Tips Isi Bensin Mobil – Mungkin mengisi tangki bahan bakar mobil tidak sulit. Meski begitu, masih ada yang salah saat melakukannya.

Baik itu pemula ataupun pemilik mobil lama, banyak yang tidak mengetahui cara mengisi bensin mobil dengan benar. Sebenarnya tipsnya tidak sulit, hanya butuh sedikit usaha.

Mulai dari, pastikan selalu mengisi bahan bakar di SPBU resmi. Kemudian mengetahui letak tutup tangki bensin, agar petugas SPBU tidak kesulitan mengisi bahan bakar. Sepele mungkin, tapi tip bensin mobil yang tepat akan membantu Anda.

Tips mengisi mobil

Jangan lupa matikan mesin mobil dan pilih bahan bakar yang sesuai. Selanjutnya Anda juga perlu mengisi tangki hingga penuh.

Ingin tahu lebih detail tentang tips mengisi bensin mobil? Berikut kami jelaskan pembahasannya secara lengkap:

Isi BBM di SPBU resmi

Tips Isi Bensin Mobil

Tips mengisi bensin pertama mobil selalu di SPBU resmi. Hal ini untuk menjamin kualitas bensin baik dari segi kandungan maupun takarannya.

Pasalnya, di SPBU resmi harus ada quality control secara berkala. Jadi Anda bisa lebih percaya diri dengan pemeriksaan ini.

Sedangkan jika mengisinya di SPBU tidak resmi, quality controlnya tentu tidak bisa diandalkan. Bisa dicampur dengan cairan lain. Lalu soal takaran bensin, ada kemungkinan tidak sesuai.

Secara umum, dari segi harga, SPBU tidak resmi pun menjual bensin dengan harga lebih tinggi. Tentu saja ini bisa merugikan!

Ketahui Lokasi Tutup Tangki Bensin

Tips Isi Bensin Mobil
Tips Isi Bensin Mobil

Hal berikutnya yang harus diperhatikan saat mengisi bahan bakar mobil adalah letak tutup tangki bensin. Mudah dilihat dari luar, tetapi dalam posisi mengemudi dapatkah Anda mengetahuinya?

Banyak yang tidak tahu kalau posisi tutup tangki bensin bisa dilihat dari panel instrumen. Di dekat logo dispenser biasanya ada segitiga hint. Jika arahnya ke kiri, berarti tutup tangki bensin mobil Anda ada di sebelah kiri. Dan sebaliknya.

Dengan mengetahui letak tutup tangki bensin tentunya memudahkan pengisian di SPBU. Pasalnya, jika salah posisi, nanti petugas akan kesulitan menarik selang bahan bakar.

Biasanya orang yang suka bingung dengan letak tutup tangki bensin saat mengendarai mobil pinjaman. Selain itu kalau baru punya mobil sering bingung letak tutup tangki bensinnya dimana.

Matikan Mesin Mobil

Tips Isi Bensin Mobil
Tips Isi Bensin Mobil. (bijaksana)

Tips mengisi bensin mobil selanjutnya adalah mematikan mesin mobil. Ini wajib, untuk alasan keamanan. Jangan mengisi bensin pada saat mesin mobil sedang hidup, karena dapat menyebabkan kebakaran.

Hal ini dikarenakan pada saat proses pengisian bensin, ada uap yang keluar dari tangki. Uapnya sangat mudah terbakar bila terkena percikan api. Jika mesin mobil dalam keadaan aktif saat mengisi bahan bakar, bukan tidak mungkin akan muncul potensi percikan api. Apalagi saat kabel busi luka. Jadi tip bensin mobil yang satu ini cukup penting.

Selanjutnya, setelah mesin mobil mati, Anda bisa membuka tutup tangki bensin. Letak tuas pembuka, paling banyak terletak di sisi kanan pengemudi (di bawah jok).

Pilih jenis bahan bakar yang sesuai

Tips Isi Bensin Mobil
Tips Isi Bensin Mobil

Maka tips pengisian bensin mobil untuk anda adalah dengan menggunakan oktan yang sesuai. Umumnya informasi ini ada di tutup tangki bensin.

Setiap mesin mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, contohnya Mitsubishi Xpander dengan kubikasi 1,5 liter dan rasio kompresi 10,5:1 paling cocok untuk meminum bensin beroktan 92 atau Pertamax. Jika diisi dengan oktan rendah, berpotensi menggelitik.

Gejala gelitik pada mobil menandakan performa mesin tidak maksimal. Alhasil hal ini akan mengakibatkan rasa berkendara jadi kurang menyenangkan. Efek lainnya, konsumsi bahan bakar juga bisa lebih boros.

Jangan juga kalian sering gonta-ganti bahan bakar. Hal ini karena struktur tiap jenis bensin berbeda sehingga menurunkan kualitas bahan bakar. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Disarankan untuk mengisi tangki sampai penuh

Tips Isi Bensin Mobil
Tips Isi Bensin Mobil. (pexel)

Tips mengisi bensin mobil yang terakhir adalah selalu mengisi tangki. Setidaknya lebih dari setengah.

Karena kalau isi tangki sedikit, nanti mudah dikosongkan. Selanjutnya, kotoran yang berada di bagian bawah tangki dapat tersedot ke dalam fuel pump sehingga menyebabkan macet.

Kandungan gas yang penuh juga mengurangi resiko tangki berkarat. Karena tidak akan ada udara untuk mengisi kekosongan. Udara disini memiliki efek yang berbahaya, karena dapat menghasilkan kondensasi yang pada akhirnya akan menimbulkan karat pada tangki bensin.

Selain itu, mengisi bensin hingga penuh juga dapat membuat berkendara menjadi lebih nyaman. Anda tidak perlu takut kehabisan bensin dalam perjalanan setelah mengunjungi SPBU.

Ada baiknya, meski sudah mengisi bensin di SPBU resmi, Anda tetap memperhatikan angka liter yang tertera pada dispenser bensin. Hal ini untuk mencegah terjadinya penipuan dalam takaran bensin.

Maka jangan buru-buru menyalakan mesin. Pastikan terlebih dahulu selang bensin benar-benar ditarik keluar dari lubang tangki, dan petugas menutup tangki bensin mobil Anda.

Semoga tip bensin mobil bermanfaat ya.

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya di AutoMagz.

Recommended Posts