Banyak pengendara yang menganggap remeh tata letak cara berhenti di lampu merah. Padahal secara umum posisi lampu merah di persimpangan sebenarnya tetap menuntut konsentrasi pengemudi untuk memperhatikan keadaan di sekitarnya.

Apalagi jika posisi lampu merah berada di perempatan ramai atau bahkan di turunan, kewaspadaan harus ditingkatkan. Karena resiko kecelakaan selalu ada saat di jalan raya. Oleh karena itu lebih baik untuk memahami aturan cara berhenti di lampu merah.

Cara berhenti di lampu merah

Kecelakaan yang sering terjadi di lampu merah adalah ketidaksabaran pengendara. Tidak sedikit pengendara yang menerobos lampu merah dan mengakibatkan kecelakaan. Belum lagi pengendara yang memacu mobilnya meski lampu masih kuning, sehingga perempatan belum steril.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut lima cara berhenti di lampu merah yang harus Anda perhatikan;

1. Sering memperhatikan kaca spion

Cara berhenti di lampu merah. (pexel)

Memperhatikan kaca spion tidak hanya saat berkendara, tata cara berhenti di lampu merah juga memerlukan hal tersebut. Pasalnya dengan sesekali memperhatikan kaca spion saat berhenti di lampu merah, pengemudi bisa mengetahui apa yang ada di belakangnya.

Cara ini bisa menjadi tindakan pencegahan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti dipukul dari belakang. Keunggulan lainnya adalah pengemudi dapat mengatur jarak yang tepat dengan kendaraan lain di sekitarnya.

2. Jaga jarak

Cara berhenti di lampu merah
Cara berhenti di lampu merah. (pexel)

Menjaga jarak merupakan hal yang juga harus diperhatikan dalam tata cara berhenti di lampu merah. Apalagi pengendara roda dua kerap memadati seluruh area pemberhentian. Padahal hal semacam ini sebenarnya tidak dianjurkan.

Saat menjaga jarak, pengendara akan memiliki ruang untuk melarikan diri jika sesuatu yang tidak terduga terjadi. Misalnya, jika terjadi tabrakan dari belakang, kendaraan di depan yang menjaga jarak akan memiliki waktu untuk melarikan diri agar tidak tertabrak juga.

3. Jangan melakukan aktivitas lain saat berada di lampu merah

Cara berhenti di lampu merah
Cara berhenti di lampu merah

Tata cara berhenti di lampu merah mengharuskan pengemudi untuk tetap fokus. Pasalnya, tak sedikit pengendara yang justru melakukan aktivitas lain sambil menunggu lampu merah. Yang paling sering adalah mengecek HP.

Dalam urutan cara berhenti di lampu merahsebuahKegiatan semacam ini tentu akan mengalihkan konsentrasi. Jika terjadi sesuatu, pengemudi akan lengah untuk mengantisipasinya. Maka wajib bagi para pengemudi untuk selalu berkonsentrasi, sekalipun sedang berhenti di lampu merah demi keselamatan diri dan orang-orang di sekitarnya.

4. Jangan istirahat di lampu merah

Cara berhenti di lampu merah
Cara berhenti di lampu merah. (pexel)

Istirahat tentu merupakan hal yang dilarang dalam tata cara berhenti di lampu merah. Bagaimana tidak, pengendara yang sedang melakukan aktivitas lain sendirian bisa mengalihkan konsentrasinya apalagi istirahat di lampu merah.

Hal ini memang jarang terjadi, namun pada beberapa kasus ada pengendara yang bisa tertidur saat lampu merah. Penyebabnya mungkin terlalu lelah. Padahal, tertidur di lampu merah berarti tidak bisa mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Sebaliknya, tidur di lampu merah juga akan mengganggu pengendara lain saat lampu hijau menyala.

Oleh karena itu, pengendara yang merasa lelah sebaiknya segera beristirahat di tempat yang seharusnya. Jangan memaksakan perjalanan karena berpotensi bahaya.

5. Gunakan klakson saat bahaya

Cara berhenti di lampu merah
Cara berhenti di lampu merah. (spesial)

Tata cara berhenti di lampu merah juga termasuk penggunaan klakson. Padahal, penggunaan klakson sebagai tanda bagi pengendara di depan untuk memberitahukan posisi kita. Saat posisi berhenti di lampu merah, gunakan klakson dengan bijak.

Jadi jangan gunakan klakson secara berlebihan mengingat kebanyakan kendaraan berada pada posisi lampu merah. Bunyikan klakson sebagai tanda saat terjadi hal-hal berbahaya, sehingga pengemudi di depan dapat segera bergerak untuk mengantisipasi.

Semoga diatur cara berhenti di lampu merah apa yang telah dijelaskan bermanfaat!

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]