WhatsApp Anda lag, lemot dan error? Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas 6 cara mengatasi whatsapp lag, lemot dan error paling praktis.

Semua orang sudah tahu betapa hebatnya aplikasi Whatsapp sebagai media komunikasi, bisa dibilang sebagai media sosial.

Sehingga tidak ada yang meragukan aplikasi ini untuk menjalin komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Pengembang juga selalu melakukan pembaharuan untuk menambahkan fitur yang lebih unggul dan dianggap sangat bermanfaat bagi pengguna.

Namun, selama pembaruan sistem, aplikasi terkadang macet dan sulit dibuka. Jika Anda mengunjungi artikel ini dan membaca sampai akhir, Anda mungkin mengalami masalah di atas.

Sebenarnya, ada beberapa masalah yang menyebabkan WhatsApp Anda tidak berfungsi dengan sempurna. Sehingga memaksa Anda untuk keluar dan menutup Wahtsapp.

Lalu bagaimana? Jangan khawatir untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan di atas, Anda harus menyimak ulasan artikel ini sampai selesai karena ada 6 cara mengatasi WhatsApp lag, kelambatan, dan error paling praktis.

6 Cara Memperbaiki WhatsApp Lag, Lag, dan Error

6 cara untuk memperbaiki WhatsApp

1. Hapus pesan di WhatsApp

Alasan pertama mengapa WA Anda lambat mungkin karena Anda menerima terlalu banyak pesan. Sehingga sistem membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membaca percakapan yang terjadi di WA Anda. Pesan-pesan ini dapat memperlambat pembukaan aplikasi.

Dalam hal ini, Anda perlu mengambil tindakan dengan menghapus beberapa percakapan yang sudah lama dan dirasa tidak penting. Langkah menghapus pesan WA juga sangat sederhana, tinggal tekan lama dan klik gambar tempat sampah.

Anda harus tahu, jika Anda dapat menghapus beberapa pesan sekaligus dengan langkah pertama, Anda perlu menekan lama hingga terlihat berubah, lalu Anda dapat mengklik pesan lain yang ingin Anda hapus. Kemudian silahkan klik gambar tong sampah. Bahkan, Anda juga dapat menghapus semua obrolan pribadi dan grup dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

3. Harap bersihkan cache data aplikasi

6 cara untuk memperbaiki WhatsApp

Cache ini memiliki fungsi untuk menyimpan informasi aplikasi yang sering anda gunakan sedangkan aplikasi untuk menyimpan file dan pesan yang terdapat pada aplikasi tersebut. Juga, Anda harus tahu bahwa menghapus cache dan data aplikasi akan mengatasi segala jenis kelambatan atau masalah yang menyebabkan WA Anda lambat.

Bagi anda yang belum mengerti cara menghapusnya, silahkan ikuti tutorial kami dibawah ini :

  • Sebagai langkah awal, silahkan kunjungi menu pengaturan di ponsel.
  • Silakan klik aplikasi tersebut, daftar lengkap aplikasi yang telah Anda instal di ponsel Anda akan ditampilkan.
  • Kemudian cari aplikasi WhatsApp dan klik.
  • Maka akan muncul beberapa pilihan seperti bersihkan cache dan Hapus datanya,

Melakukan tindakan cache wipe berarti Anda telah menghapus semua data tersimpan yang telah digunakan dan kinerja sistem Anda akan lebih baik. Di awal pesan, pesan dimuat sedikit lambat, dan lama kelamaan akan kembali normal.

Namun, kami sama sekali tidak merekomendasikan promosi ini kecuali Anda benar-benar membutuhkannya. Karena menghapus data akan menghapus akun Anda dan semua file. Setelah berhasil menghapusnya, Anda perlu masuk kembali atau mendaftarkannya. Kami menyarankan Anda mencadangkan obrolan Anda sebelumnya.

3. Mulai ulang ponsel cerdas Anda

WhatsApp sering memiliki bug, bisa jadi karena smartphone Anda membutuhkannya menyalakan ulang.

Perangkat lain seperti laptop dan PC juga perlu di-restart dari waktu ke waktu. Harap matikan ponsel cerdas Anda, tunggu beberapa detik lalu hidupkan kembali.

Tindakan ini menyegarkan perangkat Anda jika kinerja RAM tidak terlalu tinggi. Agar lebih bagus lagi saat membuka aplikasi WA

4. Perbarui sistem Android dan WhatsApp

6 cara untuk memperbaiki WhatsApp

Kejadian WhatsApp lemot bisa jadi karena versi Android dan WhatsApp kamu sudah kadaluarsa. Oleh karena itu, silakan buka menu pengaturan dan periksa pembaruan perangkat lunak. Namun jika WA kamu masih versi lama, kamu bisa update melalui Playstore.

5.RAM gratis

Kami telah menyinggung poin di atas bahwa jika RAM memiliki terlalu banyak aplikasi sekaligus, menyebabkan masalah dalam menjalankan aplikasi.

Oleh karena itu, kami sarankan untuk mengosongkan RAM ponsel Anda menggunakan pembersihan aplikasi Android. Anda juga harus mempertimbangkan untuk mencopot pemasangan aplikasi berat yang menurut Anda tidak diperlukan.

Tindakan ini pasti akan menghemat ruang penyimpanan di perangkat Anda dan menjalankan WA lebih cepat.

6. Copot pemasangan dan instal ulang WhatsApp

Jika mengikuti berbagai poin yang kami berikan belum berhasil mengatasi masalah whatsapp lemot, lag atau error. Jadi Anda dapat menggunakan metode terakhir kami yaitu menghapus dan menginstal ulang aplikasi.

Jika sudah diinstal, hindari memuat file yang disimpan jika memungkinkan.Memuat banyak data dan file terkadang dapat menyebabkan aplikasi tidak berjalan. Namun, jika Anda memerlukan file cadangan, sebaiknya gunakan ponsel dengan RAM lebih besar dan penyimpanan lebih banyak.

Menyimpulkan

Demikian penjelasan kami tentang cara mengatasi masalah Whatsapp lemot, lag dan glitchy. Baca juga artikel sebelumnya tentang aplikasi sadap wa terbaru dan viral.

Recommended Posts