang Anda miliki saat ini. Misalnya, Anda memiliki posisi keuangan yang cukup baik. Anda bisa memilih asuransi dengan premi yang cukup tinggi dan jangkauan pelayanan yang sangat luas dan bervariasi.

7. Pilihan jenis asuransi keluarga

Memilih jenis asuransi keluarga

Tips terakhir yang perlu diperhatikan bagi yang mengajukan asuransi kesehatan adalah memilih jenis asuransi keluarga. Dengan memilih asuransi keluarga, semua tertanggung dapat memanfaatkan asuransi tersebut pada saat sakit.

Jadi cukup bayar sebulan sekali dan bisa digunakan untuk semua orang. Asuransi ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki banyak anggota dalam keluarganya. Selain itu, ada anggota keluarga yang sangat rentan terhadap penyakit.

Dari review yang Anda baca tadi, ternyata ada banyak jenis asuransi kesehatan. Dimulai dengan asuransi dengan sistem rawat jalan hingga rawat inap. Ada juga asuransi negara seperti BPJS Kesehatan yang wajib dimiliki semua orang.

Sebelum memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Itu selalu baik untuk memiliki beberapa hal dalam pikiran. Salah satunya adalah dengan memperhatikan apa itu pertanggungan asuransi. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengambil asuransi jika kondisi fisik Anda sehat.

Recommended Posts