Tips memilih shockbreaker motor matic lebih baik dipahami. Pasalnya, dari sekian banyak cara yang bisa dilakukan agar motor matic kesayangan Anda tampil lebih ‘berisi’, mengganti shockbreaker bawaan dengan produk after market menjadi pilihan.

Tak hanya menambah keren tampilan motor, mengganti shockbreaker dengan produk after market juga diyakini mampu meningkatkan kualitas berkendara. Namun, memilih shockbreaker tidak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu harus tahu tips memilih shockbreaker motor matic agar anda tidak tertipu.

Tips memilih shockbreaker motor matic

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan saat membeli shockbreaker motor agar tidak tertipu. Nah, agar tidak salah pilih, simak tips berikut yang harus Anda perhatikan agar mendapatkan shockbreaker motor matic yang sesuai dengan ekspektasi Anda.

1. Perhatikan kode shockbreaker

Tips memilih shockbreaker motor matic

Sebelum membeli, pastikan Anda memperhatikan detail shockbreaker incaran. Satu hal yang dapat Anda periksa adalah kotak dan kode atau nomor seri shockbreaker. Hal ini dilakukan untuk membedakan barang baru dan bekas.

Umumnya, nomor seri yang terdapat pada shockbreaker dibuat menggunakan teknologi tinggi seperti laser. Itu sebabnya, hasilnya bisa sangat mulus dan mulus. Namun, jika Anda menemukan bahwa bagian dari kode tersebut tidak rata atau dilapisi dengan cat yang berbeda, Anda patut curiga. Bisa jadi shockbreaker yang Anda incar ternyata palsu.

2. Periksa bodi shockbreaker

Tips memilih shockbreaker motor matic
Tips memilih shockbreaker motor matic

Setelah mencentang kotak dan kode pada shockbreaker, Anda juga harus mengecek bodi shockbreaker dengan teliti. Bisa dibilang, ini adalah bagian termudah yang bisa kamu lakukan sebelum membeli shockbreaker.

Sekarang,Nah, jika Anda menemukan goresan pada batang atau badan shockbreaker, Anda harus waspada. Sebab, bisa jadi barang tersebut merupakan barang reject yang dijual. Yang perlu Anda ketahui, batang shockbreaker baru akan selalu terlihat mengkilat sebelum digunakan.

3. Periksa anting shockbreaker

Tips memilih shockbreaker motor matic
Tips memilih shockbreaker motor matic

Sama seperti dua tips sebelumnya, sebelum membeli shock absorber, Anda juga harus mengecek anting di bagian bawah atau atas shock absorber ini. Jika shockbreaker yang kamu incar adalah barang baru, pastinya anting akan mulus dan mengkilat.

Jadi tips memilih shockbreaker motor matic Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah jika Anda melihat ada cat yang mengelupas atau bahkan dempul di bagian tersebut, dan bentuknya agak lonjong, bisa dipastikan barang tersebut merupakan barang rekondisi yang dijual kembali.

4. Sesuaikan jenis shockbreaker

Tips memilih shockbreaker motor matic terbaik
Tips memilih shockbreaker terbaik untuk motor matic

Itu tidak berhenti di situ. Sebelum memutuskan untuk membeli shockbreaker idaman Anda, Anda juga harus memilih jenis shockbreaker. Sangat mudah untuk mengetahuinya. Anda hanya perlu menarik shockbreaker dari posisi awal hingga menjadi agak panjang.

Nah, kalau sudah, perhatikan apakah saat shockbreaker kembali ke bentuk semula atau melambung seiring berjalannya waktu, apakah cukup lambat atau cukup cepat? Kalau slow berarti shockbreakernya tipe double action, tapi kalau cepat tipe single action.

Namun, mata Anda juga harus jeli saat mengamati proses ini. Sebab, jika ternyata shockbreaker pantul tampak macet, ada kemungkinan terdapat rongga udara. Jika iya, sebaiknya pikirkan lagi untuk membeli shockbreaker tersebut.

5. Sesuaikan harga

Tips memilih shockbreaker motor matic
Tips memilih shockbreaker motor matic

Tak hanya shockbreaker, harga barang juga harus Anda sesuaikan dengan budget pribadi sebelum membeli sparepart kendaraan kesayangan Anda. Pasalnya, saat ini banyak varian shockbreaker di pasaran yang dijual dengan harga murah hingga mahal.

Anda bisa berselancar di Bukalapak untuk mendapatkan shockbreaker dengan desain dan harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga tips memilih shockbreaker motor matic ini berguna!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts