Tip aman dari pencuri sepeda motor wajib diketahui pengendara roda dua. Terlebih lagi, semakin dia datang ke sini, tindakan perampokan semakin merajalela. Pelaku bahkan tak segan-segan melukai korban hingga mengambil sepeda motornya secara paksa.

Karena itu, pengendara kedua harus waspada. Terutama bagi pengemudi yang berkendara di malam hari. Para perampok umumnya beraksi secara berkelompok. Untuk menghindari Tips aman dari pencuri hanya perlu antisipasi.

Tip aman dari pencuri

Pelaku perampokan biasanya beraksi di tempat-tempat yang minim pengawasan. Hal ini tentunya dipilih agar banyak orang yang tidak mengetahui aksi mereka dan dapat segera melarikan diri dengan membawa sepeda motor hasil curiannya. Berikut beberapa tips aman dari perampok;

1. Berkendara bersama

Tip aman dari pencuri

Tips aman dari perampok yang bisa diperhatikan pertama adalah berkendara bersama. Intinya di sini adalah berkendara dengan lebih dari satu sepeda motor. Jadi bukan sekedar tumpangan. Bersama dengan tiga atau empat motor akan lebih baik.

Cara ini diyakini cukup efektif saat Anda pulang kerja pada malam hari. Yang terbaik adalah mencari teman searah yang mengendarai sepeda motor bersama. Mengendarai sepeda motor secara bersamaan akan membuat pencuri berpikir ulang untuk melakukan aksinya.

2. Rencanakan rencana perjalanan

Tip aman dari pencuri
Tip aman dari pencuri. (shutterstock)

Selanjutnya tips aman dari perampok yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan jalur yang akan dilalui. Jika harus pulang pada malam hari, sebaiknya pahami jalur yang akan dilalui. Pastikan jalur yang Anda lalui cukup ramai setiap saat.

Selain itu, pilihlah juga jalur yang memiliki penerangan yang cukup. Jalanan yang gelap dan sepi seringkali menjadi lokasi aksi para pencuri. Jika harus melalui jalur sepi, sebaiknya pilih jalur yang ada kantor polisi atau pos satpam agar lebih cepat mendapatkan pertolongan jika terjadi sesuatu.

3. Kondisi motor sehat

Tip aman dari pencuri
Tip aman dari pencuri. (shutterstock)

Tips aman dari perampok selanjutnya adalah pastikan motor dalam keadaan sehat tanpa kendala apapun. Karena jika kondisi motor tidak fit dikhawatirkan akan terjadi masalah di jalan yang mengharuskan pengendara untuk berhenti. Jika ini terjadi, tentu ini akan sangat rentan. Jadi Tips aman dari pencuri dengan memastikan motor dalam kondisi fit sangatlah penting.

Kondisi motor yang fit juga membuat pengendara lebih lincah dalam mengendalikan motornya, apalagi jika harus melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi. Pastikan juga kondisi rem dan ban semua masih bagus dan aman digunakan.

4. Lebih waspada di jalan yang sepi

Tip aman dari pencuri
Tip aman dari pencuri. (shutterstock)

Sekali lagi, jika harus melalui jalan yang relatif sepi, tips aman dari perampok juga bisa dilakukan dengan meningkatkan kewaspadaan. Misalnya, saat berkendara di jalanan sepi, tak ada salahnya mewaspadai pengendara di belakang Anda.

Jika Anda melihat satu atau dua sepeda motor berjalan beriringan seperti berikut, lakukan langkah antisipasi dengan menambah kecepatan sepeda motor. Maka dari itu kondisi motor harus selalu dalam keadaan baik. Belum tentu motor di belakang maling, tapi tidak ada salahnya waspada.

5. Hindari keluar di malam hari

Tip aman dari pencuri
Tip aman dari pencuri. (pexel)

Tips terakhir agar aman dari perampok adalah menunda rencana keluar larut malam. Jika tidak terlalu penting akan lebih baik jika mengemudi larut malam tidak dilakukan. Pasalnya, kebanyakan aksi perampokan dilakukan pada larut malam.

Apalagi jika jalan yang akan dilalui cenderung sepi dan gelap, jika memungkinkan hindari untuk melewatinya. Selain bahaya penjambretan, mengemudi larut malam juga kurang terbantu jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan.

Jadi, hindari berkendara roda dua larut malam. Semoga Tips aman dari pencuri ini sangat membantu!

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts