Tips membedakan pelek asli dan replika– Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tampilan mobil kamu lebih keren dalam waktu singkat adalah dengan mengganti pelek. Hal ini semakin mudah karena kini banyak dijual jenis dan model velg mobil, mulai dari kualitas OEM, original import, hingga replika.

Masalahnya adalah pelek mobil replika terkadang memiliki kualitas yang jauh lebih rendah dari aslinya. Meski terlihat menarik secara tampilan, namun kualitas pembuatannya patut diwaspadai mengingat keawetan beberapa pelek replika tidak sebagus pelek aslinya. Maka dari itu tips membedakan pelek asli dan replika harus dipahami saat ingin melakukan penggantian.

Tips membedakan pelek asli dan replika

Apalagi dari tampilan antara pelek asli dan replika terkadang cukup sulit dibedakan. Nah, bagi anda yang ingin membeli velg mobil dan tidak ingin tertipu dengan pedagang nakal yang menjual velg palsu yang dianggap asli, berikut lima tips membedakan pelek asli dan replika.

1. Perhatikan kualitas

Tips membedakan pelek asli dan replika

Tips pertama untuk membedakan velg mobil asli dan replika adalah dengan memperhatikan kualitas velg tersebut. Tak bisa dipungkiri, pelek asli dan replika memiliki kemiripan fisik hingga 90 persen. Meski begitu, tetap ada perbedaan yang bisa kamu temukan dari kedua benda ini.

Pelek asli akan lebih unggul dalam detail dan finishing, mulai dari lapisan pelapis hingga detail kecil lainnya. Jika Anda berencana untuk memberikan pelek mobil, maka ada baiknya memperhatikan semua detail dengan baik, sehingga Anda benar-benar mendapatkan pelek asli.

2. Pelek replika lebih murah

Tips membedakan pelek asli dan replika
Tips membedakan pelek asli dan replika

Tips membedakan pelek mobil asli dengan replika berikutnya adalah dari segi harga. Yap, harga tidak pernah bohong. Jangan heran jika pelek asli dijual dengan harga yang relatif mahal. Pasalnya, sebagai salah satu komponen penting dalam sebuah mobil, produsen pelek tentunya akan memberikan kualitas terbaik dari produk yang dibuatnya.

Bahkan, pelek asli bisa dijual hingga lima kali lipat dari harga produk replika. Meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan ada pedagang nakal yang membeli pelek replika, namun menjualnya dengan harga yang sama dengan pelek aslinya.

3. Perhatikan detail pelek

Tips membedakan pelek asli dan replika
Tips membedakan pelek asli dan replika

Tidak hanya berlaku untuk velg saja, jika kita ingin membeli aksesoris kendaraan atau sparepart ada baiknya kita mengecek semua detail produk dengan seksama. Untuk pelek mobil misalnya. Pelek mobil asli biasanya memiliki kode produksi di bagian belakang pelek.

Jangan berhenti di situ, tips membedakan pelek asli dan replika Hal ini juga bisa dilakukan dengan memperhatikan informasi berupa huruf cetak, bukan stiker yang mudah lepas. Selain itu, di bagian belakang pelek mobil juga terdapat nomor seri produksi, sedangkan pelek replikanya tidak ada.

4. Cat berkualitas buruk

Tips membedakan pelek asli dan replika
Tips membedakan pelek asli dan replika

Masih berurusan dengan detail. Pelek mobil replika umumnya memiliki proses finishing yang cukup berantakan. Tidak hanya permukaan bagian dalam pelek yang berlubang, cat yang diaplikasikan juga akan terlihat berbeda. Pasalnya, perusahaan pembuat pelek replika tidak memperhatikan detailnya.

Selain itu, pelek asli biasanya memiliki warna yang umum, mulai dari perak, emas, perunggu hingga putih. Sedangkan pelek replika memiliki warna yang cukup mencolok.

5. Bobot pelek yang berbeda

Tips membedakan pelek asli dan replika
Tips membedakan pelek asli dan replika

Tips membedakan pelek asli dan replika terakhir adalah dari segi bobot. Meski sama-sama menggunakan alumunium alloy sebagai bahan utamanya, pelek mobil original cenderung lebih ringan bobotnya jika dibandingkan dengan pelek mobil replika.

Hal ini terjadi karena produsen pelek replika hanya mengambil desain dari pelek populer, namun tidak menggunakan campuran bahan yang sama. Alhasil, bobot pelek replika akan lebih berat jika dibandingkan dengan pelek orisinil atau orisinil.

Misalnya pelek replika ring 17 beratnya sekitar 10-11 kilogram. Sedangkan pelek aslinya hanya berbobot kurang lebih enam kilogram. Selain itu, pelek mobil asli biasanya semakin besar ukurannya maka akan semakin ringan. Berbeda dengan produk replika, semakin besar ukurannya maka akan semakin berat.

Semoga tips membedakan pelek asli dan replika ini berguna!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts