Cara mengganti oli motor sebenarnya cukup mudah dilakukan. Apalagi setelah menempuh jarak kurang lebih 2000 km atau pemakaian selama sebulan penuh, oli mesin motor kesayangan anda sebaiknya diganti. Kalau sudah waktunya ganti pelumas, lebih gampang kalau serahkan ke bengkel dan tinggal duduk manis saja. Namun, jika Anda memiliki waktu luang atau sedang mencari aktivitas, tidak ada salahnya mengganti oli sendiri.

Memperbarui oli motor dengan menggantinya sendiri memang memiliki sejumlah keuntungan, selain dapat menghemat waktu dan biaya saat ke bengkel. Anda juga lebih mengetahui seluk beluk sepeda motor dan dapat mempelajari lebih dalam tentang merawat sepeda motor kesayangan anda. Khususnya cara ganti oli motor Anda tidak perlu banyak alat sendiri.

Cara mengganti oli motor

Tidak hanya itu, oli ini juga dapat mencegah terbentuknya endapan pada piston dan menjaga kebersihan mesin sehingga mesin lebih awet. Jadi, berikut tips dan trik mudah ganti oli motor sendiri! Semoga beruntung!

1. Tunggu Mesin Motor Mendingin

Cara mengganti oli motor. (pexel)

Tujuan utamanya adalah untuk menghindarkan Anda dari bahaya kulit melepuh jika tidak sengaja menyentuh bagian mesin yang panas atau memercikkan oli bekas yang masih mendidih saat melepas baut pembuangan.

Selain itu, saat mesin masih panas, ulir pada knalpot akan mengembang dan mudah rusak jika baut pembuangan dibuka dengan keras. Mungkin jika ada kerusakan kecil masih bisa diakali dengan menambahkan seal tape saat mengencangkan baut. Tapi kalau jelek harus dibawa ke bengkel bubut untuk dibuatkan benang baru.

2. Siapkan Peralatan

Cara mengganti oli motor
Cara mengganti oli motor. (pexel)

Setelah mesin dingin, siapkan peralatan untuk menguras oli mesin motor, antara lain kunci pas, lap kering dan wadah tempat oli bekas.

Sebelum mengganti oli sendiri, carilah lokasi pengganti yang tidak mengganggu orang lain, misalnya di garasi atau pekarangan. Pastikan area rata dan keras kemudian gunakan standar tengah agar posisi motor stabil sehingga aman selama proses ganti oli motor.

3. Lepas Baut Penguras Oli

Cara mengganti oli motor
Cara mengganti oli motor. (informasi ok)

Tempatkan wadah oli bekas terlebih dahulu di bawah lubang kuras oli kemudian buka baut penutup lubang kuras oli dengan kunci pas/ring. Untuk lebih memperlancar pembuangan oli, jangan lupa juga untuk membuka stik pengisian oli.

Tahapan cara ganti oli motor selanjutnya adalah membiarkan oli mengalir dengan sendirinya dan tunggu hingga habis. Jika di bengkel sudah menjadi kebiasaan untuk mempercepat keluarnya oli, mereka menyemprotnya dengan udara bertekanan. Padahal tindakan tersebut kurang baik, karena akan menyebabkan kotoran yang mengendap justru menyebar kembali ke bagian-bagian mesin.

4. Ganti Baut Penguras Oli

Cara mengganti oli motor
Cara mengganti oli motor. (motor1)

Jika oli sudah habis menetes ke reservoir, ganti sekrup penutup. Namun sebelumnya, gunakan kain lap untuk membersihkan sisa oli pada lubang pembuangan dan juga bersihkan baut penutup dari kotoran, debu dan pasir.

Pasang kembali bautnya, tapi jangan terlalu kencang karena dikhawatirkan putus atau benangnya rusak dan bautnya tidak bisa dikencangkan serta olinya bocor.

5. Tuang Minyak

Cara mengganti oli motor
Cara mengganti oli motor. (balok motor)

Setelah dipastikan bersih semua, periksa kembali apakah baut penguras oli sudah kencang, lalu tambahkan oli baru sesuai takaran di lubang pengisian. Langkah terakhir, bersihkan sisa oli yang tersisa di sekitar mesin dan bagian lainnya dengan menggunakan kain lap.

Jadi, semoga berhasil cara ganti oli motor sendirian ya!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]