Kiat mmemilih slebar tangan-angan mkotor – Tidak hanya helm, sarung tangan juga menjadi salah satu perlengkapan wajib pengendara motor. Pasalnya, selain untuk melindungi tangan kita dari udara panas dan dingin, ternyata sarung tangan motor juga bisa mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

Saking pentingnya fungsi sarung tangan motor, tidak heran jika di pasaran akan ditemui berbagai model dan merk. Namun, memilih sarung tangan tidak boleh sembarangan. Sebab, ada beberapa tips memilih sarung tangan motor apa yang perlu Anda pertimbangkan.

Tips memilih sarung tangan motor

Sarung tangan motor tersedia dalam model full dan half. Bedanya, yang full melindungi sampai ke ujung jari, sedangkan yang setengah hanya melindungi telapak tangan. Nah, buat kamu yang sedang mencari sarung tangan motor, berikut tips mudah memilih sarung tangan motor sesuai kebutuhan.

1. Pilih bahan yang tepat

Tips memilih sarung tangan motor

Umumnya sarung tangan motor terbuat dari berbagai bahan, mulai dari leather, gore-tex, hingga neoprene. Nah, masing-masing bahan yang digunakan memiliki kelebihannya masing-masing, seperti sarung motor mesh yang cocok digunakan di musim panas karena adanya ventilasi udara.

Namun, dikutip dari Cycle World, bahan kulit merupakan bahan terbaik untuk sarung tangan motor. Pasalnya, bahan ini memiliki kelenturan, perlindungan, cengkeraman, dan kenyamanan terbaik. Namun kekurangannya, sarung tangan kulit akan membuat tangan Anda mudah panas saat berkendara di musim panas.

Jangan berhenti di situ. Anda juga harus memperhatikan sistem sirkulasi udara pada sarung motor incaran Anda. Sarung tangan motor yang baik mampu memberikan sirkulasi udara ke seluruh bagian telapak tangan tanpa mengorbankan perlindungan.

2. Sesuaikan ukurannya

Tips memilih sarung tangan motor
Tips memilih sarung tangan motor

Sama seperti jaket atau jas hujan, sebelum memilih sarung motor terbaik, Anda juga harus menyesuaikan ukuran sarung motor target dengan tangan Anda.

Agar Anda nyaman menggunakannya dalam waktu lama, pilihlah sarung tangan motor yang sesuai dengan ukuran tangan Anda. Jangan memilih sarung tangan motor yang terlalu besar, karena akan kendor saat digunakan. Anda juga tidak disarankan untuk memilih sarung tangan motor yang terlalu kecil karena tidak nyaman saat dikenakan.

3. Perhatikan model sarung tangan motor

Tips memilih sarung tangan motor
Tips memilih sarung tangan motor

Secara garis besar sarung tangan motor terbagi menjadi dua model yaitu full dan half. Untuk urusan ini pilihlah model sarung tangan motor sesuai selera.

Jika Anda menginginkan sarung tangan motor yang tidak membuat tangan Anda terasa panas, maka tips memilih sarung tangan motor Selanjutnya adalah mempertimbangkan setengah model yang bisa Anda jadikan pilihan. Namun disarankan untuk memilih model full, karena sarung tangan motor tipe full memiliki kemampuan yang lebih baik dalam melindungi tangan.

4. Apakah ada bantalan dan perlindungan ekstra?

Tips memilih sarung tangan motor
Tips memilih sarung tangan motor

Sarung tangan motor yang bagus biasanya memiliki bahan yang berbeda antara bagian atas dan bawahnya. Pada bagian bawah biasanya terdapat bantalan yang berfungsi untuk menjaga tangan dari getaran. Tujuannya agar memberikan perlindungan maksimal dan tidak membuat tangan terasa pegal saat menggunakannya dalam waktu lama.

Selain itu, sarung tangan motor yang baik juga memiliki pelindung buku jari untuk mengurangi resiko cedera saat terjadi kecelakaan. Sebelum membeli, perhatikan baik-baik kondisi dan fitur perlindungan yang ditawarkan oleh sarung tangan motor incaran Anda.

5. Perhatikan jahitan sarung tangan motor

Tips memilih sarung tangan motor
Tips memilih sarung tangan motor

Tips selanjutnya sebelum memilih sarung motor terbaik adalah anda harus memperhatikan jahitan sarung motor incaran. Meski terlihat sepele, nyatanya sarung tangan motor yang dijahit dengan rapi bisa lebih optimal dalam melindungi tangan dari cedera atau lecet akibat gesekan.

Saat akan membeli, coba simulasikan dengan menggunakan sarung tangan motor seolah-olah akan mencengkeram grip. Selain itu, sebelum membeli pilihlah sarung tangan motor yang memiliki pola jahitan yang sesuai dengan lekukan telapak tangan. Hal ini agar Anda bisa mendapatkan posisi atau fleksibilitas yang tepat saat menggunakannya.

Semoga tips memilih sarung tangan motor ini berguna untuk Anda.

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts