Mungkin belum banyak pemilik kendaraan roda dua yang mengetahui hal ini Oli motor Ester. Padahal oli motor yang mengandung kandungan ini menjanjikan performa pelumasan yang lebih baik dibanding tanpa Ester. Tak heran jika oli yang mengandung ester sering digunakan dalam balapan.

Namun, oli motor yang memiliki kandungan ester rata-rata dibandrol dengan harga cukup mahal. Umumnya harga satu liter minyak yang mengandung ester dihargai lebih dari Rp. 100.000. Itu sebabnya gunakan Oli motor Ester Biasanya dipilih para pemilik motor sport dan motor gede (moge).

Oli motor Ester

Kandungan ester biasanya tercampur dalam oli jenis full sintetik atau semi sintetik. Aditif ester menjanjikan tingkat keausan hingga 0%. Oli motor ester juga mampu menjaga suhu mesin lebih stabil.

Di pasaran ada beberapa merk oli motor Ester yang cukup populer di kalangan pecinta roda dua, berikut daftarnya;

1.Motul 5100 10w-40

Oli motor Ester

Oli motor Ester ini yang paling populer. Pelumas ini memiliki tingkat kekentalan 10w-40 yang paling cocok untuk iklim di Indonesia. Dengan standar API SM, oli ini direkomendasikan untuk mesin sepeda motor modern. Sedangkan standar JASO MA2 ditujukan untuk memberikan performa kopling yang lebih responsif.

Motul 5100 menggunakan aditif yang disebut Technosynthese-ester. Kandungan ester menjanjikan perlindungan yang lebih baik karena mampu mengurangi tingkat gesekan internal berkat ketahanannya film minyak yang bagus.

Di pasaran, Motul 5100 ditawarkan di kisaran Rp 130.000 per liter.

2. Iphone R4000RS 10w-50

Oli motor Ester
Oli motor Ester

Oli motor pilihan Ester selanjutnya adalah Ipone R4000RS. Merk oli asal Perancis ini cukup dikenal di arena balap. Oli jenis sintetik ini memiliki tingkat kekentalan yang sangat baik yaitu 10w-50 yang dapat digunakan pada berbagai kondisi cuaca. Selain itu, oli ini juga tersedia dalam pilihan kekentalan 10w-40 dan 15w-50.

Standar API SM dan JASO MA2 menunjukkan bahwa oli ini ditujukan untuk mesin sepeda motor modern dan mampu mengoptimalkan kinerja kopling pada sepeda motor dengan transmisi manual. Selain itu kandungan Ester menjanjikan tingkat friksi internal yang rendah sehingga cocok untuk performa tinggi.

Harga oli motor Ipone R4000RS sekitar Rp 160.000 per liter.

3. Top 1 Evolution MC 10w-30

Oli motor Ester
Oli motor Ester

Oli motor Ester juga memiliki banderol harga yang ramah kantong yaitu Top 1 Evolution MC. Pelumas ini full sintetik yang memiliki kekentalan 10w-30. Artinya, oli ini cocok untuk performa tinggi. Apalagi dengan sertifikasi JASO MA2 yang bisa membuat kopling lebih responsif.

Oli motor Ester itu masih membawa sertifikasi API SL. Namun sebenarnya sudah mumpuni untuk penggunaan mesin motor modern yang ada saat ini. Sedangkan Fortified Ester yang terkandung dalam oli ini menjanjikan akselerasi yang optimal sejak awal mesin dihidupkan.

Oli Top 1 Evolution MC dapat ditebus hanya dengan Rp 110.000 per liter.

4.Motul 7100 10w-40

Oli motor Ester
Oli motor Ester

Jika Anda membutuhkan oli motor Ester yang performanya lebih baik lagi, maka Motul 7100 bisa banget dipertimbangkan. Karena oli ini benar-benar menggabungkan campuran antara pelumas sintetik dan ester. Alhasil, perlindungan mesin yang dijanjikan jauh lebih optimal.

Motul 7100 memiliki kekentalan 10w-40 dengan sertifikasi JASO MA2 dan API SN sebagai salah satu standar tertinggi saat ini. Hasilnya, oli ini menjanjikan performa terbaik mulai dari akselerasi hingga kecepatan penuh.

Maka tidak heran jika harga pelumas ini terbilang lumayan. Di pasaran, Motul 7100 dipatok di kisaran Rp. 200-210 ribu per liter.

5. CTX Rev Max Ultra 10w-50

Oli motor Ester
Oli motor Ester

Oli motor ester juga patut dipertimbangkan bagi para penggila roda dua yang menginginkan performa terbaik. Oli jenis sintetik ini dipadukan dengan formula bernama MultiEster dari CTX yang mampu menjaga konsistensi kekentalan oli agar selalu stabil.

Oli ini juga menjanjikan koefisien gesek yang rendah sehingga memudahkan kerja mesin. Formula MultiEster juga memiliki sifat detergensi yang sangat baik untuk menjaga mesin tetap bersih. CTX Rev Max Ultra memiliki dua pilihan tingkat kekentalan yaitu 10w-40 dan 10w-50, dengan sertifikasi JASO MA2 dan API SN.

Di pasaran, oli CTX Rev Max Ultra ditawarkan di kisaran Rp 185-195 ribu per liter.

Jadi dari barisan Oli motor Ester kamu mau coba yang mana?

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts