Siapa pun akan mendambakan mobil keluarga murah, irit dan nyaman. Karena mobil keluarga merupakan segmen terbesar di Indonesia. Sebagian besar konsumen Indonesia memilih mobil keluarga sebagai kendaraan mereka bersama keluarga.

Banyak pilihan mobil keluarga di Indonesia. Namun tentunya kadarnya juga berbeda-beda tergantung dari harga yang ditawarkan. Meski begitu, pilihan mobil keluarga murah, irit dan nyaman masih tersedia di pasaran.

Mobil keluarga terbaik murah, irit dan nyaman 2022

Menariknya, mobil keluarga dengan kriteria tersebut juga ditawarkan oleh pabrikan ternama di Indonesia. Sedangkan beberapa pabrikan lain menawarkan fitur canggih dan tampilan yang memberikan kesan mewah.

Nah, makin penasaran? Berikut 5 pilihan mobil keluarga terbaik murah, irit dan nyaman 2020.6.15

1. Toyota Calya

Mobil keluarga murah, irit dan nyaman

Facelift Toyota Calya hadir dengan tampilan baru. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, mobil berjenis MPV ini terlihat lebih elegan dengan desain gril yang lebih lebar. Sentuhan lain juga hadir pada desain velg yang sporty.

Sedangkan pada sisi interior, Toyota memberikan penyegaran yang cukup banyak. Paling mencolok adalah penggunaan head unit double din dengan layar sentuh. Selain itu Toyota Calya facelift 2019 kini menawarkan dashboard yang mampu memberikan kesan mewah, termasuk tombol AC yang lebih modern.

Selain itu, terdapat pula fitur steering switch untuk mengakses menu head unit dari lingkar kemudi. Mobil ini juga telah dilengkapi spion elektrik dan retraksi alias pelipatan otomatis. Untuk baris kedua, Toyota juga sudah menyiapkan colokan listrik untuk mengisi daya ponsel.

Mobil keluarga murah, irit dan nyaman
Mobil keluarga murah, irit dan nyaman

Di sektor keselamatan, Toyota Calya telah dilengkapi dengan airbag dan sistem pengereman ABD. Sedangkan untuk kemudahan akses penumpang ke kursi baris ketiga, tersedia one-touch tumble yang praktis untuk mengangkat kursi di baris kedua.

Mesin pacunya sendiri masih dipercayakan pada mesin 3NR-VE berkonfigurasi 4 silinder berteknologi DOHC dan kubikasi 1.200 cc. Tenaga puncak mencapai 88 PS pada 6.600 rpm, dan torsi tertinggi 108 Nm pada 4.200 rpm.

Untuk harga, mobil ini ditawarkan mulai dari Rp 144,5 juta untuk varian terendah dengan pilihan transmisi manual. Sedangkan yang termahal dibanderol Rp 165,8 juta dengan opsi transmisi otomatis.

2. Daihatsu Sigra

Mobil keluarga murah, irit dan nyaman
Mobil keluarga murah, irit dan nyaman

Versi facelift mobil ini hadir dengan saudara kembarnya yang facelift, Toyota Calya. Perbedaan yang paling mencolok ada pada tampilan muka depan yang terlihat lebih moderat dibandingkan dengan Toyota Calya facelift yang terasa lebih mewah.

Apalagi sebagian besar fitur yang terdapat pada Toyota Calya facelift juga ditawarkan oleh mobil ini, seperti head unit, spion elektrik, sistem keamanan airbag, sistem pengereman ABS plus EBD, dan lain-lain.

Termasuk dapur pacu yang juga dipercayakan pada mesin 3NR-VE berkonfigurasi 4 silinder berteknologi DOHC dan kubikasi 1.200 cc. Tenaga puncak mencapai 88 PS pada 6.600 rpm, dan torsi tertinggi 108 Nm pada 4.200 rpm.

Mobil keluarga murah, irit dan nyaman
Mobil keluarga murah, irit dan nyaman

Namun selain itu, Daihatsu Sigra juga memiliki pilihan mesin 1.000 cc yang hanya dikawinkan dengan pilihan transmisi manual. Kehadiran opsi mesin ini membuat Daihatsu Sigra ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah.

Varian terendah mobil keluarga dengan pilihan mesin 1.000 cc ini ditawarkan dengan harga Rp 119,5 juta. Sedangkan varian tertinggi yang dibekali mesin 1.200 cc dengan transmisi otomatis dan dilengkapi banyak fitur serta tampilan lebih menarik, dihargai Rp 162 juta.

3. Wuling Confero S

Mobil keluarga murah, irit dan nyaman
Mobil keluarga murah, irit dan nyaman (AutoMagz)

Bicara soal penampilan, Wuling Confero mencoba memikat hati dengan desain kendaraan yang mengedepankan fleksibilitas. Mobil ini hadir dengan bentuk yang terlihat lebih lebar jika dibandingkan dengan kompetitor di kelas yang sama.

