Rekomendasi Mobil Hybrid Bekas – Era kendaraan elektrifikasi di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak 15 tahun lalu. Hanya saja itu bukan mobil listrik (baterai kendaraan listrik), melainkan mobil hybrid.

Pelopor mobil hybrid di Indonesia adalah Prius yang pertama kali muncul pada tahun 2009. Setelah itu mulai bermunculan satu per satu. Hingga saat ini kendaraan hybrid begitu populer dengan banyak pilihan modelnya.

Kelebihan memiliki mobil hybrid, masyarakat bisa menikmati berbagai keuntungan layaknya mobil listrik. Sebut saja ramah lingkungan (hemat bahan bakar) dan performa mantap. Namun, di sisi lain, tidak perlu repot mengisi daya baterai. Pemilik mobil hybrid, hanya perlu mengisi bensin seperti biasa, simpel bukan?

Rekomendasi mobil hybrid bekas

Meski sudah tahu keistimewaannya, masih banyak orang yang tidak mau beralih ke mobil hybrid. Salah satu alasannya, harga mobil hybrid masih tinggi di pasaran.

Jadi, bagi Anda yang memiliki budget terbatas, tidak ada salahnya memilih mobil hybrid bekas. Apa saja pilihannya? Berikut kami ungkap rekomendasi mobil hybrid bekas untukmu:

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Rekomendasi mobil hybrid bekas

Bagi Anda yang memiliki budget mepet, rekomendasi mobil hybrid bekas dari Suzuki ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Ya, Ertiga Diesel Hybrid di pasar mobil bekas dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 130 jutaan.

Hanya saja unitnya tidak banyak. Maklum, Ertiga diesel hybrid hanya dijual selama 1 tahun dari 2017 hingga 2018. Setelah itu, disuntik mati.

Bicara soal spesifikasi, Ertiga Diesel Hybrid didasarkan pada Ertiga lawas. Jadi tidak perlu diragukan lagi soal kapasitas dan kenyamanan. Total penumpang yang bisa masuk ke dalam kabin hingga 7 orang.

Soal jantung mekanis, mobil diesel ini menggunakan kubikasi 1.300 cc. Kombinasi tersebut merupakan teknologi hybrid ringan. Tertarik punya?

Toyota Corolla Cross Hybrid

Rekomendasi mobil hybrid bekas
Rekomendasi mobil hybrid bekas

Rekomendasi mobil hybrid bekas selanjutnya adalah Toyota Corolla Cross Hybrid. Kendaraan ini sebenarnya terbilang cukup muda, karena pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2020.

Meski begitu, kini ada yang menjual versi bekas dengan harga terjangkau. Corolla Cross Hybrid resmi mulai Rp 435 jutaan.

Keunggulan Toyota Coroll Cross Hybrid bekas menggunakan mesin bensin 1.789 cc berkode 2ZR-FXE. Jantung mekanis ini dipadukan dengan motor listrik untuk memaksimalkan kinerjanya.

Dari segi fitur tidak perlu diragukan lagi. Terdapat head unit yang terintegrasi NFC sehingga bisa membaca saldo uang elektronik. Kemudian mobil hybrid ini tentunya memiliki 7-airbags untuk keselamatan, serta berbagai teknologi keselamatan lainnya.

Nissan Kicks e-Power

Rekomendasi mobil hybrid bekas
Rekomendasi mobil hybrid bekas. (Buka Tinjauan)

Pilihan lain untuk mobil hybrid bekas adalah Nissan Kicks e-Power yang pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2020. Kini cukup banyak versi bekas yang bisa Anda temukan, dengan harga yang juga cukup terjangkau, mulai dari Rp. 385 juta.

Keunggulan Nissan Kicks e-Power adalah memiliki teknologi hybrid yang berbeda dengan kendaraan lainnya. Mesin bensin 1.200 cc miliknya hanya digunakan sebagai genset untuk mengisi baterai. Jadi mesin tidak ada hubungannya dengan menggerakkan roda.

Dengan sistem hybrid yang unik, Kicks e-Power dapat menghemat konsumsi bahan bakar dengan sangat baik. Bahkan kemampuan iritnya lebih baik dari mobil LCGC. Jadi satu rekomendasi mobil hybrid bekas ini agak istimewa bukan?

Sedangkan velg Nissan Kicks e-Power digerakkan oleh motor listrik. Alhasil, sensasi berkendaranya persis seperti mobil listrik. Keistimewaan lainnya, SUV hybrid ini memiliki teknologi pengoperasian satu pedal. Pengemudi bisa berakselerasi dan melambat hanya dengan satu pedal, kurang lebih seperti bermain bom mobil.

Soal fitur, mobil ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang lengkap. Sebut saja vehicle dynamic control (VDC), 6 SRS Airbag, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake assist (BA), serta intelligent race control (ITC). Ada juga fitur Intelligent Cruise Control (ICC), Intelligent Forward Collision Warning (IFCW), Intelligent Emergency Braking (IEB), Blind Spot Warning System (BSW), dan Hill Start Assist (HSA).

Toyota Camry Hybrid

Rekomendasi mobil hybrid bekas
Rekomendasi mobil hybrid bekas

Rekomendasi mobil hybrid bekas berikutnya adalah Toyota Camry hybrid. Camry juga merupakan salah satu pionir mobil hybrid di Indonesia dan sudah ada sejak tahun 2012 hingga sekarang.

Jika ingin yang harganya terjangkau, Anda bisa memilih Camry Hybrid XV50 atau generasi 7. Harganya mulai dari Rp 220 jutaan. Murah bukan?

Umurnya sudah sekitar 10 tahun, tapi dari segi kemewahan masih mumpuni. Maklum, dulu banyak digunakan para menteri.

Camry Hybrid XV50 mengusung mesin berkapasitas 2.5 L dengan teknologi hybrid synergy drive yang membuat produk ini lebih ramah lingkungan. Toyota mengklaim, mobil ini lebih irit bahan bakar hingga 24%.

Toyota Prius

Rekomendasi mobil hybrid bekas
Rekomendasi mobil hybrid bekas

Jika Anda menyukai mobil hybrid legendaris di Indonesia, maka jangan lupakan pionirnya, Toyota Prius generasi ketiga. Harga bekasnya kini sangat terjangkau, mulai dari Rp 180 jutaan. Hanya saja dari segi usia sudah lebih dari 10 tahun.

Satu hal yang harus Anda perhatikan saat membeli mobil hybrid lawas adalah kondisi aki. Baterai umumnya hanya bertahan 10 tahun, jadi belilah unit bekas yang sudah memiliki baterai baru.

Prius Hybrid Generasi ke-3 memiliki tampilan yang futuristik. Lalu soal kapasitas mesin 1.800 cc.

Nah, dari rekomendasi mobil hybrid bekas yang terbaik dari kami, produk mana yang anda minati?

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts