Mudik Lebaran dengan menggunakan mobil pribadi membutuhkan banyak persiapan, diantaranya aksesoris mobil untuk bepergian. Tidak hanya kondisi bodi yang prima, Anda juga harus membuat mobil dalam performa terbaiknya. Itu sebabnya, sebelum mudik Lebaran, Anda harus mengecek beberapa bagian vital mobil kesayangan Anda.

Selain menambah kenyamanan selama perjalanan, pemilik kendaraan sebaiknya mempertimbangkan penggunaan sejumlah aksesoris. Sejumlah aksesoris mobil untuk bepergian bahkan akan membuat perjalanan lebih menyenangkan.

Aksesori mobil untuk bepergian

Dengan perjalanan yang menyenangkan, waktu yang ditempuh tidak akan terasa dan dinikmati. Berikut beberapa rekomendasi aksesoris mobil untuk mudik yang akan membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman.

1. Kamera dasbor

Aksesori mobil untuk bepergian

Dash cam atau kamera dasbor memiliki fungsi dan cara kerja yang sama seperti CCTV yang biasa Anda temui di rumah atau gedung perkantoran. Kamera ini bertujuan untuk merekam berbagai kejadian di jalan saat mobil sedang melaju untuk kemudian disimpan dalam memori selama beberapa waktu.

Dashcam juga bisa menjadi aksesori penting ketika Anda mengalami insiden atau perselisihan di jalan. Dash cam akan memberikan bukti lebih lanjut kepada pihak berwajib terkait kejadian yang Anda alami di jalan raya.

Salah satu kamera dashboard yang bisa Anda miliki adalah Blackbox G1W. Kamera ini hadir dengan sensor CMOS 3M yang dilengkapi dengan layar LCD 2,7 TFT. Memiliki resolusi Full HD, Blackbox G1W juga dilengkapi dengan fitur motion detection. Untuk memilikinya, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp600 ribu saja.

2. Pengisi Daya Multi USB

Aksesori mobil untuk bepergian
Aksesori mobil untuk bepergian

Saat mudik Lebaran, tidak sedikit dari kita yang menggunakan smartphone sebagai panduan. Alhasil, daya smartphone Anda akan lebih cepat habis saat melakukan perjalanan mudik. Namun Anda tidak perlu khawatir, untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menggunakan charger multi USB yang memiliki lebih dari 1 slot USB.

Penggunaannya cukup praktis. Hal ini dikarenakan produk ini hanya perlu dicolokkan ke soket listrik di mobil Anda. Harganya cukup terjangkau. Di Bukalapak, Anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp21.000.

3. Kasur mobil

Aksesori mobil untuk bepergian
Aksesori mobil untuk bepergian

Perjalanan jauh tentu bisa sangat melelahkan dan membuat Anda mengantuk. Anda memang bisa tidur di kursi mobil, namun akan terasa tidak nyaman.

Maka dari itu, Anda perlu membawa kasur angin khusus mobil agar bisa berbaring sejenak sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Menggunakan aksesoris mobil untuk bepergian Di sini, Anda hanya perlu mengembangnya saat dibutuhkan, lalu mengempiskannya lagi dan melipatnya untuk menghemat ruang.

Kasur angin biasanya berharga sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000.

4. Sistem Pemantauan Tekanan Ban (TPMS)

Aksesori mobil untuk bepergian
Aksesori mobil untuk bepergian

Beberapa mobil terbaru sudah dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Namun bagi anda yang belum memiliki fitur ini pada mobil kesayangan anda, tidak perlu bersedih. Karena ada banyak pilihan aftermarket yang bisa Anda temukan.

Sesuai dengan namanya, TPMS bertujuan untuk membantu Anda memantau tekanan ban selama perjalanan Lebaran. Meski sering dianggap sepele, namun lalai dengan tekanan ban mobil bisa merugikan Anda dan orang lain.

Beberapa resiko yang akan Anda hadapi adalah penggunaan bahan bakar yang boros dan kecelakaan.

5. Dudukan telepon

Aksesori mobil untuk bepergian
Aksesori mobil untuk bepergian

Saat mudik Lebaran dengan mobil pribadi, kebutuhan untuk tetap menggunakan smartphone seringkali tak terhindarkan, apalagi saat menggunakan aplikasi navigasi.

Agar tidak repot mengangkat ponsel untuk melihat layar, perlu ditambahkan dudukan yang cocok untuk mobil. Ada banyak phone holder yang bisa Anda pilih, salah satunya Baseus Car Mount Multi-angle Phone Holder.

Produk ini berbentuk huruf X dan memiliki desain yang kokoh untuk menjamin stabilitas smartphone Anda saat dipasang di car mount ini. Semua jenis smartphone dengan ketebalan kurang dari 10 mm dapat dimasukan ke dalam penjepit yang dapat Anda pasangkan pada ventilasi udara di dashboard mobil, selanjutnya tinggal mengatur sudut kemiringan untuk mendapatkan kecerahan layar yang optimal.

Jadi bersenang-senang mempersiapkan aksesoris mobil untuk bepergian nanti!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts