Tips memilih box motor akan membantu memilih kotak terbaik untuk sepeda motor kesayangan Anda. Pasalnya selain helm, kamu juga bisa menyimpan jas hujan atau barang belanjaan di box motor. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih nyaman saat turberbelanja, atau hanya berjalan-jalan dengan sepeda motor Anda.

Namun untuk mendapatkan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan, ada baiknya jangan asal-asalan. Karena salah memilih box motor bisa mempengaruhi kenyamanan berkendara. Karena itu tips memilih box motor harus dipahami agar tidak salah pilih.

Tips memilih box motor

Jadi jangan hanya fokus pada kapasitas, tapi utamakan juga kontrol motor saat box motor dipasang. Sederhananya, penggunaan box motor yang tepat tidak akan mengganggu handling. Berikut tips memilih box motor yang patut diperhatikan.

1. Pilih berdasarkan ukuran dan kapasitas

Tips memilih box motor. (memberi)

Pertama, Anda harus mengetahui kapasitas dan ukurannya boks bayi Apa yang kau butuhkan. Jika diperlukan, Anda bisa memilih produk dengan kapasitas dan ukuran yang besar. Namun, boks bayi yang ukurannya kecil dan kapasitasnya juga tetap fungsional untuk kamu gunakan jika hanya membawa sedikit barang.

Jadi, Anda harus memilih boks bayi motor dengan ukuran yang pas untuk motor anda. Jika terlalu lebar atau terlalu panjang, boks bayi Hal ini justru akan membuat motor Anda tidak stabil sehingga akan membahayakan Anda.

Apalagi di Indonesia juga sudah diatur pemasangan itu boks bayi motor tidak boleh melebihi lebar luar motor dan panjangnya harus disesuaikan dengan struktur sasis motor.

Selain itu, jika ukurannya terlalu lebar, Anda akan lebih kesulitan melewati jalan sempit atau menyalip kendaraan di depan Anda.

Oleh karena itu, pilihlah produk yang ukurannya pas dengan motor Anda dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya. Jika perlu, pilih boks bayi motor saat dipasang tidak terlalu menonjol ke belakang.

2. Sesuaikan kapasitas boks bayi dengan kapasitas mesin

Tips memilih box motor
Tips memilih box motor. (memberi)

Kemudian, yang kedua, Anda juga harus mengetahui kapasitasnya boks bayi mobil yang ingin dibeli. Jika kapasitasnya terlalu besar, tentunya motor Anda akan lebih berat sehingga kecepatannya juga akan berkurang.

Begini perhitungannya: jika kapasitas mesin motor Anda hanya 125 cc, sebaiknya Anda memilih boks bayi motor dengan kapasitas maksimal 30 liter. Sedangkan untuk motor berkapasitas mesin 250-400 cc bisa dipilih boks bayi motor dengan kapasitas maksimal 35 liter.

Kemudian, Anda dapat membeli boks bayi motor dengan kapasitas lebih dari 50 liter jika kapasitas mesin motor anda lebih besar dari 400 cc.

Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan kapasitasnya kotak motor untuk tujuan penggunaannya. Kapan boks bayi sepeda motor hanya akan digunakan untuk membawa barang belanjaan, menaruh helm, jaket atau jas hujan, boks bayi dengan kapasitas sekitar 25 liter sudah lebih dari cukup.

Ketika Anda ingin menggunakan boks bayi sepeda motor untuk membawa bekal makanan dan perlengkapan yang banyak saat touring siang hari, pilihlah produk yang berkapasitas sekitar 30 liter. Kapan tur dilakukan pada malam hari, Anda dapat memilih produk dengan kapasitas hingga 33 liter atau lebih.

Kemudian, jika sering berkendara bersama, kemungkinan beban di dalam boks motor akan bertambah. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan kapasitas yang paling sesuai dengan kondisi dan kapasitas mesin motor Anda.

3. Sesuaikan beratnya boks bayi agar motor tetap stabil

Tips memilih box motor
Tips memilih box motor. (memberi)

Agar motor Anda tetap stabil saat dikendarai, sebaiknya Anda memilih boks bayi sepeda motor ringan. Selain itu, boks bayi Motor dengan bobot yang ringan akan lebih mudah Anda lepas dari motor.

Kemudian, tips memilih box motor Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah batas muatan setiap sepeda motor berbeda satu sama lain. Anda juga harus bisa memperkirakan seberapa berat beban yang akan dibawa ke dalam boks bayi motor agar tidak melebihi batas beban yang diizinkan.

4. Pilih produk yang sudah satu paket dengan tanda kurungmiliknya

Tips memilih box motor
Tips memilih box motor. (memberi)

Hanya ada orang yang berpasangan boks bayi di motor menggunakan karet atau tali pengikat. Sedangkan, boks bayi motor tidak akan stabil jika hanya dipasang menggunakan benda tersebut. kotak motor akan stabil dan terpasang dengan aman saat dipasang di dudukan atau piring yang khusus dibuat untuk boks bayi motor.

Terlebih lagi, Anda akan merasa lebih mudah untuk mencabutnya boks bayi motor saat Anda berpasangan boks bayi untuk piring bawaan. Untuk memasangkan piring untuk sepeda motor, Anda juga perlu tanda kurung.

Ketika Anda membeli kotak motor yang belum 1 set dengan tanda kurungkamu dapat membeli tanda kurungsecara terpisah di minimarket atau toko terdekat on line.

Jadi, jika Anda ingin membeli tanda kurungambil pilihanmu tanda kurung asli yang diproduksi khusus untuk boks bayi motor anda agar ukurannya pas dan bisa langsung dipasang.

5. Pilih produk dengan sistem keamanan yang memadai

Tips memilih box motor
Tips memilih box motor. (memberi)

Hal-hal yang tidak boleh dilewatkan saat memilih boks bayi motor adalah sistem keamanan. piring mudah bagi Anda untuk memakai dan melepas boks bayi motor sesuai kebutuhan. Namun, boks bayi Sepeda motor Anda dapat dihapus secara paksa dari piring-miliknya.

Hal ini tentu sangat berbahaya, apalagi jika Anda menyimpan barang berharga di dalamnya boks bayi sepeda motor Anda. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan sistem keamanan yang memadai.

Semoga tips memilih box motor dapat membantu membuat pilihan!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts