Senang mengetahuinya tips mudik naik motor mengingat mudik dengan sepeda motor terkadang tidak bisa dihindari. Tarif yang relatif murah dan sederhana menjadi alasan dipilihnya moda transportasi roda dua ini. Namun, jangan asal-asalan jika ingin pulang menggunakan sepeda motor.

Berbeda dengan menggunakan roda empat, melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor lebih berisiko. Apalagi pengemudi dan penumpang berhadapan langsung dengan angin di tengah jalan. Jadi tips mudik naik motor tidak hanya memperhatikan kendaraannya, tetapi juga penumpangnya.

Tips mudik dengan sepeda motor

Sehingga bukan berarti perjalanan jauh dengan sepeda motor tidak bisa dilakukan dengan nyaman. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan berlangsung aman dan nyaman. Berikut tips mudik dengan motor yang harus diperhatikan.

1. Lakukan Servis Sepeda Motor

Tips mudik dengan sepeda motor

Siapkan motor yang ingin kamu kendarai dengan melakukan pengecekan. Perhatikan beberapa hal, seperti ban, oli, kelistrikan, dan fungsi rem. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, bawa saja sepeda motor ke bengkel.

Penting untuk memeriksa ban karena komponen ini satu-satunya yang bersentuhan dengan jalan. Anda harus melihat keausan ban dan tekanan udara. Jika ban sudah botak, maka Anda harus menggantinya. Khusus untuk tekanan angin usahakan sesuai standar.

Kemudian untuk oli jangan terlalu encer dan jumlahnya pas agar mesin terlumasi dengan baik. Khusus untuk kelistrikan, bukan hanya voltase baterai yang penting. Anda juga perlu mengecek fungsi lampu agar tidak bermasalah saat berkendara di malam hari.

Tak lupa, rem juga harus diperhatikan. Cara mengecek rem dengan memakainya, jika sudah tidak dipakai lagi berarti ada yang perlu diperbaiki. Demikian juga bila terdengar suara gesekan pada rem, berarti cakram dan kampas rem mungkin harus diganti.

2. Persiapkan Diri Anda

Tips mudik dengan sepeda motor
Tips mudik dengan sepeda motor. (pexel)

Selain motor, Anda sebagai pengendara juga perlu mempersiapkan diri. Terapkan pola hidup sehat sebelum mudik menggunakan sepeda motor. Anda harus memenuhi kebutuhan tidur selama 6-8 jam setiap hari.

Kemudian saat buka puasa dan sahur, usahakan untuk makan empat kali makan sehat lima sempurna. Kebutuhan minum juga harus terpenuhi, minimal satu liter saat buka puasa dan sahur. Dengan melakukan semua itu, diharapkan kondisi tubuh tetap fit saat mudik dengan sepeda motor.

Perlengkapan berkendara untuk berkendara juga harus lengkap. Setidaknya Anda memakai helm, jaket, celana panjang, sarung tangan dan sepatu. Bawa juga jas hujan untuk persiapan.

3. Buat Perencanaan Jalur

Tips mudik dengan sepeda motor
Tips mudik dengan sepeda motor

Agar perjalanan mudik lebih efisien, disarankan untuk menggunakan aplikasi navigasi. Hal ini dimaksudkan untuk melihat situasi perjalanan dan memilih jalur alternatif yang tepat dan aman.

“Untuk daerah yang belum pernah dikunjungi sebaiknya pengendara mempelajari situasi jalan agar tidak membuang waktu karena tersesat di jalan dan terlalu lama berkendara,” ujar Instruktur Safety Riding Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky , membagikan tips mudik naik motor.

Kecepatan berkendara juga harus disesuaikan dengan kondisi jalan. Misalnya saat macet, jalan pelan-pelan. Saat kondisi jalan sepi, Anda bisa memutar gas casing lebih dalam, namun tetap berkonsentrasi penuh di jalan.

4. Istirahat setiap 2 jam

Tips mudik dengan sepeda motor
Tips mudik dengan sepeda motor

Saat sudah memulai perjalanan mudik dengan sepeda motor, jangan lupa istirahat setiap 2 jam sekali. Mengapa? Menurut Instruktur Yamaha Riding Academy, Setyo Suyarko, kemampuan tubuh manusia hanya maksimal dua jam berkendara. Setelah itu konsentrasi akan menurun dan tidak dianjurkan untuk terus mengemudi.

Selebihnya yang dimaksud disini tidak harus tidur. Setidaknya Anda meregangkan tubuh Anda. Meski begitu, jika Anda lelah, tidurlah.

Usahakan juga saat bangun tidur jangan langsung naik motor. Sebaiknya berikan waktu istirahat 15 menit agar konsentrasi pulih kembali secara maksimal.

5. Jangan Membawa Barang Berlebih

Tips mudik dengan sepeda motor
Tips mudik dengan sepeda motor. Foto: AutoMagz/Baghendra Lodra

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah barang bawaan tidak boleh berlebihan. Jika ingin membawa barang, sebaiknya gunakan boks aftermarket dan tas samping. Jangan mencoba membuat kotak sendiri menggunakan karton yang diikat dengan tali, karena bisa berbahaya.

Selain barang, kapasitas orang yang bisa ditampung oleh sepeda motor juga tidak boleh berlebihan. Ingat, maksimal sepeda motor hanya bisa memuat dua orang (pengendara dan penumpang). Jadi, semoga berhasil tips mudik naik motor ini.

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts