Keberadaan laptop sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang seperti pelajar, guru, karyawan, pebisnis dll. Banyak hal yang perlu diketahui saat menggunakan laptop, misalnya agar performanya bagus Cara uninstall aplikasi di laptop.

Selain itu, semakin banyak aplikasi yang bisa diunduh melalui laptop dan berfungsi untuk mempermudah pekerjaan. Pada titik tertentu Anda mungkin tidak lagi membutuhkan aplikasi tersebut, jadi langkah terbaik adalah menghapus instalannya.

Menghapus instalasi aplikasi yang tidak terpakai di laptop memberikan keuntungan berupa peningkatan keamanan laptop, peningkatan kecepatan laptop, dan ruang harddisk yang lebih banyak (hard drive) jadi jangan ragu untuk mengikuti langkah-langkah uninstall aplikasi di laptop.

6 cara uninstall aplikasi di laptop dengan mudah

Laptop yang terlalu banyak aplikasi atau program akan menurunkan performanya. Jika aplikasi tidak akan pernah digunakan lagi, sebaiknya hapus aplikasi atau program tersebut untuk mengosongkan ruang disk.

Jika Anda membutuhkan aplikasinya, Anda hanya perlu mengunduhnya lagi, sementara kinerja laptop masih prima. Di bawah ini adalah 6 cara menghapus aplikasi di laptop dengan mudah.

1. Cara uninstall aplikasi dari Control Panel

Cara uninstall aplikasi dari Control Panel

Control Panel berisi berbagai pengaturan di laptop termasuk pengaturan berbagai aplikasi atau program yang berjalan di laptop. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan cara tradisional untuk menghapus aplikasi di laptop, yaitu Control Panel.

  • Klik kanan tombol Mulai Windows, lalu cari menu Panel Kontrol.
  • Pilih Program dan Fitur yang mencakup aplikasi dan program di laptop.
  • Carilah aplikasi atau program yang ingin anda uninstall, baik di search atau anda bisa mencari aplikasi tersebut secara manual.
  • Setelah Anda menemukan aplikasi tersebut, klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih opsi “Uninstall”.
  • Tunggu sebentar hingga aplikasi dihapus secara permanen.

2. Cara uninstall aplikasi dari start menu

Cara uninstall aplikasi dari start menu

Anda juga bisa meng-uninstall aplikasi di laptop Anda dari start menu, sebenarnya cara ini terasa lebih mudah dan nyaman. Menu Mulai terletak di laptop di sudut kiri desktop Windows. Jadi yang harus Anda lakukan adalah memeriksa apakah ada menu mulai dan kemudian ikuti langkah-langkah ini.

  • Di desktop laptop, klik tombol “Start Windows” dan sejumlah baris dengan aplikasi atau program yang diinstal di laptop akan muncul.
  • Pilih aplikasi atau program yang ingin di-uninstall atau hapus, lalu klik kanan icon aplikasi tersebut.
  • Klik opsi “Uninstall” dan tunggu beberapa saat hingga proses uninstall selesai
  • Jika proses uninstall berhasil, icon aplikasi yang dihapus akan hilang.

3. Cara uninstall aplikasi dari pengaturan

Cara uninstall aplikasi dari pengaturan

Tidak hanya melalui Control Panel saja, Anda juga bisa menghapus aplikasi atau program yang ada di laptop Anda melalui Setting atau Pengaturan. Uninstall aplikasi di laptop melalui pengaturan juga tidak kalah mudahnya, jadi kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik tombol start Windows di pojok kiri laptop lalu klik menu Setting.
  • Setelah itu, klik bagian “Apps and Apps Features” yang berisi aplikasi dan program yang terinstal di laptop.
  • Temukan aplikasi yang ingin Anda hapus dari laptop, lalu klik ikon aplikasi tersebut dan pilih “Uninstall”.
  • Tunggu beberapa saat hingga ikon aplikasi menghilang, maka penghapusan instalasi aplikasi akan berhasil diselesaikan.

4. Cara uninstall aplikasi melalui Revo Uninstaller

Cara uninstall aplikasi melalui Revo Uninstaller

Untuk meng-uninstall aplikasi di laptop selanjutnya perlu melibatkan pihak ketiga yaitu Revo Uninstaller. Jika Anda masih bingung untuk mengikuti langkah uninstall yang ditampilkan, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Revo Uninstaller.

Aplikasi ini dirancang untuk menghapus aplikasi atau program apa pun yang diinstal di laptop atau komputer. Revo Uninstaller memudahkan anda untuk mencari aplikasi yang ingin anda hapus, terutama bagi anda yang suka menyimpan banyak aplikasi.

Selain itu, aplikasi ini juga berguna untuk memantau semua proses instalasi dan menginstal atau menghapus aplikasi baru. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk meng-uninstall aplikasi di laptop Anda melalui Revo Uninstaller.

  • Buka uninstaller Revo.
  • Pilih aplikasi atau program yang ingin Anda hapus.
  • Klik dua kali ikon aplikasi.
  • Klik kanan ikon aplikasi dan pilih opsi “Uninstall”.
  • Tunggu beberapa saat hingga ikon aplikasi menghilang, yang berarti operasi hapus atau uninstall aplikasi berhasil.

5. Cara uninstall aplikasi melalui IObit Uninstaller

Cara uninstall aplikasi melalui IObit Uninstaller

Aplikasi pihak ketiga selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk uninstall aplikasi di laptop kamu adalah IObit Uninstaller. Aplikasi ini berguna untuk menghapus atau uninstall program yang sudah tidak digunakan lagi di laptop.

IObit Uninstaller tersedia dalam versi gratis maupun berbayar tentunya dengan versi berbayar aplikasi ini memiliki fitur yang lebih kaya seperti : B. untuk pemindaian dan lainnya. Jadi tidak ada salahnya memilih versi berbayar agar lebih senang dengan fitur tersebut.

Aplikasi ini memungkinkan laptop untuk mengatur ruang disk yang digunakan atau waktu penginstalan, sehingga Anda dapat mengetahui program atau aplikasi apa yang tidak lagi digunakan di laptop dan berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

  • Klik ikon IObit Uninstaller untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga dan menghapus program yang dipilih.
  • Klik Windows Apps yang berisi berbagai program dan aplikasi yang terinstal di laptop.
  • Pilih aplikasi atau program yang ingin Anda hapus.
  • Klik ikon aplikasi atau program yang ingin Anda hapus lalu pilih opsi Uninstall.
  • Tunggu sebentar hingga ikon aplikasi menghilang dari daftar aplikasi Windows.

6. Cara uninstall aplikasi melalui CCleaner

Cara uninstall aplikasi melalui CCleaner

Aplikasi pihak ketiga lain yang berperan dalam penghapusan aplikasi atau program laptop adalah CCleaner. Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu dan menginstalnya di laptop Anda terlebih dahulu untuk dapat merasakan fitur atau manfaat CCleaner.

Anda dapat mengatur aplikasi ini ke kondisi default jika diperlukan. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk memilih folder tertentu yang tidak ingin Anda hapus, sehingga sistem aplikasi yang dihapus secara permanen tidak memengaruhi folder yang ingin Anda simpan.

Jika penasaran dengan cara menggunakan aplikasi CCleaner untuk menghapus aplikasi atau program di laptop, simak cara uninstall aplikasi di laptop menggunakan CCleaner.

  • Klik ikon Pembersih di kiri atas aplikasi ketiga.
  • Temukan aplikasi atau program yang ingin Anda hapus dari laptop dan klik.
  • Setelah itu, akan muncul teks peringatan yang harus Anda baca dan pahami terlebih dahulu. Kemudian klik OK jika Anda setuju.
  • Pilih program atau aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu klik tombol Analisis.
  • Selanjutnya, klik “Jalankan Pembersih” saat analisis selesai
  • Aplikasi akan dihapus secara permanen dari sistem
  • Klik OK untuk melanjutkan proses hapus atau uninstall.

Menghapus aplikasi atau program apapun yang terinstal di laptop bukanlah perkara sulit. Beberapa cara uninstall aplikasi di laptop di atas bisa menjadi solusinya. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti setiap langkah yang diberikan dan memastikan bahwa aplikasi tersebut telah dihapus secara permanen.

Recommended Posts