Sebagai sebuah MPV, Wuling Confero menawarkan kapasitas hingga 7 penumpang dan menjanjikan posisi duduk yang nyaman, baik untuk pengemudi maupun penumpang hingga baris ketiga.

Untuk urusan fitur, mobil ini hadir dengan fitur yang terbilang lengkap di kelasnya, bahkan mewah. Selain sejumlah fitur standar seperti power window, spion elektrik, dan lain sebagainya. Mobil keluarga murah, irit dan nyaman Dilengkapi pula dengan head unit double din yang memiliki layar seluas 8 inci.

Selain itu, pengemudi juga dapat mengontrol fungsi head unit melalui fitur steering switch control. Sedangkan untuk pengendalian AC, Wuling Confero menawarkan fitur canggih bernama electromotion. Tak hanya itu, pengemudi juga dapat memantau tekanan udara pada keempat bannya melalui fitur TPMS (Tire Pressure Monitoring System) yang dapat diakses melalui tampilan di speedometer.

Selain itu, Wuling Confero juga menyertakan fitur ABS dan EBD, serta airbag untuk keamanan.

Mobil keluarga murah, irit dan nyaman
Keterangan

Di sektor dapur pacu, Wuling Confero dibekali mesin 4 silinder dengan kubikasi 1.500 cc berteknologi DOHC dan DVVT yang menjanjikan lebih responsif namun tetap efisien. Transmisinya tersedia dalam pilihan manual dan ACT.

Mobil ini juga menggunakan sistem penggerak roda belakang yang memberikan keuntungan putaran bawah yang lebih baik. Tenaga yang ditawarkan mobil ini cukup tinggi karena menyemburkan tenaga 107 HP dan torsi 142 Nm.

Dengan segudang kelebihan, mobil ini ditawarkan dengan harga mulai Rp 150,8 juta hingga mencapai Rp 197,5 juta untuk varian tertinggi dengan opsi transmisi ACT.

4.Renault Triber

Mobil keluarga murah, irit dan nyaman
Mobil keluarga murah, irit dan nyaman

Dari segi tampilan, Renault Triber memiliki desain yang terlihat menarik. Mengusung konsep mobil ultra-modular tujuh penumpang, Renault Triber tampil menawan dengan bumper dan gril lebih besar, serta kap mesin yang memiliki guratan kokoh.

Pada bagian headlamp atau lampu utama, mobil ini sudah mengusung proyektor namun menggunakan halogen yang dipasangkan dengan LED DRL di bagian bawah. Selain itu, desain samping juga terlihat lebih kokoh karena dimensinya yang ringkas. Menariknya, Renault Triber dilengkapi dengan roof rail layaknya mobil SUV.

Selain itu, aksesoris berupa side skirt dan fender juga dipasang di bagian depan dan belakang.

Memasuki bagian fitur, interior Renault Triber disematkan sistem hiburan layar sentuh berukuran 8 inci yang dapat terhubung dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Ada juga soket pengisi daya di jok baris ketiga.

Mobil keluarga murah, irit dan nyaman
Mobil keluarga murah, irit dan nyaman (AutoMagz)

Menariknya, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem Easy Fix yang memungkinkan pemilik kendaraan melepas kursi mandiri di baris ketiga dengan mudah untuk menambah kapasitas bagasi hingga 625 liter.

Sedangkan untuk fitur keamanan dan keselamatan, Renault Triber dilengkapi dengan empat buah airbag. Begitu juga dengan sistem pengereman yang dilengkapi dengan ABS dan EBD.

Mesinnya mengusung kapasitas 1.000 cc dengan konfigurasi tiga silinder dengan teknologi dual VVT. Jantung mekanis ini mampu menyemburkan torsi puncak 96 Nm pada 3.500 rpm dan tenaga maksimal 72 PS pada 6.250 rpm. Mesin ini dipadukan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis AMT.

Untuk harga, varian terendah mobil keluarga ini ditawarkan dengan harga Rp 166,9 juta. Sedangkan varian termahal dengan opsi transmisi otomatis dibanderol Rp 184,9 juta.

5. Daihatsu Xenia X 1.3 STD

Mobil keluarga murah, irit dan nyaman
Mobil keluarga murah, irit dan nyaman

Pilihan berikutnya untuk dipertimbangkan adalah Semua Xenia Baru varian1,3 M. Sebagai varian terendah Xenia, tipe ini menawarkan fitur yang tak kalah lengkap dari kompetitornya di segmen yang sama. Perlu diketahui, seluruh model varian All New Xenia memiliki AC digital, double blower dengan desain datar, serta pengaturan bangku baris kedua untuk Sofa Mode Function.

Dari segi mesin, tipe 1.3 M, X dan R memiliki peningkatan teknis dibandingkan varian Xenia sebelumnya. Sebagai gambaran, varian All New Xenia mampu memuntahkan tenaga sebesar 93 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 121 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Sayangnya, varian terendah All New Xenia ini hanya ditawarkan dengan satu pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan. Untuk harga, mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp 190,9 juta

Jadi, mana yang Anda pilih dari daftar mobil keluarga murah, irit, dan nyaman itu?

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts