Penyebab Motor Mati Tiba-tiba – Pernahkah Anda mengalami nasib buruk di jalan, seperti sepeda motor yang Anda tumpangi tiba-tiba mati? Jika demikian, jangan emosi dan panik. Percayalah, hal itu terjadi karena Anda lalai merawat kendaraan.

Akibatnya beberapa komponen menjadi bermasalah. Ujung-ujungnya motor bisa mati mendadak. Masalah seperti ini tentunya bisa berbahaya, apalagi jika terjadi pada saat motor melaju cukup kencang di jalan raya. Oleh karena itu harus dipahami penyebab motor mati mendadak agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyebab motor mati mendadak

Jika mengalami motor tiba-tiba mati, segera arahkan motor ke pinggir jalan. Kemudian periksa penyebabnya. Paling umum ada lima penyebab motor mati mendadak. Apa itu dan bagaimana solusinya? Periksa teks di bawah ini untuk jawaban:

1. Mesin Terlalu Panas

Penyebab motor mati mendadak. (Spesial)

Penyebab pertama motor mati mendadak adalah mesin terlalu panas atau overheat. Masalah ini disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari berkendara terlalu lama, air radiator kurang, hingga saluran oli tersumbat.

Jika terjadi overheat pada motor Anda, jangan lengah. Pertama-tama biarkan mesin motor sampai kondisi normal kembali. Kemudian periksa kondisi radiator, jika benar airnya kurang maka tambahkan. Restart mesin seperti biasa.

Jika motor tidak tiba-tiba mati lagi dan mengeluarkan gejala aneh, berarti masalah sudah teratasi dengan penambahan air radiator. Kalau ternyata mesin tiba-tiba mati lagi, berarti ada masalah lagi. Segera hubungi bengkel terdekat, agar teknisi ahli bisa menghampiri Anda. Jangan memaksakan diri untuk berkendara dalam kondisi tersebut, karena dapat membuat kerusakan mesin semakin parah.

2. Busi Kotor atau Mati

Penyebab motor mati mendadak
Penyebab motor mati mendadak

Busi bermasalah bisa jadi penyebab motor berhenti mendadak. Mula-mula, motor mungkin terasa seperti berdenting, tapi kemudian mesinnya mati.

Jika ini terjadi, Anda harus memeriksa busi terlebih dahulu. Cara membuka busi dengan kunci. Kemudian ambil dan dekatkan busi ke blok mesin, nyalakan kick starter.

Perhatikan baik-baik, apakah api yang keluar berwarna merah? Jika iya, itu tandanya busi sudah kotor dan harus segera diganti agar mesin motor kembali bekerja.

3. Habis Bensin

Penyebab motor mati mendadak
Penyebab motor mati mendadak. (shutterstock)

Penyebab paling klasik motor mati mendadak adalah kehabisan bensin. Terkadang pada beberapa kuda besi, indikator ketinggian bahan bakar tidak tersedia. Misalnya pada Kawasaki W175. Alhasil Anda harus rajin membuka tangki bensin untuk mengetahui kapasitasnya.

Jika Anda lupa mengecek level bahan bakar, bisa-bisa motor tiba-tiba mati di tengah jalan. Jika ini terjadi, jangan panik juga. Sepeda motor dengan karburator biasanya memiliki keran reservoir yang berisi bensin cadangan.

Sehingga untuk penyebab motor mati mendadak karena isi tangki sudah menipis, tinggal buka kran tandon. Kemudian bensin akan mengalir sekitar satu liter, sehingga cukup untuk menuju stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) terdekat.

Jika saat tangki dicek ternyata bensin sudah penuh, maka masalahnya berarti lain. Ada kemungkinan ventilasi tangki bensin tersumbat. Anda bisa mengecek lubang kecil pada tutup tangki bensin, yaitu lubang angin yang berfungsi untuk menyamakan tekanan udara.

Lubang kecil ini jangan sampai tertutup, karena sirkulasi udara tidak akan lancar dan bensin akan tertahan, tidak mengalir ke karburator. Maka dari itu bersihkan kotoran yang ada, dijamin mesin motor anda akan aktif kembali.

4. Karburator atau Injector Tersumbat

Penyebab motor mati mendadak
Penyebab motor mati mendadak

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai sebab, namun yang paling umum adalah bensin kotor. Bisa karena sering pakai bensin RON rendah, bisa juga karena kemasukan air, atau tangki berkarat.

Kotoran tersebut kemudian terbawa ke dalam sistem penyemprot bahan bakar, hingga akhirnya tersumbat. Akibatnya karburator atau injektor tidak bisa bekerja dengan sempurna, inilah penyebab motor tiba-tiba mati.

Jika hal ini terjadi, segera pergi ke bengkel terdekat untuk membersihkan komponen tersebut. Setelah bersih, motor dijamin sehat kembali. Pastikan juga ke depannya harus menggunakan BBM dengan RON yang lebih baik. Jika masalahnya adalah tangki berkarat, jangan lupa untuk mengurasnya dan memperbaikinya agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Jika ternyata karburator atau injektor tersumbat akibat air yang masuk, periksa kembali apakah tangki bahan bakar motor Anda bocor? Jika itu terjadi, segera tambal atau ganti dengan tangki baru, karena bukan tidak mungkin masalah serupa akan terjadi saat musim hujan.

5. Filter Udara Kotor

Penyebab motor mati mendadak
Penyebab motor mati mendadak

Terakhir, penyebab motor tiba-tiba mati adalah tipisnya asupan udara ke ruang bakar. Biasanya hal ini dikarenakan filter udara yang terlalu kotor, akibatnya udara tidak dapat lagi melewati komponen tersebut dengan leluasa.

Jika masalahnya adalah filter yang kotor, maka bersihkan komponen tersebut. Anda juga bisa menggantinya dengan yang baru, karena filter udara memiliki umur pakai yang cukup singkat. Kecuali yang terbuat dari stainless steel, bisa bertahan seumur hidup motor.

Itu dia lima penyebab motor mati mendadak. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, Anda harus melakukan perawatan berkala dengan benar. Jangan sampai komponen tersebut tidak dirawat, karena nantinya akibatnya bisa lebih parah lagi.

Cara merawat motor yang mudah adalah dengan melakukan servis rutin di bengkel. Kemudian kebersihan motor juga perlu diperhatikan, minimal mencuci kendaraan seminggu sekali atau setelah terkena air hujan. Jadi, jangan penyebab motor mati mendadak itu terjadi ya!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]