Tips memilih rak atap – Tidak bisa dipungkiri, saat mudik lebaran banyak yang harus dibawa. Tak hanya baju ganti atau perbekalan selama di perjalanan, sebagian dari kita juga sering membawa oleh-oleh untuk dibagikan kepada kerabat di kampung halaman.

Membawa banyak barang tentunya akan mempengaruhi kenyamanan penumpang kendaraan. Untuk mengatasinya, tak sedikit yang menggunakan roof rack dan roof box untuk menampung barang bawaan. Jadi, agar tidak salah pilih, tidak ada salahnya untuk mengetahuinya Tips memilih rak atap Baik.

Tips memilih rak atap

Jadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli dan memasang roof rack dan roof box. Apa pun? Berikut tips memilih rak atap sebagai persiapan mudik Lebaran.

1. Perhatikan berat maksimum yang dapat dibawa oleh kendaraan

Tips memilih rak atap

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memasang roof rack untuk mudik Lebaran adalah memperhatikan bobot maksimal yang bisa dibawa kendaraan. Perlu Anda ketahui bahwa setiap mobil memiliki berat maksimal yang bisa dibawa. Selain itu, Anda tidak hanya akan mengangkut penumpang tetapi juga akan membawa banyak barang untuk perbekalan Anda selama di perjalanan.

Jangan sembarangan, karena hal ini akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan Anda. Nah, untuk mengetahuinya, buka buku manual dari pabrikan tempat Anda membeli mobil tersebut. Jika Anda mengabaikan hal ini, bukan tidak mungkin pemasangan roof rack bisa mengubah atau bahkan merusak struktur atap mobil Anda.

2. Pastikan pemilihan bahan

Tips memilih rak atap
Tips memilih rak atap

Tips kedua adalah Anda harus memastikan pemilihan material dari roof rack yang akan Anda pasang. Dengan mengetahui beban maksimal yang bisa dipikul, Anda bisa menentukan pilihan material roof rack yang akan digunakan.

Rak atap yang terbuat dari baja tentunya akan lebih kuat. Namun, jika bodi mobil tidak memiliki kemampuan menahan beban berat, barang yang bisa ditampung di rak atap akan terbatas.

Selain baja, ada juga material aluminium yang bisa Anda pilih dengan keunggulan lebih ringan. Namun, materialnya tidak cukup kuat untuk menahan beban. Mengenai roof box, disarankan untuk memilih produk yang terbuat dari plastik. Roof box berbahan plastik memiliki beberapa keunggulan yaitu lebih ringan dan tahan terhadap perubahan cuaca dan iklim.

3. Perhatikan bentuk roof box

Tips memilih rak atap
Tips memilih rak atap

Satu hal yang perlu Anda ketahui, pemasangan roof rack dan roof box sedikit banyak akan mempengaruhi aerodinamika mobil Anda. Pasalnya, aksesoris tersebut akan menahan angin saat mobil melaju sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih boros.

Itulah mengapa Tips memilih rak atap yang harus diperhatikan selanjutnya adalah anda perlu memperhatikan bentuk roof box yang ingin anda pasang. Usahakan perangkat tersebut memiliki bentuk yang aerodinamis sehingga dapat membantu mengurangi beban yang harus dipikul oleh mobil.

4. Pembongkaran mudah

Tips memilih rak atap
Tips memilih rak atap

Langkah selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah kemudahan dalam membongkar rak atap yang akan anda pasang. Hal ini penting karena akan memudahkan jika ingin merubah suasana dan ingin membersihkan atap mobil seperti di poles.

Ini juga bertujuan jika Anda bosan dengan mobil tersebut dan ingin menjualnya. Pasalnya, tidak semua calon pembeli menyukai mobil yang menggunakan roof rack dan roof box.

5. Menyortir default

Tips memilih rak atap
Tips memilih rak atap

Roof rack dan roof box memang berguna untuk menampung banyak barang saat mudik Lebaran. Namun mindset yang harus Anda tanamkan adalah kedua aksesoris ini sebaiknya hanya digunakan untuk menyimpan barang-barang ringan seperti tas pakaian.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hal ini akan mempengaruhi bobot, keamanan, dan kenyamanan Anda saat berkendara. Pastikan saat memasang cover tidak ada celah agar air hujan tidak merembes.

Semoga Tips memilih rak atap ini berguna!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts