Pilihan mobil mudik keluarga terbaik benar-benar berlimpah. Namun tentunya untuk mendapatkan produk terbaik juga harus dibarengi dengan budget yang terbaik pula. Namun jangan khawatir, masih banyak mobil keluarga terbaik yang harganya masih pas di kantong Anda.

Meski memiliki harga yang cukup terjangkau, namun dari segi fungsional juga sangat mumpuni. Performa yang ditawarkan juga bisa diandalkan untuk melakukan perjalanan mudik yang kondisinya bisa bervariasi. Termasuk kapasitas yang memadai seperti mobil mudik keluarga terbaik.

Mobil mudik keluarga terbaik

Dari segi fitur juga sangat bagus. Sehingga soal kenyamanan dan keamanan tidak ketinggalan dengan mobil keluarga yang harganya jauh lebih mahal lagi. Lebih penasaran? Berikut 5 mobil mudik keluarga terbaik dan termurah yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Toyota Calya

Mobil mudik keluarga terbaik

Mobil ini hadir dengan berbagai sisi fungsional yang dibutuhkan oleh sebuah mobil keluarga. Desain MPV-nya memungkinkan hingga 7 penumpang, termasuk pengemudi. Meski begitu, bagasinya tetap bisa menampung berbagai barang bawaan yang dibutuhkan untuk perjalanan mudik.

Untuk fitur, Toyota Calya telah dilengkapi head unit dengan layar sentuh. Selain itu, terdapat pula steering switch yang memudahkan pengemudi untuk mengakses menu di head unit. Sayangnya mobil ini tidak dilengkapi AC double blower. Namun, untuk sirkulasi AC bagi penumpang di belakang dibantu dengan sirkulasi udara.

Sedangkan untuk keamanan, Toyota Calya telah dilengkapi dengan dual SRS airbag dan sistem pengereman ABS. Sedangkan pada sektor dapur pacu, mobil ini dipercayakan pada mesin 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga maksimal 88 HP/6.000 rpm dan torsi 107,8 Nm/4.200 rpm.

Untuk harga, mobil ini ditawarkan dengan harga paling murah Rp 151 jutaan untuk varian EM/T.

2. Daihatsu Sigra

Mobil mudik keluarga terbaik
Mobil mudik keluarga terbaik

Dibuat dari platform yang sama, namun mobil ini memiliki desain gril yang berbeda sebagai pembeda. Namun soal fitur dan lainnya, Daihatsu Sigra memiliki banyak kesamaan dengan Toyota Calya. Kecuali sektor mesin, mobil ini menawarkan dua pilihan pacu.

Pertama adalah pilihan mesin 1.000 cc 3 silinder dengan tenaga maksimal 67 HP/6.000 rpm dan torsi 89 Nm/4.400 rpm. Pilihan dapur pacu kedua adalah mesin 1.200 cc 4 silinder yang sama dengan yang digunakan Toyota Calya.

Berkat tersedianya pilihan mesin 1.000 cc, harga Daihatsu Sigra juga bisa dibanderol jauh lebih murah. Untuk varian D sebagai yang paling rendah, mobil ini ditawarkan dengan harga Rp. 117 juta. Namun varian termurah yang direkomendasikan adalah varian M yang ditawarkan seharga Rp 126 jutaan. Tampilannya lebih enak dipandang dan telah dilengkapi sejumlah fitur keselamatan yang memadai untuk perjalanan mudik.

3.Toyota All New Avanza

Mobil mudik keluarga terbaik
Mobil mudik keluarga terbaik

Tipe paling dasar dari varian Avanza dibekali mesin 1NR-VE berkapasitas 1.300 cc dan hanya tersedia dengan pilihan transmisi manual lima percepatan. Varian Avanza ini dibanderol sekitar Rp 206,2 juta.

Dari segi desain, perbedaan paling kental terlihat dari dimensi velg yang digunakan yakni 15 inci. Sementara varian mobil mudik keluarga terbaik ini untuk tipe diatas sudah menggunakan velg 16 inci.

Selanjutnya memasuki area kabin, All New Avanza varian tipe 1.3 EM/T dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inci dengan koneksi USB dan Bluetooth. Namun All New Avanza tipe ini masih belum memiliki fitur security alarm dan immobilizer serta sensor parkir belakang.

Meski begitu, semua varian Avanza mulai dari tipe bawah sudah dilengkapi dengan fitur hill start assist, ABS, EBD dan BA, vehicle stability control (VSC), dan 7 titik seatbelt warning.

4. Wuling Confero S

Mobil mudik keluarga terbaik
Mobil mudik keluarga terbaik

Pilihan selanjutnya datang dari pabrikan China. Wuling Confero S layak dipilih sebagai mobil mudik keluarga terbaik karena desain dan fiturnya. Desain boxy memberikan ruang yang luas.

Jadi jika yang lain hanya bisa menampung 7 penumpang, mobil ini bisa diisi hingga 8 penumpang. Itu masih menyisakan volume bagasi yang besar yang berarti banyak barang yang bisa dibawa.

Tak hanya itu, mobil ini juga dibekali segudang fitur menarik. Di sisi entertainment terdapat head unit dengan layar. Lalu untuk kenyamanan juga ada AC double blower untuk penumpang di belakang. Di sisi keselamatan, mobil ini dilengkapi dengan dual airbag dan pengereman cakram di keempat rodanya dengan dukungan ABS dan EBD.

Sedangkan dapur pacu berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi DVVT. Harganya juga cukup menarik karena ditawarkan mulai Rp 190 jutaan.

5. Daihatsu All New Xenia

Mobil mudik keluarga terbaik
Mobil mudik keluarga terbaik

Varian All New Xenia yang sedang kita bahas adalah tipe 1.3 M. Sebagai varian terendah Xenia, tipe ini menawarkan fitur yang tak kalah lengkap dari kompetitornya di segmen yang sama. Semua model varian All New Xenia memiliki AC digital, double blower dengan desain datar, serta pengaturan bangku baris kedua untuk Sofa Mode Function.

Untuk hiburan, tersedia head unit model floating. Untuk keselamatan, mobil ini dilengkapi dengan sistem pengereman ABS.

Dari segi mesin, tipe 1.3 M, X dan R memiliki peningkatan teknis dibandingkan generasi sebelumnya. Pasalnya dapur pacu untuk varian All New Xenia mampu memuntahkan tenaga sebesar 93 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 121 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Sayangnya, varian terendah All New Xenia ini hanya ditawarkan dengan satu pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan. Untuk harga, mobil ini dipatok Rp 190,9 juta.

Nah, dari yang kelima mobil mudik keluarga terbaik dan murah, yang mana pilihan Anda?

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts